Kulinerwisata

Wisata : Tugu Jogja




Bagi Kota Jogja Tugu punya arti tersendiri..Tugu seperti menjadi pusat dari kota jogja, hampir segala kegiatan di malioboro dan daerah sekitarnya dapat terlihat dari Tugu..Tugu  tidak hanya sebatas tiang tetapi Tugu Kota Jogja mempunyai nilai history yang sangat tinggi bagi Warga Kota Jogja.

Tugu Jogja kira-kira didirikan satu tahun setelah Kraton Yogyakarta berdiri. Pada saat awal berdirinya, bangunan ini secara tegas menggambarkan Manunggaling Kawula Gusti, semangat persatuan rakyat dan penguasa untuk melawan penjajahan. Semangat persatuan atau yang disebut golong giligitu tergambar jelas pada bangunan tugu, tiangnya berbentuk gilig (silinder) dan puncaknya berbentukgolong (bulat), sehingga disebut Tugu Golong-Gilig. Secara rinci, bangunan Tugu Jogja saat awal dibangun berbentuk tiang silinder yang mengerucut ke atas. Bagian dasarnya berupa pagar yang melingkar sementara bagian puncaknya berbentuk bulat. Ketinggian bangunan tugu pada awalnya mencapai 25 meter. Semua berubah pada tanggal 10 Juni 1867. Gempa yang mengguncang Yogyakarta saat itu membuat bangunan tugu runtuh. Bisa dikatakan, saat tugu runtuh ini merupakan keadaan transisi, sebelum makna persatuan benar-benar tak tercermin pada bangunan tugu. Keadaan benar-benar berubah pada tahun 1889, saat pemerintah Belanda merenovasi bangunan tugu. Tugu dibuat dengan bentuk persegi dengan tiap sisi dihiasi semacam prasasti yang menunjukkan siapa saja yang terlibat dalam renovasi itu. Bagian puncak tugu tak lagi bulat, tetapi berbentuk kerucut yang runcing. Ketinggian bangunan juga menjadi lebih rendah, hanya setinggi 15 meter atau 10 meter lebih rendah dari bangunan semula. Sejak saat itu, tugu ini disebut juga sebagai De Witt Paal atau Tugu Pal Putih.
Perombakan bangunan itu sebenarnya merupakan taktik Belanda untuk mengikis persatuan antara rakyat dan raja. Namun, melihat perjuangan rakyat dan raja di Yogyakarta yang berlangsung sesudahnya, bisa diketahui bahwa upaya itu tidak berhasil. Kisah yang tergambarkan dalam Tugu Kota Jogja membuat Tugu meenjadi salah satu tembat yang memiliki cerita tersendiri bagi warganya.

Saat pengunjung ingin menikmati indahnya Tugu dan ingi merasakan suasana Kota Jogja, kita dapat menikmatinya di sudut perempatan ada sebuah kursi dan saat matahari tenggelam suasana yang kental akan history kota ini itu sungguh terasa..Kini saat malam tiba banyak wisatawan Domestik dan Mancanegara yang senang menikmati indahnya Kota Jogja dari Tugu


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata : Tugu Jogja"

Post a Comment