Kulinerwisata

Hokben Restoran Halal Cocok Untuk Siapa aja!


4 Juni 2016 minggu terakhir sebelum puasa saya berencana untuk ke Hokben untuk menghadiri acara diskusi mengenai menu halal dengan tajuk "Hokben Restoran Halal". Hokben di Jogja memiliki 3 cabang di Jalan Kaliurang, Ambarukmo Plaza dan Malioboro Mall. Diskusi kali ini kita langsung membahas dengan pakarnya Ibu Ir. Hj. Osmena Gunawan, selaku wakil direktur LPPOM MUI Pusat. Diskusi diadakan di Hokben Jakal, peserta yang hadir kurang lebih 35 orang blogger. Wuah rame bingit nanti pasti ya dan tema yang dibahas menarik banget.

Ini yang akan kita kupas tuntas saat diskusi, bagaimana hokben menjadi salah satu restoran halal di Indonesia. Hokben berdiri 21 tahun lamanya tepatnya tanggal 18 April 1985. Restoran pertama kali terletak di Kebon Kacang, Jakarta dan dikelolan oleh PT. Eka Bogainti. Hokben dari saya kecil terkenal dengan sebutan Hoka-Hoka Bento, seiring berjalannya waktu berubah nama menjadi Hokben. Kok Hokben? Karena Hoka-hoka Bento dirasa terlalu panjang dan banyak customers selalu menyebut dengan sapaan akrab Hokben. 

Hoka-hoka Bento sendiri dalam bahasa Jepang berarti makanan hangat dalam boks. Ceo Hokben berpikiran untuk menyiapkan menu makanan yang simple dan enak untuk para pekerja di Jakarta yang memiliki waktu sempit untuk istirahat. Hokben menjadi salah satu alternatif mereka. Restoran Hokben di Jalan Kaliurang saat ini menjadi salah satu gerai yang ada dari 150 gerai. Misi Hokben yaitu selalu berupaya untuk memberikan layanan berkualitas terbaik bagi konsumennya. 


Hokben Jalan Kaliurang merupakan satu-satunya gerai hokben di Jogja yang buka 24 jam. Pelayanan dan pengantaran juga dilakukan dalam waktu 24jam. Produk Launching terbaru Hokben yaitu OMIYAGE. Omiyage berarti buah tangan, omiyage merupakan menu hokben dengan porsi yang besar. Isi Omiyage menunya terdiri dari Chicken katsu, Ebi Fried, Egg Chicken Roll, Edamame, Chicken Teriyaki / Yakiniku, Beef Teriyaki / Yakiniku, Nasi + Acar. Ramadhan sudah dekat, tenang saja akan ada menu ramadhan. Menu Ramadhan kali ini disebut Bento Ramadhan, bento ramadhan siap menemari kamu saat berbuka puasa.

Membahas menu Halal? Hokben Restoran Halal?


Ibu Ir. Hj. Osmena Gunawan dari LPPOM MUI Pusat membahas tentang Hokben Restoran Halal dan Menu Halal. Dijelaskan oleh Ibu Osmena produk Halal merupakan produk yang tidak akan membuat manusia berbuat dosa di dunia dan tidak mendapatkan siksa di akhirat. Sehingga dalam memilih menu makanan untuk dikonsumsi, syarat Halal hukumnya wajib.


Haram artinya Sesuatu yang Allah SWT melarang untuk dilakukan dengan larangan yang tegas. Setiap orang yang menentangnya akan berhadapan dengan siksaan Allah di akhirat. Bahkan terkadang juga terancam sanksi syariah di dunia ini. THAYYIB :  artinya lezat, baik, sehat menentramkan dan paling utama. Ajaran islam hanya ada 5 jenis makanan haram yaitu daging babi, khamr (minuman keras), darah, bangkai dan binatang yang disembelih bukan karena Allah. 

Halal juga dinilai dari proses pengolahan makanan siap saji terutama produk pangan yang berasal dari hewan, ada beberapa titik kritis yang harus dicermati yaitu:
  1. Apabila berasal dari hewan, harus berasal dari hewan halal dan proses penyembelihannya sesuai dengan syariat islam
  2. Jika diproduksi secara mikrobial harus jelas media yang digunakan untuk pertumbuhan dan produksinya
  3. Bahan tambahan lain yang digunakan harus halal termasuk proses pembuatan juga harus dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang halal
    Sertifikat Halal Hokben
Lalu Apa HOKBEN RESTORAN HALAL? Ibu Osmena menjelaskan bahwa Hokben merupakan restoran halal yang mendapat sertifikat A atau Excellent, Hokben memenuhi 11 syarat sistem jaminan halal. Hokben berbenah dalam segala hal tetapi tidak mengubah rasa, semua sudah disesuaikan untuk kebaikan semua. 

Kriteria Sistem Jaminan Halal (SJH) : Kebijakan Halal, Tim Manajemen Halal, Pendidikan dan Pelatihan, Bahan, Produk, Fasilitas Produksi, Prosedur Tertulis untuk Aktivitas Kritis, Penanganan Produk untuk yang tidak memenuhi kriteria, Mampu Telusur (Traceability), Internal Audit, Kaji Ulang Manajemen (Management Review)

Restoran Hokben memiliki sertifikat halal sejak tahun 2008, artinya Hokben sudah terjamin aman untuk semua orang terutama Umat Muslim. Meski tidak semua restoran mengurus sertifikat halal tapi Hokben mengurus untuk memastikan semua cuetomersnya terjamin dan merasa nyaman. 

Sebagai Komsumen kita harus jeli dan tau bagaimana membedakan restoran atau produk yang bersertifikat hahal atau tidak. Ada beberapa tanda yang menandai bahwa restoran halal yaitu :
  • Terdapay Logo halal MUI pada kemasan
  • Melihat komposisi produk pada kemasan produk
  • Lihat daftar produk bersertifikat Halal MUI di jurnal halal, Aplikasi Halal di android/BB/iOS atau website: www.halalmui.org
  • Bertanya lewat email : info@halalmui.org
  • Cek produk halal via SMS ke 98555. caranya : HALAL(spasi)Nama Restoran kirim ke 98555
Masih takut untuk menikmati menu HOKBEN? Semua sudah ada sertifikatnya dan HALAL!

KBJ di HOKBEN! Pecah!

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Hokben Restoran Halal Cocok Untuk Siapa aja!"

  1. Wuihhh keyen kaka artikelnya lengkap. Hokben keren. Jadi pengin ke sana lagi nyobain menu2 yang lain :D

    Moga menang Kak. Aminnnnn.

    ReplyDelete
  2. mantap lengkap banget, hokben , sekali2 makan nemenin anak2 yang doyan hokben

    ReplyDelete
  3. Saya juga suka makan di tempat ini neh. Tapi, ga setiap hari hehe

    ReplyDelete
  4. makan di hokben cuma sekali dulu, waktu SMA sama pacar,hehe

    ReplyDelete
  5. Produk Indonesia ala Jepang, suka makan disini apalagi kalau lagi ada promo paket murah :D

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah, semakin banyak yang peduli dengan restauran halal

    ReplyDelete
  7. Menu di Hokben halal dan enak :3 apalagi kalau bisa ke sana sama istri. :D

    ReplyDelete
  8. Wah halal ya hokben, saya selalu kangen sama mayonaisenya

    ReplyDelete
  9. aseek..ada fotoku mejeng di blog ini walopun cuma keliatan seupil :D

    ReplyDelete