Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Resep Bikin Masakan Nasi Kuning Komplit


Pastinya semua orang sangat menyukai nasi kuning. Makanan tersebut merupakan hasil dari kreasi yang cukup kreatif yang berasal dari Indonesia yang sering kali dibuat menjadi tumpeng. Makanan tradisional ini cukup melekat di hati masyarakat karena rasanya yang begitu gurih serta makanan ini juga seringkali digunakan sebagai hidangan spesial ketika terdapat acara-acara penting seperti pernikahan dan syukuran.
Tidak sedikit ibu-ibu yang ingin membuat nasi nan gurih ini. Oleh karena itu, berikut ini adalah resep bikin masakan nasi kuning komplit yang enak dan gurih

A.    Siapkan bahan utama
·        3 liter beras yang telah dicuci bersih
·        2 lembar daun pandan yang di bentuk simpul
·        2 lembar daun salam
·        1 sendok makan kunyit yang telah diparut kemudian diambil airnya
·        1 batang sereh
·        ¼  liter santan
·        10 butir telur puyuh
·        garam secukupnya
·        penyedap rasa Royco secukupnya

B.     Cara pembuatan nasi kuning
1.     Pertama campurlah beras dan dengan air kunyit, santan, daun salam daun pandan, daun sereh, garam, dan sedikit penyedap rasa Royco di dalam sebuah panci dan tambahkan air, kemudian masaklah hingga setengah matang ataupun hingga air sedikit habis.
2.     Setelah itu masaklah nasi yang setengah matang tadi dengan cara dikukus didalam dandang yang telah didihkan airnya dan tunggulah hingga matang, kurang lebih selama 20 menit. Setelah itu nasi kuning siap disajikan.
3.     Rebuslah telur puyuh sebagai hiasan untuk nasi kuning.

Akan tetapi nasi kuning tidak akan menjadi spesial jika tidak ada bahan-bahan pelengkap. Bahan pelengkap tersebut antara lain ayam goreng yang telah disuwir-suwir, telur dadar yang telah diiris tipis-tipis, bawang goreng, lalapan seperti timun dan tomat, kering tempe, sambal pedas manis yang dapat menggugah selera, serta anda dapat juga menambahkan sedikit abon agar rasanya menjadi lebih nikmat.

Itulah bagaimana cara membuat resep bikin masakan nasi kuning yang komplit dan nikmat. Semoga resep ini dapat membantu anda lebih mudah dalam membuat nasi kuning.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Resep Bikin Masakan Nasi Kuning Komplit"

Terkini