Kulinerwisata

Tips Mempersiapkan Lebaran bersama Keluarga

Lebaran tak terasa semakin dekat, banyak hal yang perlu kita persiapkan. Saya dan keluarga biasanya sudah memikirkan rencana lebaran akan silaturahmi kemana dan rencana lengkapnya. Biasanya dari tahun ke tahun sekitar 5 tahun ini saya lebih tetap kota-kota saja, karena eyang sudah tiada. Meski biasanya kota Jogja macet, saya hanya menggunakan waktu pergi saat lebaran hari H nya. Selainnya milih untuk stay di rumah saja.

Mempersiapkan hari H saat Idul Fitri saya biasanya menyiapkan beberapa hal. Yuk saya punya beberapa tips saat mempersiapkan lebaran kalian bersama keluarga di rumah:

1. Baju Lebaran
Saat lebaran biasanya dari kecil saya dibelikan oleh orang tua 1 stel lengkap baju untuk digunakan saat lebaran, biasanya anak kecil saat hari besar selalu bangga menggunakan baju barunya apalagi bertemu keluarga besar. Tapi saat dewasa sekarang saya lebih memilih mempersiapkan baju lebaran keluarga. Baju lebaran untuk keluarga saat ini paling utama untuk simbah budhe atau mbah de, karena beliau kakak simbah kandung saya. Setiap tahun lebaran utama saya harus mempersiapkan baju seperangkat untuk lebaran, sebagai ganti bakti saya pada simbah yang sudah tiada.

2. Makanan Lebaran
Biasanya karena keterbatasan waktu, saya memilih menu lebaran dengan pesan hihi. Saya sudah memiliki langganan untuk pesan sebelum lebaran, biasanya jauh hari agar tidak ditolak. Pesanan saya biasanya lontong, opor dan sambel goreng daging. Jumlah pun tidak banyak, karena saya dirumah hanya ber 3 (saya, bapak dan mama). Tapi kalau gak pesan ada yang ganjil rasanya, seperti tidak lebaran kalau tidak ada lontong opor dan kelengkapannya.

3. Snack Lebaran
Lebaran biasanya selalu ada ujung ujung dalam bahasa jawa atau biasa disebut saling mengunjungi untuk silaturahmi. Silaturahmi ini biasa dilakukan saat lebaran saling memaafkan, selain itu juga upaya untuk memper erat silaturahmi. Biasanya sembari ngobrol pasti ditemani snack dan minuman. Untuk snack biasanya saya membeli atau membuat sendiri jika sempat roti nastar, kastengels maupun snack ringan. Minuman jika pas ada rejeki lebih kadang mempersiapkan minuman botol, tapi jika tamunya sudah agak sepuh saya memberikan minuman panas.

4. Membereskan Rumah
Biasanya saat lebaran akan dekat, pertengahan puasa saya dan keluarga menyiapkan diri untuk kembali melakukan bersih-bersih rumah. Bersih-bersih rumah dengan tujuan rumah rapi, bersih dan nyaman saat lebaran tiba. Lebaran juga menjadi ajang kumpul keluarga, oleh sebab itu biasanya saya mulai menata rumah di segala penjuru, supaya saat semua kumpul rumah bersih rapi dan nyaman untuk bersama.

Selain tips persiapan lebaran dirumah, tak jarang ada keluarga yang saat lebaran memilih untuk pergi keluar kota karena ada sanak keluarga di lain daerah. Perjalanan keluar kota biasanya ditempuh dengan berbagai pilihan moda transportasi : Darat (Mobil, Kereta, Bis, Motor), Laut (Menggunakan Kapal) dan Udara (Menggunakan Pesawat). Untuk melakukan perjalanan dengan aneka moda transportasi kita pasti perlu persiapan sebelum berangkat.

Persiapan Sebelum Perjalanan Jauh saat Lebaran

1. Persiapkan Tiket
Jika Menggunakan transportasi umum, pastikan tiket sudah terbeli jauh hari agar kita tidak ketakutan kehabisan tiket. Biasanya tiket kendaraan umum dari Jakarta terutama ke kota di Pulau Jawa sangat cepat habis, sehingga untuk tiket harus dipersiapkan jauh hari. Persiapan jauh hari juga berharap tiket yang didapat dengan harga terjangkau

2. Pesiapkan Stamina
Untuk menempuh perjalanan jauh harus stamina kita dalam keadaan baik, agar ketika menikmati perjalanan kita tidak mudah drop. Saat lebaran kita drop pasti sangat tidak nyaman, mengurangi kenyamanan kumpul bersama keluarga

3. Bawa Perlengkapan seperlunya
Biasanya saat bepergian jauh kita tergoda membawa barang yang berlebihan, dengan alasan untuk siap-siap jika kekurangan baju atau apalah. Tapi bagi yang memiliki anak kecil biasanya akan membawa baju lebih banya. Coba untuk memilih baju yang bisa dipakai bersama-sama, jadi irit di bawaan. 

Owh ya tambahan untuk membeli baju lebaran keluarga sebaiknya dilakukan di kota asal, alasannya membeli barang saat mudik itu malah lebih boros. Terkesan kita memiliki banyak uang dan selama masih ada dana bisa dibeli, gak mikir panjang pokoknya. Tapi usai lebaran dan kembali kedaerah asal, kita baru menyadari kalau pengeluaran terlalu boros.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mempersiapkan Lebaran bersama Keluarga"

Post a Comment