Kulinerwisata

Wisata : Kebun Binatang Gembira Loka


Kadal raksasa itu berjalan pelan menyeret tubuhnya. Lidahnya yang bercabang menjulur-julur seirama dengan ekornya yang berkibas ke kanan dan kiri. Sedangkan kakinya yang dipenuhi kuku tajam menjejak di atas tanah dengan kuat. Saat animal keeper melemparkan daging ke dalam kandang, dia pun langsung melahap dan mengunyahnya dengan garang. Seorang anak kecil nampak tertegun sekaligus terpesona menyaksikan adegan yang baru saja berlangsung di depannya. Begitu juga YogYES yang baru pertama kalinya menyaksikan komodo melahap makanan.

Tak harus jauh-jauh datang ke Pulau Komodo atau Pulau Rinca untuk menyaksikan reptil purba nan unik dan langka serta asli Indonesia tersebut. Cukup datang ke Kebun Binatang Gembira Loka, Anda sudah bisa menyaksikan "the world's largest living lizard" yang masuk dalam daftar UNESCO world heritage. Kebun binatang yang berdiri sejak puluhan tahun lalu ini rupanya memiliki belasan koleksi komodo yang tersebar di beberapa kandang. Bahkan, pada periode tahun 1992 hingga 1996, Gembira Loka juga menjadi tempat penangkaran komodo ex situ (di luar habitat aslinya) yang paling berhasil sehingga mendapatkan penghargaan pada Konferensi Komodo Dragon tahun 1998 di Thoiry, Paris.



Selain memiliki koleksi komodo dragon, Gembira Loka juga memiliki koleksi ular, katak dari berbagai negara, kaiman, soa, kura-kura, dan biawak di dalam wahana Taman Reptil dan Amfibi. Aneka hewan lain seperti gajah, orang utan, harimau, monyet, onta, burung, rusa, zebra, hingga kudanil juga dapat ditemui di Gembira Loka. Suasana kebun raya yang teduh dan dipenuhi pohon rindang menjadikan tempat ini asyik untuk berwisata bersama keluarga maupun teman-teman sebaya. Jika datang pada jam yang tepat, Anda dapat menyaksikan pertunjukan aneka satwa lucu, mulai dari burung kakaktua yang bisa berhitung, orang utan naik sepeda, hingga berang-berang bermain bola.

Usai menyaksikan atraksi dan polah tingkah aneka satwa, YogYES pun beristirahat sejenak di wahana Mayang Tirta. Wahana ini berupa bangunan berbentuk kapal megah yang terletak di tengah danau buatan. Di Mayang Tirta terdapat cafe terbuka, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati makanan sambil menikmati sore yang cerah dan menyaksikan kapal-kapal yang melintas. Kapal Kataraman Dugong yang mengangkut banyak penumpang melaju dengan pelan, kemudian disusul oleh perahu boat yang melaju kencang sehingga mencipratkan air kemana-mana. Di kejauhan anak-anak terlihat riang bermain perahu kayuh bersama orang tuanya. Sesuai dengan namanya, Gembira Loka, kebun binatang yang terletak di tengah kota ini menjadi tempat yang tepat untuk bersenang-senang baik sendiri maupun bersama keluarga.

Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka:

Senin - Sabtu: Rp 12.000
Minggu & hari libur: Rp 15.000
Tiket Wahana Permainan:

Skuter air, ATV, perahu senggol, perahu boat, perahu banana "Orca", terapi ikan: Rp 20.000
Perahu kayuh: Rp 15.000
Kapal kataraman, gajah tunggang, onta tunggang, kolam tangkap: Rp 10.000
Kano engkol, kereta mini: Rp 5.000
Keterangan:

Rombongan dengan jumlah minimal 25 orang akan mendapatkan potongan jika telah memberitahukan rencana kunjungan sejak jauh-jauh hari.
Pertunjukkan satwa lucu dilangsungkan setiap hari pada pukul 11.00 dan 13.00 WIB, sedangkan pada hari libur tergantung dari animo pengunjung.
Kebun Raya Kebun Binatang Gembira Loka dapat dicapai menggunakan Trans Jogja. Dari Halte Malioboro Anda dapat naik jalur 1A, sedangkan dari Halte Bandara Adisutjipto silahkan naik Trans Jogja jalur 1B.
Sumber : http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/park-and-garden/gembira-loka/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata : Kebun Binatang Gembira Loka"

Post a Comment