Kulinerwisata

Tempat Wisata Di Pati Jawa Tengah

Telinga anda mungkin sedikit asing dengan nama Kabupaten yang satu ini, lantaran anda tidak menempati rumah di wilayah Jawa Tengah. Kabupaten Pati sendiri berada di jalur pantura timur provinsi Jawa Tengah. Apa alasanya artikel ini menambahkan Pati sebagai daerah yang menarik untuk dikunjungi berupa tempat-tempat pariwisatanya. Urungkan dulu rasa penasaran anda tentang Pati.

Kabupaten yang berjulukan Bumi Mina Tani ini, ternyata memang mempunyai tempat wisata yang sengaja tidak dipamerkan secara luas. Namun bukan tidak ingin dipamerkan akan tetapi, anda saja yang tidak ingin tahu bahwa Pati sebenarnya banyak menyajikan pemandangan wisata yang indah.  Hanya saja tidak terlalu tereksplore objek alamnya. Berikut ini rekomendasi agar anda lebih mengenal Pati dengan tempat wisatanya.

Tempat Wisata Di Pati Yang Direkomendasikan

1.  Waduk Gunung Rowo
sumber google
Waduk yang satu ini berada di lereng Gunung Muria bagian timur. Adanya fungsi waduk yang bermanfaat dalam pengairan sawah, akan tetapi Waduk Gunung Rowo tak menyurutkan untuk menyajikan keindahannya kepada para pengunjung yang datang. Di situlah anda akan menyaksikan waduk yang dikelilingi hutan, dan anda bisa menikmati suasana sejuk dengan bersantai di gazebo yang telah disediakan. Sementara itu, teradapat wisata kuliner khas ikan air tawar yang ditawarkan warung di sekitaran waduk tersebut.

2. Air Terjun Tadah Hujan
Selanjutnya ada Air Terjun Tadah Hujan yang berada di sekitaran Gunung Kendeng dimana kawasan ini sangatlah tersembunyi.  Untuk menempuh kawasan aiar terjun ini tidaklah mudah, karena akses jalan sulit dilalui karena belum banyak yang berkunjung. Akan tetapi, dibalik sepinya pengunjung anda akan merasakan kedamaian tersendiri. Dengan ditemani guyuran air terjun setinggi 75 meter, lantas menimati pemandangan alam sekelilng yang menakjubkan dan meneduhkan mata, seperti namanya Air Terjun Tedah Hujan.

3. Pulau Seprapat
Pulau Seprapat Juwana berada di Desa Bender, Kecamatan Juwana. Saat anda memasuki area pulau yang ukurannya cukup kecil maka suasana mistis terasa begitu kental, karena terdapat banyak pepohonan yang rindang serta adanya makam dimana makam tersebut seorang wali Ki Lodang Datuk Wali Joko. Jadi, tidak heran jika banyak peziarah yang mengunjungi Pulau Seprapat di area makam. Konon katanya apabila berziarah di sini akan mendapatkan banyak berkah, seperti kekayaan. Akan tetapi, semua itu hanyalah mitos.

4. Wisata Jolong
sumber google
Wisata Jolong merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi, karena merupakan wisata terpadu. Keberadaan Wisata Jolong sendiri di lereng Gunung Muria. Ada beberapa objek yang disuguhkan di sini, sebut saja Air Terjun Grenjengan, agrowisata, outbond serta area perkemahan. Selain itu, anda juga akan melihat perkebunan kopi yang tentunya indah dipandang. Keadaan sejuk pun tak luput karena banyak pepohonan yang tumbuh berukuran besar. Hanya saja aksebilitas tidak begitu baik, sehingga pihak yang bersangkutan perlu membenahi  supaya para wisatawan merasa lebih nyaman.

5. Goa Pancur

sumber google
Ingin merasakan bagaimana suasana alam di dalam goa, datang saja ke Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen. Goa pancur ini menyajikan sebuah panorama alam berupa stalagtit dan stalagmit yang berada di susuran goa seketika anda terus berjalan. Akan tetapi, anada harus berhati-hati, karena di dalam goa ditemukan aliran sungai yang memiliki kedalaman sepinggang orang dewasa. Karena keadaan tersebut cukup berbahaya, sebaiknya gunakan jasa pemandu wisata lokal, supaya lebih aman dalam menunjukan setiap jalan yang dilalui.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tempat Wisata Di Pati Jawa Tengah"

  1. Pati itu kota kecil tapi ternyata banyak juga tempat wisatanya ya.

    ReplyDelete
  2. Wah keren2 tempatnya, gak nyangka di pati ada wisata kayak gitu..

    ReplyDelete