Kulinerwisata

5 Tips Menghindari Macet saat Longweekend


Liburan sudah di depan mata, banyak keluarga maupun pribadi akan menikmati liburan dengan berlibur maupun pulang ke kampung halamannya. Ketika mereka melakukan perjalanan berlibur maupun mudik menggunakan banyak angkutan antara lain : Pesawat, Kereta Api, Bis, maupun Mobil Pribadi. Saat anda bepergian menggunakan jalur darat (bis dan mobil pribadi) ketika libur panjang sering mendapati jalan yang macet karena penumpukan kendaraan, macet membuat kita maupun keluarga menjadi moodnya kurang baik. Saya memiliki tips untuk anda.

Tips Menghindari Macet saat Longweekend


1. Pelajari Jalur Perjalanan
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kemacetan adalah mencari tahu apakan jalur perjalanan Anda rawan macet. Hal ini bisa dilakukan dengan mengecek info lalu lintas atau meminta informasi satuan lalu lintas daerah yang bakal Anda lintasi. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah, salah satunya adalah melalui media jejaring sosial  (twitter, facebook maupun Instagram) yang telah disediakan. 

2. Mencari Jalur Alternatif
Langkah lain yang bisa Anda tempuh demi menghindari stres akibat terjebak macet selama melakukan perjalanan selama liburan adalah menghindari jalur jalan utama yang langganan macet. Setelah Anda mengetahui daerah rawan macet, sangat bijaksana jika Anda mencari jalur alternatif. Untuk melakukan hal ini Anda bisa memanfaatkan peta biasa maupun peranti berteknologi global positioning system (GPS) yang sudah tertanam pada smartphone ataupun tersedia di sebagian mobil. Dengan memilih jalur alternatif, Anda bukan hanya terhindar dari stres akibat terjebak mace, tetapi mungkin pula mendapatkan pengalaman baru yang menjadikan Anda fresh kembali.


3. Berangkat Lebih Awal
Sebagian besar orang memilih waktu yang sama untuk melakukan perjalanan, dikarenakan libur yang bersama oleh semua instansi. Jika kecenderungan itu telah diketahui, maka anda bisa menghindari waktu tersebut dengan berangkat lebih awal daripada kebanyakan orang. Pilihan langkah itu bukan hanya bisa menghindarkan Anda dari kemacetan di jalan raya tetapi mungkin juga membuat Anda lebih leluasa menikmati objek wisata tujuan Anda tanpa harus berdesak-desakan dengan pengunjung lain.

4. Gunakan Kendaraan Umum
Langkah lain untuk menghindari stres akibat kemacetan adalah dengan memanfaatkan layanan kendaraan umum. Dengan menggunakan kendaraan pribadi selain berkontribusi pada kemacetan, Anda akan merasa lelah karena harus menyetir sambil menunggu arus lalu lintas lancar. Dengan kendaraan umum, Anda bisa beristirahat dan melakukan kegiatan lain saat terjebak macet. Bahkan Anda bisa memilih moda transportasi bebas macet seperti kereta api dan pesawat terbang, namun perlu dipikirkan saat sampai ditempat tujuan akan mengexplore kota tersebut menggunakan transportasi apa.

5. Siap Mengusir Bosan
Sebelum berangkat sebaiknya melengkapi diri dengan berbagai peranti pengusir kebosanan adalah antisipasi cerdik untuk menghindari stres di sepanjang perjalanan. Jika Anda suka mendengarkan lagu jangan lupa untuk membawa MP3 player, ataupun buku sebagai bekal perjalanan Anda. Peranti kesukaan Anda bisa membunuh rasa jenuh saat kendaraan yang Anda tumpangi tidak bergerak karena terjeban macet. Sedia makanan dan minuman juga akan bermanfaat untuk menghindarkan Anda dari kelaparan pada saat macet yang sangat parah.

Subscribe to receive free email updates:

22 Responses to "5 Tips Menghindari Macet saat Longweekend"

  1. Kalo di Malang jarang macet Mbak :D

    Alternatif lainnya pake gojek. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau liburan gak macet mbak? Jogja liburan gini ajiibbb

      Delete
  2. Terima kasih banyak mba atas tipsnya. Saya setuju sekali dengan yang berangkat lebih awal dan harus menyediakan perbekalan lebih banyak. Tentunya bawa kegiatan yang berbau hobi jadi bisa ngeblog dijalan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, tapi aku kalau dijalan ngeblog pusing maboookkk

      Delete
  3. Meski jarang pergi ke luar kota karena keluarga bnyk malesnya menghadapi macet toh ya didadalam kota juga menghadapi kemacetan akibat arus kendaraan dari luar kota yg masuk ke kota tempat tinggalku. Info yang bagus jadi bisa memanfaatkan smartphone dg baik pakai GPS hehe.

    Mampir ke blog ku ya di : catatanyuki.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski dalam kota tetep aja sering macetnya hihi

      Delete
  4. Pergi lebih awal emang kudu. Gpp nunggu daripada ditinggalin. Nyesek ditinggalin tuh hehehe... Trus kalau emang udah macet, biasanya aku siapin batre HP yang penuh, powerbank dan headset,lau buka video offline dari youtube hehehe. Kadang ngobrol sama temen di aplikasi messenger. Ga kerasa, tau-tau usah sampai. Jurus terakhir, tidur atau ngobrol,pokoknya jangan ngeluh biar ga sutres.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, kalau ngeluh bikin mood ancur slama liburan

      Delete
  5. Yah, saya kalau ingin weekend mendingan ambil jadwal selain saat liburan (hari efektif) jadi tidak macet, Alhamdulillah ijin boz selalu di kasih.. Hehe Rekom liburan ke JATIM PARK 1 dan 2 di Batu-Malang, cocok untuk keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap, kesana lagi ah pengen dech

      Delete
    2. batu malang kalo hari sabtu-minggu macet parah ga ya?

      Delete
  6. keren banget tipsnya salam kenal y mbak

    ReplyDelete
  7. Naek motor mak. Bisa menyelinap. Wkwkwk

    ReplyDelete
  8. Kalo sy liburan menghindari libur panjang Mak. Bukan cuma macetnya, tapi keadaan tempat wisata pastinya padat banget, jadinya ga terlalu bisa menikmati liburan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mak, liburan dirumah dulu lah.hehe

      Delete
  9. Aku lebih suka pergi di luar masa liburan. Hahaha. Yang lain macet-macetan dakuw enteng di rumah. Atau nggak pergi gasik, pulang belakangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, tapi kalau kelg dateng mau gak mau ikut macet dech

      Delete
  10. alternatif e ben ra kejebak macet, nek aku trimo nang ngomah wae, khas wong jogja liyane ah haha

    ReplyDelete