Kulinerwisata

Kisah Jurnalis Handal Mba Alida Bahawares


Wanita cantik yang dari muda sudah bergelut dengan dunia tulis menulis ini memiliki segudang kisah yang asyik untuk di kupas. Blogger cantik ini bernama nama Rachmawati Alida Bahaweres. Tapi seringkali dipanggil ‘Alida’ dan ‘Lid’ oleh teman-temannya. Untuk nama panggilan keluarga sapaan akrab mba ‘Chici’. Mba Alida ini lahir di Sidoarjo, namun pada usia tiga bulan pindah ke Ambon, Maluku mengikuti kedua orangtua.

Mba Alida kembali ketanah kelahiriannya di Sidoarjo Jawa Timur saat masuk bangku SMA kelas 1. Usai lulus di bangku SMA Mba Alida kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (STIKOSA-AWS) jurusan Jurnalistik. Wah ternyata memang dari awal ambil jurusan jurnalistik ya, pantas tulisan dan ulasannya bagus banget. Hobby nya tentang dunia jurnalistik ini sudah muncul dari kecil, awal muncul hobby ini karena gemar membaca buku. Kegemaran membaca buku tak hanya sewaktu kecil, hingga saat ini Mba ALida masih terus membaca untuk menambah pengetahuan di segala aspek.

Sambil terus kuliah Mba Alida malah ditawari pekerjaan dan ia terima sebagai freelance jurnalis di tabloid daerah Jawa Timur. Waktu dulu ia masih kuliah, pekerjaanya dihargai 150.000 per tulisan. Berjalannya waktu tabloid dimana ia bekerja tutup dan Mba Alida mulai mencari pekerjaan lain, akhinya diterima sebagai Kontributor Gatra di Jawa Timur. Wilayah liputan Mba Alida cukup besar yaitu seluruh daerah di Propinsi Jawa Timur. Tapi tantangan pun muncul saat ia bekerja sering liputan belum selesai ditulis sudah diminta liputan ke tempat kedua. Pengalaman Mba Alida mengenai peliputan ada yang berkesan "Suatu kali baru tiba di Surabaya usai liputan di Lamongan, saya ditelepon untuk segera ke Sumenep, Madura, Jawa Timur" Di Gatra Mba Alida banyak menulis isu mengenai perempuan, selain itu ada isu kesehatan politik dan hukum. Wal all in one ya Mba Alida.

Mba Alida selain menjadi jurnalis juga aktif sebagai pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Selama dua periode, Mba Alida aktif sebagai Koordinator Divisi Perempuan AJI Indonesia. Sebagai pengurus Mba Alida semakin aktif dan melalang buana dari Aceh sampai Papua. Mba Alida setelah 8 tahun berpindah kerja ke Kompas TV di Jakarta. Di Kompas TV menjadi koordinator Peliputan Daerah Jabodetabek, tapi sekarang sudah pindah bagian Koordinator Peliputan Daerah Kompas TV. Memulai pindah ke Jakarta saat Mba Alida mengambil kuliah di Kriminologi FISIP UI.

Mba Alida juga mulai menekuni dunia blogging tahun 2007, saat masih bekerja di Gatra. Setelah menulis diblog yang dianggap kaku oleh Mba Alida dia mulai pindah ke Multipy, semakin semangat menulis di sana. Multiply pernah redup lalu tutup, mba Alida belum sempat backup sehingga semua tulisannya hilang. Setelah itu sempat ngeblog menggunakan wordpress tapi kini sudah pindah ke lidbahaweres.com Mba ALida menganggap blogger pemula tapi pengetahuannya tentang tulis menulis sangat istimewa saya aja sampai mupeng. Kapan ya aku bisa kaya gitu. 

Mbak Alida kalau pas ke Jakarta ketemuan ya, ajari aku tulis menulis :)

si kecil Ayas yang cantik kaya mamanya

Mba Alida bersama sang duami tercinta

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Kisah Jurnalis Handal Mba Alida Bahawares"

  1. Alhamdulillah. Terima kasih ulasannya yang apik, mba Atanasia Rian :)
    Sebagai blogger pemula, saya memang harus banyak belajar. Skali lagi, makasih ya :)

    ReplyDelete
  2. kereen banget ya mbak Lid ini...pengalamannya udah banyak

    ReplyDelete