Kulinerwisata

Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah


Snorkling kini menjadi salah satu olah raga  air yang digemari oleh banyak wisatawan di Indonesia, tak jarang mereka harus merogok kocek dalam untuk melakukan wisata dan olah raga air ini. Selain membeli alat yang cukup mahal dengan kelengkapannya, mereka pun siap untuk pergi jauh hingga pelosok demi mendapatkan area snorkling yang cantik dan indah. Snorkling selain bisa menikmati cantiknya alam bawah laut dengan flora fauna nya, snorkling memiliki sensasi yang luar biasa menyenangkan. Kini olah raga snorkling yang dulu hanya bisa dilakukan di air laut dapat juga dilakukan di air tawar.

Snorkling air tawar ini daoat dilakukan di desa Ponggok, tepatnya di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa tengah, nama tempatnya yaitu Umbul Ponggok. Umbul Ponggok merupakan sebuah mata air yang berupa kolam yang cukup besar dengan kurang lebih panjang 75 meter dan lebar 40 meter, kedalaman kolam pun antara 2-3 meter. Umbul Ponggok memiliki air yang sangat jernih karena berasal dari mata air tanah yang masih terus memancar deras sampai saat ini. Karena jernihnya air disini sehingga dapat digunakan untuk melihat aneka ikan di bawah air, selain itu kini juga dijadikan area untuk berfoto di bawah air.

Umbul Ponggok memang tidak menyediakan pemandangan bawah laut, namun beberapa ikan memang dipelihara di Umbul Ponggok yaitu nila, gurami, ikan koi, bawal, dll. Bagi pengunjung tidak perlu khawatir akan adanya bau amis karena adanya ikan-ikan tersebut karena air selalu berganti dengan yang baru karena mata air yang deras, setiap saat selalu ganti air dan mengalir ke kali di seputaran desa. Menurut pengurus Umbul Ponggok hampir setiap harinya pengunjung selalu datang dan ramai meski hari biasa, rata-rata pengunjung sekitar 600 orang per hari. 


Fasilitas Umbul Ponggok
Fasilitas di Umbul Ponggok yaitu kursi meja untuk duduk, persewaan alat snorkling, kolam anak, warung makam berderet menyajikan makanan yang sesuai dikantong, persewaan kamera foto underwater, persewaan aksesori foto (sepeda, laptop, becak, motor, dll), kamar mandi yang banyak, loker untuk menitipkan barang bawaan kita.

Rute ke Umbul Ponggok
Dari Solo rute terdekatnya adalah melalui jalan raya Solo-Yogyakarta. Saat melewati Klaten berhentilah di Terminal Penggung. Terminal ini berada pada persimpangan lampu merah yang menuju ke Desa Ponggok. Dari sini ambilah arah ke kiri dan ikuti jalan hingga bertemu dengan Markas Koramil yang ada di sebelah kiri jalan pada pertigaan. Dari pertigaan tersebut ambil arah kanan, ikuti jalan dan Umbul Ponggok sudah terlihat.

Bila dari Yogyakarta, rutenya adalah melalu jalan raya Yogyakarta-Solo. Setelah melewati Klaten, Anda akan menemukan Terminal Penggung. Dari terminal belok kiri dan ikuti jalan hingga Anda menemukan papan petunjuk arah jurusan Cokro-Solo-Boyolali. Ikuti arah tersebut hingga sekitar tiga kilometer jauhnya dan Anda akan menemukan lokasi Umbul Ponggok yang terletak di sebelah kiri jalan. Lama perjalanannnya sekitar satu setengah jam perjalanan.


Jam Buka Umbul Ponggok
Umbul Ponggok buka setiap hari buka mulai pukul 07.00 sampai jam 17.00 WIB

Biaya Tiket Masuk
Biaya tiket masuk Rp 8.000 per orang dan persewaan rompi pelampung serta kacamata Rp 12.000




Subscribe to receive free email updates:

31 Responses to "Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah"

  1. Airnya asin atau tawar mak? Tfs yaaaa

    ReplyDelete
  2. Airnya asin atau tawar mak? Tfs yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. air tawar manda, jadi aman dan bersiiihhh

      Delete
  3. Berarti kalau dari Semarang, deketnya lewat Solo ya, makasih ya.. Kapan2 ke Klaten mampir ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, enak lewat salatiga atau lebih dekat via boyalali

      Delete
  4. Horee piknik lagi, saya cukup menikmati dari sini ya mbak Ata :)

    Wah seru ya bisa foto dibawah air, dan tiketnya tergolong murah ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak piknik terus biar semangat khan jadi moodboster. Piknik yang deket rumah aja indah kok :)

      Delete
  5. Adikku malah sudah pernah kesana dan foto-foto...Umbul Ponggok ini sudah diliput beberapa TV juga...keren ya tempatnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus mbak, ayo coba biar bisa cerita asyiknya

      Delete
  6. Umbulnya kecil, ya? Tapi biaya masuknya lumayan. Di sini malah banyak umbul yang gratis dan kurang perhatian pemerintah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disini dikelola warga jadi malah bagus

      Delete
  7. Aku sering lewat situ, tapi enggak pernah mampir

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Gak ah, malah banya fotonya situ nanti hahaaha

      Delete
  9. Oh ini yg lagi rame di situs2 travel itu ya, ya ampun banyak banget tempat yg belum saya datengin heuheuheuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo nikmati indahnya alam Indonesia di sekitar kita.hehe

      Delete
  10. Makasih infonya mak. Bisa jadi referensi kalo jalan2 ke yogya.

    ReplyDelete
  11. Wow. asyiknya...
    trims infonya Mba.. pernah ada tmn bilang bisa snorkling di Klaten, tapi baru dpt info lengkapnya disini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia ini mba, tempatnya pinggir jalan jadi gampang carinya

      Delete
  12. asyik ya mbak tempatnya...tiketnya juga murah salam kenal y mbak

    ReplyDelete
  13. Pernah diceritain temen ttg umbul ponggok. Airnya jernih bgt ya mbaak.

    ReplyDelete
  14. Pernah diceritain temen ttg umbul ponggok. Airnya jernih bgt ya mbaak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mbak jernih banget, asyik dan pasti gak bikin pedih kaya renang biasa

      Delete
  15. tarif u snorklingnya cukup murah ya mbak ...sayangnya aku g bs renang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mba murah, gak bisa renang gpp yang penting khan ada pelampung mba aman kok

      Delete
  16. Haa...tiket masuk 20 ribu? Mbiyen gratis jeee

    ReplyDelete
  17. kalo sekarang yang lagi hits selain umbul ponggok itu umbul manten mbak.

    ReplyDelete
  18. jadi pengen ke umbul ponggok lagi merasakan airnya yang dingin dan jernih

    ReplyDelete