Kulinerwisata

Kedai Djamoer Yogyakarta

Tongseng Jamur

 Sore ini saya berkesempatan menikmati menu di Kedai Djamoer Yogyakarta, Kedai Djamoer ini terletak di Jalan Sukoharjo Condong catur (utara Toko Merah Condong Catur). Sesuai Namanya Kedai DJamoer ini menyajikan aneka menu Jamur. Jamur kini menjadi bahan dasar olahan makanan yang digemari banyak orang dikarenakan jamur lebih baik kandungannya untuk semua usia. 

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom. Sumber Wikipedia

Jamur Tiram juga memiliki banyak manfaat yaitu :

1. Menurunkan kolesterol
Jamur merupakan salah satu makanan yang rendah kolesterol sehingga amat bagus bagi penderita kolesterol bisa menjadi makanan yang menyehatkan. Untuk tidak menderita penyakit kolesterol, jamur tiram mampu mencegah kolesterol agar seimbang dengan tubuh kita.

2. Antibakterial dan antitumor
Dalam penelitian, jamur tiram menghindarkan kita dari beberapa bakteri berbahaya dan penyakit tumor. Kandungan dalam jamur tiram adalah protein nabati, kalsium, asam amino, valun, vitamin C dan masih banyak lainnya. Tetapi harus mengerti cara memasaknya

3. Penghasil enzim
Jamur tiram memiliki fungsi sebagai produsen enzim hidrolisis dan enzim oksidasi dalam tubuh, maka akan sangat baik dikonsumsi karena mamberikan pengaruh baik pada proses pembentukan energi tubuh. Tidak hanya pada saat Anda sedang melakukan kegiatan padat, melainkan juga pada saat Anda beristirahat.

4. Membunuh nematoda
Nematoda adalah sejenis cacing yang bisa masuk kedalam usus manusia dan merusak sistem pencernaan. Untuk itu sebagai penangkalnya adalah dengan mengkonsumsi jamur tiram, karena dipercaya jamur tiram mampu membunuh nematoda yang hidup liar di usus manusia.

5. Mengurangi resiko jantung lemah
Jamur tiram bisa menjadi pencegah terjadinya jantung lemah. Karena kandungan gizi dalam jamur tiram mampu menormalkan atau menstabilkan tekanan dan produksi darah dalam jantug.

6. Mengatasi penyakit liver
Jamur tiram yang berfungsi sebagai antibakterial dan antitumor mampu menjadi penawar racun dalam tubuh. Oleh karena itu jamur tiram baik dikonsumsi oleh Anda dalam berbagai golongan usia, tentunya dengan syarat bahwa Anda tidak memiliki jenis penyakit yang melarang Anda untuk tidak mengkonsumsi jamur tiram.

Menu Kedai Djamoer

Dengan keterengan di atas Jamur tiram sangat baik untuk tubuh mansia, tetapi tidak kalah penting kita juga harus tau bagaimana cara memasak jamur yang baik agar tidak menghilangkan kandungan yang ada di dalamnya. Jamur Tiram kini banyak dibuat menjadi aneka olahan masakan untuk menjadi makanan berat, tapi kini tak haya itu Kripik Jamur juga menjadi snack andalan yang banyak dijual. Snack sehat dengan harga tidak terlalu mahal membuat Kripik Jamur digemari banyak orang.

Kedai Djamoer ini menjual aneka menu Jamur yaitu : sate Jamur, Sate Jamur sambal Kecap, Jamur Crispy, Sup Jamur Special, Tongseng Jamur, Omelet Jamur, Sego Jamur Bakar, Nasgor Original + Jamur Crispy, Capcay Jamur Special, Kwetiaw Jamur, Nargor Super

Selain aneka menu olahan jamur juga menyediakan minuman sebagai teman saat kita menikmati olahan ini. Selain minuman yang lazim dijual di banyak warung disediakan juga minuman kesehatan seperti : Wedang Secang, Rosella Tea, Bajigur Hot.

Aneka Minuman Kedai Djamoer

Tempat yang yaman dengan parkir yang cukup luas membuat saya nyaman untuk duduk santai bersama keluarga. Harga yang tidak terlalu mahal mulai dari 7.000 sampai 15.500 tanpa nasi sangat murah. Tetapi kekurangan rumah makan ini hanya pelayanan yang agak lama karena pegawai yang tidak terlalu bayak.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Kedai Djamoer Yogyakarta"

  1. Paling suka kalau jamur di crispy. Yang dimasak gini blm pernah nyoba

    ReplyDelete