Kulinerwisata

Mie Ayam Bu Tumini


Mie Ayam merupakan salah satu makanan agak berat yang banayk digemari di Indonesia, mie ayam memiliki cita rasa yang khas dengan mie, sayur dan olahan ayam yang nikmat bila di padukan. Kali ini di Jogja terdapat warung makan Mie Ayam Tumini yang terletak di Jalan Imogiri Timur No.187, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Banyak sih mie ayam yang cukup terkenal yang ada di Jogja, namun mie ayam ini memang menjadi salah satu mie ayam yang cukup legendaris di kota pelajar ini, yak mie ayam Bu Tumini. Mie ayam Bu Tumini memang memiliki ciri khas dibandingkan dengan mie ayam yang lain, yaitu konsep mie ayam ala "ndeso" yang menjadikan mie ayam ini cukup istimewa dan cukup banyak penggemarnya. Berawal dari rasa penasaran saya akan cita rasa mie ayam yang satu ini jadilah saya meluncur ke arah selatan yaitu ke arah daerah Giwangan untuk mencicipi cita rasa mie ayam yang satu ini.

Ketika pertama kali melihat, satu hal yang berbeda dari mie ayam ini adalah topping-nya yang kental. Jujur topping ini mengingatkan saya pada saus spaghetti. Ketika dicampur, topping-nya yang kental ini pun membuat kuah dari mie ayam ini menjadi ketal dan coklat menyerupai kari. Tak heran jika beberapa orang pernah menyebutkan bahwa mie ayam Tumini ini terlihat seperti kari. Kelezatannya langsung terasa seketika saya menyantap menu ini. Kombinasi rasa tomat yang menyegarkan, rasa manis, serta rasa gurihnya ayam ini benar-benar perpaduan yang luar biasa. Sederhana namun benar-benar istimewa.



Ada keunikan lain dari Mie Ayam Bu Tumini yaitu terletak pada daftar menu di warung ini, Anda dapat memesan mie ayam dengan porsi sesuai dengan kebutuhan perut Anda yang di warung-warung lain tidak tersedia. Maksudnya di sini adalah Anda dapat memilih mie ayam dengan porsi separo, tanpa ayam, porsi jumbo, ekstra ayam, ekstra sawi, dan juga Anda dapat memesan ekstra ceker. 

Warung mie ayam Bu Tumini memiliki tempat yang cukup sederhana, namun cukup bersih. Untuk tempat duduk disediakan beberapa meja dengan bangku-bangku panjang khas warung-warung tradisional Jawa pada umumnya.

Sebutannya Mie Ayam Ndeso karena lokasinya berada pada lingkar luar Kota Jogja tepatnya dekat Terminal Giwangan yaitu Jalan Imogiri 187. Warung mie ayam konon disebut sebagai mie terlezat di Kawasan Selatan Jogja. Cara penyajiannya tergolong dahsyat karena unik yaitu menyesuaikan selera pengunjung. Di sini, Santap Mania bisa memilih porsi separuh, tanpa ayam, biasa, atau jumbo. Jika ingin menambah ayam, bisa memesan sang peraciknya. Atau ceker dan sawi ayam hendak ditambahkan, tentu bisa.

Mie Ayam Bu Tumini ini buka mulai pukul 10.00-18.00 , tapi prakteknya Mie Ayam tutup jam 16.00 karena persediaan sudah habis. Buat yang di Jogja silahkan nikmati kuliner yang khas dengan harga terjangkau mulai dari 6.000 sampai 10.000

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Mie Ayam Bu Tumini"

  1. Wah, harganya merakyat sekali dan pasti enak ^^

    ReplyDelete
  2. Saya termasuk penyuka mie ayam, tapi kalau pake ceker ayam istriku yang paling doyan. hehehe...

    ReplyDelete
  3. Kuahnya kenral n banyak ya mak *nelen ludah

    ReplyDelete
  4. Mie ayamnya enak. Tapi aku ga suka kalo terlalu kental. Kurang cocok di lidahku. :D

    ReplyDelete
  5. Perlu dicoba nih kalau main-main ke Jogja, mie ayamnya menggiurkan banget

    ReplyDelete
  6. Wooo kyk gini to? Yg di Giwangan itu aku jadikan ancer2 kalau ke penjahitku, dr situ belok kanan. TP blm pernah mampir.

    ReplyDelete
  7. aku maauuuu ajakin ke sini maakk.... *colek mak diba

    ReplyDelete