Kulinerwisata

Oleh-oleh Khas Surabaya Yang Mendunia

Apa yang biasa anda bawa ketika pulang dari liburan? Ya, oleh-oleh kerap disebut buah tangan dimana hampir semua orang yang berlibur tentu membawa oleh-oleh baik berupa cinderamata ataupun makanan dari tempat yang dikunjunginya itu. Namun terkadang kita kurang mengetahui jenis makanan atau barang-barang apa yang kiranya khas dari kota tersebut misalnya Solo. Solo terkenal dengan kain khasnya yaitu batik sehingga pengunjungi bisa membeli batik dan makanan khas Solo sebagai oleh-oleh.

Nah, bagi anda yang saat ini tengah berlibur ke kota Surabaya pun demikian. Anda bisa membeli oleh-oleh khas Surabaya yang tentunya tidak bisa anda temui dikota manapun. Berikut ini ada beberapa daftar oleh-oleh khas Surabaya yang paling banyak dicari dan sudah terkenal hingga mancanegara.

Oleh-oleh Khas Surabaya Yang Mendunia

1. Kerupuk Ikan Kenjeran
sumber google
Kerupuk ini dibuat dari hasil laut Kenjeran dimana dari hasil penangkapan ikan kemudian diolah menjadi kerupuk olahan yang gurih dan cocok menjadi pendamping nasi. Kerupuk Ikan Kenjeran ini bisa anda jumpai dikawasan Pantai Kenjeran. Anda bisa membelinya baik dalam kondisi mentah ataupun siap makan dan tersedia berbagai pilihan rasa seperti rasa cumi, rumput laut atau kerang.

2. Guna-guna Snak
sumber google
Guna-guna Snak adalah jenis makanan yang berasal dari olahan singkong dan kentang yang dikemas secara menarik sehingga kerap menjadi oleh-oleh yang pas untuk dibawa pulang. Guna-guna Snak ini juga memiliki beragam varian rasa, ada rasa balado, pedas, manis dll.

3. Almond Crispy
sumber google
Di Surabaya, Almond Crispy merupakan jajanan yang sangat populer dan menjadi primadona bagi para wisatawan yang datang kekota tersebut. Almond Crispy berasal dari olahan tepung, gula, susu bubuk dan keju sebagai bahan dasar dimana coklat hanya digunakan sebagai topping. Ada berbagai varian rasa untuk Almon Crispy ini yaitu rasa Original, Coklat dan Green Tea.

4. Sambal Udang Bu Rudy
sumber google
Bagi anda yang suka dengan rasa pedas, anda bisa beli Sambal Udang Bu Rudy ini. Menurut para pembeli, Sambal udang ini memiliki citarasa yang khas dimana anda tidak dapat menjumpainya pada jenis sambal lain. Untuk anda yang berminat, anda bisa mendapatkan Sambal Udang Bu Rudy ini dijalan Dharmahusada 140, Surabaya.

5. Spikoe Resep Kuno
sumber google
Jajanan yang satu ini merupakan jenis kue lapis yang sangat lezat. Kue yang terdiri dari tiga lapisan dengan rasa manis memiliki tekstur yang sangat empuk dan lembut sehingga cocok sebagai oleh-oleh ketika anda liburan atau berkunjung ke Surabaya. Spikoe Resep Kuno ada dijalan Rungkut Madya 41 Surabaya dan terdiri dari dua paket yaitu Paket Reguler dan Special.

6. Abon Sapi Padmosusastro
sumber google
Olahan daging sapi ini memang banyak dicari para wisatawan yang datang ke Surabaya. Abon Sapi memiliki rasa yang sangat nikmat terlebih jika dikonsumsi bersama nasi dan lauknya. Untuk abon  sapi ini tersedia dalam dua rasa yaitu manis dan pedas. Agar tidak penasaran, Abon Sapi Padmosusastro banyak dijual disekitar kota Surabaya.

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Oleh-oleh Khas Surabaya Yang Mendunia"

  1. hayuk ke sini berbiiii, kita berburu oleh2 khas surabayaaaa :)

    ReplyDelete
  2. banyak yah oleh oleh di surabaya dan juga enak kayanya !

    ReplyDelete
  3. Abonnya mau dong, buat makan siang enak...

    ReplyDelete
  4. Guna-Guna Snak! Aduh itu namanya :D Tapi jadi penasaran juga pengen nyoba.

    ReplyDelete
  5. Wah hebat, semua makanan di atas itu sudah mendunia keren, tapi saya penasaran sama makanan guna-guna snack ini makanan yang amankan mbak tidak bakalan di guna-guna :D

    ReplyDelete
  6. almond crispy ama sambel bu rudy yg jadi favoritku ^o^.. ga bosen2 deh kalo itu.. dulu restoran nasi udang bu rudi ada di jkt mbak.. dan bnyk yg makan di sana.. tp nth kenapa akhirnya tutup :(.. sedih bgt. padahl aku doyan ama sambelnya dan nasi udangnya juga enaaak ! Mungkin dia punya pertimbangan lain ya utk ga nerusin toko yg di jkt

    ReplyDelete
  7. hihi... kok namanya bisa guna-guna snak ya :D agak serem gimana gitu :D

    ReplyDelete