Kulinerwisata

Sate Kambing Mbah Margo Kulon Progo

Sate dan Tongseng Kambing memang jadi salah satu makanan khas di Jogja, penggemar tongseng dan sate di Jogja dan sekitarnya juga cukup banyak apalagi pada saat liburan semakin banyak. Menurut Wikipedia Sate kambing adalah sejenis makanan sate terbuat dari daging kambing. Daging kambing tersebut disate (ditusuk dengan bambu yang dibentuk seperti lidi yang agak besar) dan dibumbui dengan rempah-rempah dan bumbu dapur, kemudian dibakar. Penyajiannya disajikan bersama lalapan kubis, tomat, dan bawang merah yang diiris tipis kemudian diberi kecap dan ditambahkan taburan merica. Selain itu dari Wikipedia Tongseng adalah sejenis gulai dengan bumbu yang lebih "tajam". Perbedaan yang lebih jelas adalah pada penggunaan dagingnya. Tongseng dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang. Tongseng pada umumnya menggunakan daging kambing, meskipun ada pula tongseng daging sapi dan kerbau. Sebagai tambahan, ke dalam kuah kental dimasukkan sayuran seperti kol, bawang putih, tomat, dan kecap. Bumbu merupakan oseng-oseng yang terdiri dari campuran garam, bawang putih, kecap, dan lada. Biasanya tongseng dijual bersamaan dengan sate kambing. Tongseng dianggap sebagai makanan khas daerah Solo dan sekitarnya, namun adapula variasi Tongseng daging suir tahu diKebumen.


Tongseng Kambing jadi kegemaran saya semenjak kecil sehinggal saat saya berkesempatan untuk ke Kulon Progo saya pasti menyempatkan untuk makan Tongsen Kambing. Tongseng Kambing langganan saya yaitu Sate Kambing Mbah Margo, di Sate Kambing Mbah Margo mempunyai warung di pinggir jalan dan sangat mudah mencarinya. Masakan Sate Kambing dan Tongsengnya sangat enak dan empuk, apalagi kita bisa berkesempatan untuk mencoba tengklengnya sayang tidak banyak disediakan oleh sebab itu saat saya berkunjung saya sudah kehabisan tengkleng. 

Masuk pertama kita sudah disuguhi daging kambing yang cukup banyak dan semerbak masakan yang sedang dibuat (bikin ngiler seketika), karena memang jam makan siang ya. Saya memilih untuk duduk di kursi llincak yaitu kursi dari anyaman bambu, kursi jaman dulu yang nikmat diduduki apalagi sambil duduk santai di teras bersama keluarga. Saya memesan makanan kegemaran saya tongseng, tak berapa lama tongseng pun datang dengan sajian sesuai pesanan saya yaitu kubis ikut dimasak.

Tongseng Kambing

Di meja sudah tersedia nasi 1 ceting sehingga kita bebas menikmati tongseng dengan nasi seberapapun dan minum air putih lengkap dengan gelas dan ceretnya (tempat minum). Saat tongseng tiba saya langsung mengambil nasi secukupnya dan memotong lombok sesuai selera saya, saya menikmati tongseng. Tongseng Kambing Mbah Margo ini memiliki rasa khas jaman dulu yang sangat saya gemari, saya sampai seharang hanya senang dengan tongseng masakan jaman dulu rasa bumbu dan kecap yang tearasa sangat pas dipadukan dengan daging kambing yang empuk. Saya sering jauh-jauh ke kulon progo hanya untuk menikmati tongseng ini. Sate Kambing Mbah Margo terletak di JL. Raya Muntilan Mboto, Nanggulan Wates, Daerah Istimewa Yogyakarta 0813-2877-2633
Nasi dan Air Putih bebas ambil

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Sate Kambing Mbah Margo Kulon Progo"

  1. Yummy...selain sate kambing, tongseng kambing juga salah satu makanan favorit saya Mak..

    ReplyDelete