Kulinerwisata

Air Terjun Jumog Kranganyar




Air Terjun merupakan salah satu tempat wisata yang kini sangat diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan dimana erosi kerap terjadi. *Sumber Wikipedia

Liburan kali ini dimulai dengan tanpa sengaja, sepulang saya liburan di Jakarta selama libr lebaran 7 hari orang tua saya juga brkeinginan untuk iburan akhrinya kami setuju untuk liburan di Solo karena mengingat orang tua saya dulu pernah berkuliah di solo jadi sekaian reuni. Usai menginap di Solo saya dan keluarga diajak untuk main ke daerah Kanganyar yan tidak jauh dari Solo, ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 1jam. Sampai dikaranganyar ternyata Tante dan Om mempersiapkan snack untuk dibawa ke air terjun. Setelah persiapan dirasa cukup kami berangkat ke Air Terjun Jumog, karena kami ber 6 jadi terpaksa Om harus naik motor sendiri karena gak cukup.hehehe


Kami memilih untuk lewat bawah langsung karena bila melalui atas kita harus menurun 116 anak tangga, wih bisa dibayangkan lemas sekebum sampai hahaha. Kami masuk parkir berharap mama yang stroke bisa ikut kedalam, tetapi karena ramai dan jalan yang tidak memungkinkan akhirnya hanya saya Om,  Tante dan dik Liana yang berjalan ke air terjun. Kami berjalan tidak terlaluu jauh hanya sekitar 300 meter dari parkir mobil kami. Sampai di tempat yang dituju kami ditarik retribusi sebesar Rp 5.000 cukup murah untuk kawasan wisata.


Setelah kami masuk sudah di suguhi kolam renang untuk anak-anak dengan air langsung dari air terjunyang jernih tapi dingin karena berada di dataran tinggi. Setelah itu kita disuguhi deretan warung yang berjualan aneka makan dari yang paling ringan seperte tela, kentang, chiki sampai yang makanan berat mi instant, nasi goreng, mie goreng, ayam goreng tetapi warung disini lain daripada makan di tempat lain, karena kita duduk di pinggiran kali yang mengalirkan air dari air terjun ke bawah. Kali atau sungai ini banyak dijadikan ajang main air bersama keluarga. Main air disini sungguh menyenangkan, saya kalau bawa baju dan mama ikut sudah pasti ikut basah bersama anak kecil disana.


Setelah disuguhi aneka warung dengan hidangannya sampailan kita di Air Terjun Jumog yang lumayan tinggi ketinggian 25 meter, dengan air terjun yang bersumber dari Gunung lawu membuat air ini jernih dan sangat segar. Air yang terjun cukup deras sehingga 15meter sebelum air terjun kita sudah basah terena cipratannya. Menyenangkan segar meski membuat saya pelan-pelan basah. Tak ketinggalan saya mempersiapkan kamera saya untuk mengabadikan foto saya saat menikmati Air Terjun Jumog. Kamera yang saya gunakan kali ini adalah kamera hp dari HP Redmi Note saya dan kamera dari Xiaomi Yi. Sekitaran air terjun jumog ini sekelilingnya disuguhi tanaman paku yang menjulang tinggi sehingga membuat air terjun ini sangat ingat saat dipandang mata.

Lokasi air terjun jumog terletak di daerah Berjo, kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar. Berjarak sekitar 40 km ke arah timur Solo. Dari arah Solo menuju Tawangmangu. Di pertigaan selepas Pasar Karangpandan, ambillah jalur ke kiri ke arah Ngargoyoso. Jalur ke kanan adalah jalur ke Tawangmangu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Air Terjun Jumog Kranganyar"

Post a Comment