Kulinerwisata

Pantai Nglambor Gunung Kidul Wonosari Yogyakarta


Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia menjadikan pantai-pantai di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta memiliki karakter dengan ombak yang cukup tinggi dan besar. Oleh sebab itu hampir di setiap pantai terdapat larangan untuk berenang di laut, bahkan jika ingin mandi-mandi dan bermain ombak hanya boleh di pesisir pantai yang dangkal. Kondisi ini menjadikan wisatawan tidak bisa melakukan aktivitas snorkeling. Meski begitu Anda tidak usah buru-buru kecewa. Ternyata, di deretan pantai-pantai berombak besar tersebut tersembunyi satu pantai yang tenang dan berair dangkal sehingga cocok dijadikan tempat berenang maupun snorkeling. Pantai tersebut adalah Pantai Nglambor.

Pantai Nglambor yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul adalah tempat Snorkeling di Jogja yang paling terkenal jika dibandingkan dengan tempat lainnya. Berjarak kurang lebih 70 km dari pusat kota Jogja, pantai ini menawarkan panorama pantai yang indah. Terdapat dua batu karang besar yang menyerupai kura-kura persis di depan teluknya. Pantai Nglambor ketika dilihat dari kejauhan murip seperti tanah lot nya Jogja.


Trekking dengan jarak tempuh lima belas menit dari tempat parkir menjadi pilihan beberapa wisatawan untuk mengakhiri tiga jam perjalanan terguncang-guncang di atas kendaraan. Medan yang terlalu berbahaya dengan jalanan menukik curam mengharuskan kami berjalan kaki atau menyewa jasa ojek berpengalaman daripada membawa kendaraan hingga ke dekat pantai sendirian. Melewati celah pagar tanaman pandan laut (Pandanus tectorius), kami sampai di bibir pantai. Segerombolan anak muda dengan jaket pelampung lengkap dengan peralatan snorkel lainnya, terlihat antusias dan tak sabar ingin segera berenang dan menyelam di perairan dangkal. Kawasan Pantai Nglambor merupakan salah satu destinasi snorkeling di kawasan pesisir selatan Jogja yang memiliki panorama dasar laut menakjubkan dengan ragam terumbu karang dan biota laut. Ikan jenis Sergeant Major, Jambrong dan beberapa ikan kecil lainnya adalah penghuni tetap yang terlihat sering berenang bergerombol atau bermain petak umpet di celah-celah terumbu karang.

Pemandangan cantik yang tertutup ombak ini sangat dijaga kelestariannya oleh masyarakat sekitar Pantai Nglambor. Bahkan kawasan pantai ini merupakan daerah budidaya beberapa jenis ikan serta lokasi konservasi terumbu karang dan biota laut lainnya. Tradisi upacara sedekah laut Ngalangi pun juga dilakukan di pantai ini. "Ngalangi" dalam bahasa Jawa berarti menghalangi atau melarang. Masyarakat sekitar pantai Nglambor melarang siapapun untuk menangkap ikan di kawasan pantai kecuali sekali dalam setahun, di luar musim pemijahan ikan. Prosesi penangkapan ikan pun hanya bisa dilakukan dengan menggunakan gawar, semacam jaring dari akar pohon wawar yang dipancangkan dan dihalau bersama-sama ke laut oleh masyarakat setempat. Seolah tak mau ketinggalan, alam pun turut menjaga dan mempertahankan keelokan akuarium semesta ini dengan adanya dua karang kura-kura raksasa untuk menjaga pantai. Dengan gagah "Watu Kalong" dan "Watu Kuntul" menjinakkan ombak-ombak garang agar tak terlalu keras memukul bibir pantai. Keberadaan dua karang kura-kura raksasa inilah yang membuat terumbu karang Pantai Nglambor tidak rusak dihempas gelombang, sekaligus aman untuk snorkeling.

 Tips Berwisata ke Pantai Nglambor
  • Bawalah sandal karet (jepit) karena kamu akan melewati karang dan bebatuan yang tajam untuk mencapai bibir pantai. 
  • Topi dan kacamata hitam perlu untuk melindungi kulit dari terkena teriknya panas sinar matahari terutama jika ingin bermain-main bersama teman atau keluarga yang tidak akan melakukan snorkel atau berenang.
  • Bawalah pakaian ganti karena tidak ada tempat penyewaan baju renang.
  • Berhati-hatilah ketika snorkeling, terkadang ombak datang kencang jika tidak berhati-hati, bisa tergores bebatuan karang.
  • Jika berangkat ke sana sebaiknya hubungi dulu cp petugas dipantai untuk tanya kondisi dan booking alat snorkelnya. Jika ternyata keadaaan tidak memungkinkan kita bisa berpindah ke pantai yang lain
  • Waktu yang paling tepat untuk snorkeling adalah pagi hari atau sore hari karena pada siang hari biasanya tidak jelas karena terkena bias sinar matahari.
Perlengkapan Snorkling







Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Pantai Nglambor Gunung Kidul Wonosari Yogyakarta"

  1. Jalan-jalan terus rek #asyikasyikgithu

    ReplyDelete
  2. Wah karangnya itu benar-benar mirip kura-kura ya mbak..kepalanya sangat mirip bahkan...

    * kayaknya cocok buat anak muda deh karena jalan ke sana penuh perjuangan banget.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. keluarga juga banyak kok mbak, khn ada ojek jadi aman

      Delete
  3. Wah karangnya itu benar-benar mirip kura-kura ya mbak..kepalanya sangat mirip bahkan...

    * kayaknya cocok buat anak muda deh karena jalan ke sana penuh perjuangan banget.. :)

    ReplyDelete
  4. Wuahhh tempatnya amazing. :D Jadi pingin ke sini deh. Kayanya gak bagus buat keluarga dg balita. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus sich mbak, tp harus santai khn ada balita tapi jangan sekarang nunggu yang diperut lahir dan agak gede,hehee

      Delete