Kulinerwisata

Pantai Sepanjang Wonosari Yogyakarta

Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang merupakan salah satu deretan Pantai yang ada di Gunung Kidul Wonosari Yogyakarta, Pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Yogyakarta. Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Sepanjang berjarak kurang lebih 1 Km sebelah Timur Pantai Kukup atau di sebelah Barat Pantai Watu Kodok dan Drini. Pantai Sepanjang saat ini menjadi salah satu pantai yang masih alami dan sekarang menjadi pantai konservasi yang waktu tertentu sebagai salah satu tempat bertelurnya penyu, Panjang bibir pantai sepanjang ini sekitar 500 meter.

Pantai Sepanjang merupakan salah satu pantai yang baru dibuka atau disebut pantai baru. Nama "Sepanjang" diberikan karena ciri khas pantai ini yang berbeda dengan pantai lainnya di Gunung Kidul Wonosari yaitu memiliki garis pantai terpanjang di antara semua pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Suasana pantai ini masih sangat alami dengan bibir pantai dihiasi tumbuhan palem dan gubug-gubug beratap daun kering. Karang yang berada di wilayah pasang surut pantai pun masih terawat. dengan hempasan ombak masih memantulkan warna biru menandai air laut yang belum banyak tercemar. Dengan suasana seperti itu banyai wisatawan dan masyarakat sekita menyebutkan Pantai Sepanjang adalah Pantai Kuta nya Yogyakarta. Oleh sebab itu sangat menyenangkan dapat berlibur bersama keluarga dan orang-orang terdekat.



Suasana Pantai Sepanjang Wonosari
Di Pantai Sepanjang juga menjajakan kerajinan khas pantai, kerajinan disini dijual dengan harga yang terjangkau. Kerajinan berbahan dasar kerang laut dan sejenisnya, mereka merangkai cangkang kerang-kerangan menjadi kalung, rok, ikat pinggang, hingga memahat dan melukisnya menjadi seni rupa yang sangat indah. Di Bibir pantai sepanjang juga banyak terdapat kerang-kerang kecil yang banyak dan pengunjung bebas mengambilnya, biasanya anak kecil-kecil senang mencari kerang sambil bermain air.

Sebagai catatan pengunjung tidak boleh terlalu lena saat bermain air dikarenakan pantai selatan pulau jawa sangat rawan terhadap ombak tinggi yang bisa datang kapan saja. Tidak hanya itu bila sedang musim banyak ubur-ubur pengunjung diharapkan jangan bermain air karena sengatan ubu-ubur di kulit dapat membuat yang tersengat demam, gatal-gatal, pusing , dll. 

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Pantai Sepanjang Wonosari Yogyakarta"

  1. waaa pantai pantai wonosari emang eksotis yaaaa... ^_^

    ReplyDelete
  2. Masih virgin ya pantainya, blm banyak yang tau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, masih sepi. Cuma kadang aja rame apalagi kalau liburan

      Delete
  3. Udah lamaaaa ga main ke pantai...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok2 mak kepantai, liburan bareng keluarga tercinta..hehehe

      Delete
    2. Ayok2 mak kepantai, liburan bareng keluarga tercinta..hehehe

      Delete
  4. gunung kidul tuh bnyk bngt ya pantainya... saya br tau ada pantai ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget mbak, saya pernah tanya pada kakak saya yang bekerja menjadi PNS di Wonosari. Disana kurang lebih ada 74 pantai dan saat ini yang dikelola baru sekitar 30an, jadi masih banyak banget. Saya juga sampai bingung :)

      Delete
    2. pantainya memang jd andalan ya... waktu kuliah, saya pernah survei dan bikin rencana tata ruang wilayah di gunung kidul :)

      Delete
    3. wah perlu diulang lagi ya keliling puter-puter pantai

      Delete
  5. belum pernah kesini,pingin banget.bagus ya mbak pantainya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus mak landai cuma ati-ati kaau lagi musim ubur2 kalau nyengat bisa panas atau gantel. klo yg dasarnya kuat ya aman-aman ma

      Delete