Kulinerwisata

Mangut Lele Bu Is Jetis Imogiri Barat


Mangut Lele adalah menu makanan sederhana rumahan jaman dulu, Mangut Lele yaitu Lele yang digoreng setengah matang lalu diberi bumbu rempah-rempah dimasak menggunakan santan tidak terlalu kental. Menurut Wikipedia Mangut lele merupakan menu khas dari daerah "Mataraman" (Yogya-Solo) dan Semarang-Kendal. Sesuai dengan namanya, komposisi utamanya adalah lele goreng, yang diberi bumbu mangut.

Bumbu Mangut sendiri adalah bumbu yang kaya aneka rempah-rempah yang berasal dari daerah di Jawa Tengah dan Yogyakarta, bumbu mangut sendiri tidak hanya pas dipadukan dengan lele goreng saja tetapi bisa dengan ikan, ayam maupun tahu tempe. Bumbu Mangut antara lain terdiri dari bumbu rempah : Daun Jeruk, Cabe, Jahe, Lengkuas, Serai, Daun Salam, Gula Merah, Kelapa, Bawang Merah, Bawang Putih, Miri, Tumbar, dan Kencur.

Mangut Lele dan Aneka Sayuran

Warung Mangut Lele Bu Is ini sudah buka sejak Tahun 1977, Mangut Lele Bu Is terletak di Jl. Imogiri Barat, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55187. Warung Mangut ini terletak di pinggir jalan besar dehingga memudahkan siapapun saat mencari letaknya. Mangut Lele Bu Is ini terbilang menu makanan yang sehat, Kenapa disebut sehat? Karena saat penyajian Mangut Lele ini disajikan dengan sayur-sayuran dan bumbu kelapa. Selain aneka sayuran yang disajikan, ada juga yang membuat istimewa adalah oseng-oseng lombok ijo yang wuuuiiihh mantep dilidah pokoknya, tak hanya oseng lombok ijo tetapi juga disajikan sambel terasi yang juga tidak kalah nikmatnya.

Wajah Kelaparan Kami sesaat sebelum menghabiskan semuanya
Sampai disana kita hanya perlu memesan berapa jumlah lauknya saja, untuk sayur dan nasi sudah termasuk didalamnya, nasi pun disajikan dengan ceting sehingga kita bebas mengambil sesuai selera. Seluruh sayur yang disajikan adalah satu paket. Makan di warung Mangut Lele Bu Is ini juga termasuk menyenangkan karena suasana pedesaan tempo dulu dangat terasa. Kita bisa memilik makan Lesehan atau menggunakan Kursi Lincak (kursi dari bambu), bila makan di Kursi lincak dan diatasnya ada pohon Talok (kersen) sangat menggugah selera. Merasakan masakan dan suasanantempo dulu membuat selera makan semakin bertambah.

Harga Mangut Lele Bu Is terbilang cukup standart, saat itu saya ber 7 bersama 2 anak kecil kami hanya habis sekitar 127.000 atau sekitar 18.000 per orang. Cukup murah dan kami bisa makan kenyang. Saya sekeluarga puas dapat menikmati hidangan ini, anak-anak yang awalnya kami takut tidak suka ternyata malah senang sekali dengan lelenya yang digoreng kering. Ketagihan untuk selalu datang lagi menikmati masakan tempo dulu

Ayunan untuk anak-anak bermain

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Mangut Lele Bu Is Jetis Imogiri Barat"

  1. Mangut lele emang enak. Bumbunya itu lho, bikin goyang lidah... hehehe

    ReplyDelete
  2. Mak rian iki jl.imogiri barat km brp?aku nggoleki ra tau ktm je

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh km nya gak tau mak, pake google maps aja to mak

      Delete
  3. Enak banget mba, kembali ke tradisional menunya.

    ReplyDelete
  4. Wes dah panganan ngene iki bisa habisa nasi sebakul yen aku hihihii

    ReplyDelete