Kulinerwisata

Pantai Nglambor yang Indah dan Cantik

Pantai Nglambor
Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai yang sangat indah di Jogja, pantai yang menyuguhkan alam Indonesia yang indah. Meski jarak tempuh yang cukup jauh dari Pusat Kota Jogja tidak menghalangi wisatawan yang hadir, perjalanan ke sini memakan waktu kurang lebih 3 jam. Perjalanan yang cukup jauh dengan pemandangan pepohonan ala wonosari kadang membuat jenuh, tapi jangan salah begitu sampai kita akan disuguhkan suasana yang sangat indah di mata. Pantai dengan tempurung kura-kura (karang yang mirip tempurung kura-kura), kita seperti berada di pantai tanah lot bali. Lelah di jalan pun terbayar lunas dengan pemandangan indah ini.

Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia menjadikan pantai-pantai di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta memiliki karakter ombak yang cukup tinggi dan besar. Karena itu hampir di setiap pantai terdapat larangan untuk berenang di laut, bahkan jika ingin mandi-mandi dan bermain ombak hanya boleh di pesisir pantai yang dangkal. Kondisi ini menjadikan wisatawan tidak bisa melakukan aktivitas snorkeling. Tapi jangan kecewa, Ternyata, di deretan pantai-pantai berombak besar tersebut tersembunyi satu pantai yang tenang dan berair dangkal sehingga cocok dijadikan tempat berenang maupun snorkeling. Pantai tersebut adalah Pantai Nglambor.

Indahnya Alam Bawah Laut Pantai Nglambor

Trekking sekitar lima belas menit dari tempat parkir menjadi bisa menjadi pilihan untuk mengakhiri tiga jam perjalanan terguncang-guncang di atas kendaraan. Medan yang terlalu berbahaya dengan jalanan menukik curam mengharuskan kami berjalan kaki atau menyewa jasa ojek berpengalaman daripada membawa kendaraan hingga ke dekat pantai sendirian. Sewa ojek di Pantai Nglambor untuk sekali jalan seharga 5.000 per motor. 

Sampai disana kita melihat lautan yang indah dengan karang besar yang menemaninya, lelah dan bosan dijalan sungguh terbayar lunas dengan indahnya Pantai Nglambor. Bagi teman-teman yang tidak membawa alat snorkling bisa menyewa disana seharga 50.000 per orang. Fasilitas yang di dapat yaitu Masker, Snorkel, Sepatu Karet (Bukan Fins) , life jacket (Pelampung), guide, foto under water & Up Water 3-5 take /orang,  welcome drik (Hot Tea), Ruang Ganti, Mushola dan Penitipan Barang.

Setelah memasuki air ternyata tidak dalam tempat yang digunakan snorkling sehingga tidak perlu khawatir bagi teman-teman yang tidak bisa berenang. Suasana alam awah laut yang indah membuat saya betah melihat kehidupan dibawah laut. Air laut yang cukup jernih menjadikan wisatawan bisa melihat karang, rumput laut, ikan warna-warni yang berkejaran, serta aneka biota penghuni laut dari permukaan. Wisatawan pun bisa snorkeling atau berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak besar.

Bersama Mak Mira menikmati Pantai Nglambor

Lokasi dan Akses ke Pantai Nglambor

Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, dan berjarak sekitar 70 km dari Kota Yogyakarta. Pantai ini diapit oleh Pantai Siung dan Pantai Jogan. Untuk mencapai Pantai Nglambor wisatawan bisa mengikuti jalur menuju Pantai Siung. Setelah pos retribusi Siung, wisatawan akan bertemu dengan pertigaan. Silahkan belok kanan mengikuti pertigaan dengan jalur makadam, Pantai Nglambor ada di ujung jalan tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Pantai Nglambor yang Indah dan Cantik"

  1. Kunjungan perdana di tampilan baru....ini pas yg bareng Mak Mira or dirimu dah ke Nglambor lg berb? Kpn halan2 jauh2 lagi kitaaa...

    ReplyDelete
  2. baru dengar, mungkin karena saya bukan orang jawa/yogya. tp dulu pernah beberapa bulan di yogya tp gak pernah dengan nama pantai nglambor

    ReplyDelete
  3. Wah, lumayan ya 3 jam dari Jogja, ngikut kata Diba, kapan kita halan2 lagi?

    ReplyDelete
  4. pengen banget bisa ke sini, nice artikel sis

    ReplyDelete
  5. Hayuk kapan kita ke siniiiii....

    ReplyDelete