Kulinerwisata

Mengolah Tempe Menjadi Lebih Nikmat


Semua tentu telah mengenal dengan sangat jelas akan tempe. Karena tempe sudah menjadi makanan sehari-hari di tanah air. Dengan harganya yang ekonomis serta rasanya yang khas ia juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh yang mengkonsumsinya karena dari beberapa jenis nutrisi yang terkandung di dalamnya. Diantaranya lemak, kemudian mineral, karbohidrat, serat, protein dan masih banyak lagi. Sekilas mengenai manfaat yang diberikan bagi kesehatan ialah, mampu mencegah penyakit mulai dari diare, kanker, penyakit jantung, anemia, dan lain sebagainya. Anda dapat mengolah jenis makanan yang satu ini dalam berbagai cara, sehingga anda tidak cepat bosan untuk mengkonsumsinya dalam jangka waktu yang cukup sering. Berikut resep olahan makanan dengan bahan dasar tempe.
 
Digoreng
Anda dapat menggoreng tempe untuk tambahan lauk pada menu makan sehat anda. Tempe yang digoreng agar memiliki rasa yang lebih enak, anda dapat mengikuti langkahnya sebagai berikut: tempe dipotong dengan ukuran yang tidak terlalu tipis kemudian tambahkan bumbu yang telah dihaluskan diantaranya, bawang putih, bawang merah, kunyit, lada, gula, garam, Royco. Dan rebuslah dengan menambahkan air secukupnya. Kemudian tiriskan dan goreng.
 
Digoreng kemudian dicelupkan pada bumbu asam
Selain dengan mengikuti cara yang di atas, anda pun dapat mengolah tempe dengan cara berikut. Yakni sebelumya tempe potong dengan ukuran yang agak tebal. Kemudian goreng hingga matang. Sebelumnya anda siapkan terlebih dahulu bumbunya, diantaranya bawang putih dan bawang merah yang dihaluskan kemudian digoreng hingga harum, asam jawa, gula merah, garam, Royco yang semuanya di rebus dengan air secukupnya. Nah, setelah tempe tadi digoreng, pada saat tempe masih panas celupkan pada air bumbu yang telah disiapkan. Teraskhir tiriskan.
 
Dipotong dengan ukuran kecil
Cara yang ketiga kali ini anda dapat membuat tempe dengan memotongnya seperti bentuk dadu, kemudian digoreng setengah matang. Siapkan bumbu iris bawang merah dan bawang putih, kemudian gula putih secukupnya, garam secukupnya, kecap dan Royco. Goreng bumbu tersebut, tambahkan sedikit air, kemudian masukan tempe yang telah digoreng. Tumis hingga matang dan bumbunya berasa.
 
Demikianlah resep makanan kali ini, semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Mengolah Tempe Menjadi Lebih Nikmat"

  1. sangat sepakat dengan mengolah tempe menjadi lebih nikmat tentu tempe akan terdongkrak posisinya tidak hanya sebagai makanan tradisional

    ReplyDelete
  2. Tempe adalah salah satu makanan favorit ane :D
    dan paling demen sama tempe goreng dan mendoan..
    Wah kalau diolah sedemkian rupa menjadi lebih nikmat pastilah ane makin suka. wkwkw

    ReplyDelete
  3. Makan paling enak ya lauk tempe, dirimu pinter banget sih bikin resep berbiiii

    ReplyDelete
  4. Aku suka semuanya Mbak ... Apalagi kalo tempe penyet. Nyum nyum ...

    ReplyDelete
  5. Wah, mantaaap.. enak sekalii kayaknya, jadi ngiler pagi2 ginii.. hehehe

    ReplyDelete
  6. Aha,,, Ini yang setiap pagi istriku selalu buat. Mantap!! kesukaan aku dan anak anak buat cemilan dan sarapan pagi,,, Sip dech,,,

    ReplyDelete
  7. favorit aku tempe mendoan . nyammmmmmmmmm. walaupun abis itu batuk-batuk hehhe

    ReplyDelete