Kulinerwisata

Tips Belanja Hemat Saat Ramadhan

Bulan Ramadhan sudah tiba, kita sudah berpuasa haru ke 5 tetep semangat ya teman. Lebaran pun sudah menjelang, pasti teman-teman sudah mulai mempersiapkan rencana belanja untuk diri sendiri maupun keluarga. Biasanya ibu rumah tangga mulai memikirkan rencana lebaran dimana, apa yang perlu dibawa untuk keluarga dan apa yang perlu dibawa untuk keperluan selama mudik. Persiapan biasanya membutuhkan banyak biasa, saya ada tips belanja hemat.

TIPS BELANJA HEMAT Ramadhan

1. Susun anggaran untuk satu bulan penuh
Membuat anggaran keuangan yang diperlukan selama satu bulan, lebih baik jika dibuat anggaran belanja harian. Membuat daftar Anda yang dibutuhkan selama 1 bulan penuh. Ketika kita membuat daftar belanja secara rinci, membuat kita tidak mudah tergoda untuk belanja hal yang tidak perlu. Kalau sudah berlanja yang penting jadi irit dech.

2. Belanja untuk satu bulan penuh
Belanja kebutuhan untuk stok satu bulan bahkan lebih untuk beberapa bahan pokok yang bersifat tahan lama bisa meminimalisasi pengeluaran ketika harga barang terus merangkak. Pada umumnya saat puasa maupun Ramadhan semua bahan pokok harganya akan merangkak naik, ini membuat pengeluaran kita terus bertambah tanpa disadari. Cara menjaganya dengan belanja keperluan satu bulan sekaligus, tapi bahan yang awet ya. Selain itu tetap belanja seperti biasa, tapi ini cuup bikin irit lho.

3. Kurangi Jumlah menu
Sajikan menu yang lebih sedikit ketika berbuka puasa. Memang, itu tergantung dari jumlah anggota keluarga Anda. Tapi daripada Anda menyajikan 3 atau 4 menu yang berbeda ketika berbuka, kenapa Anda tidak menyajikan 1 atau 2 menu saja? Toh untuk berbuka tidak harus makan sekenyang-kenyangnya. 

4. Pilihan Tembat Belanja
Tempat belanja menjadi salah satu pemikiran juga karena akan pengaruh dengan biaya. Saya menyarankan memilih tempat belanja yang dekat dengan rumah namum lengkap dan baik. Kita bisa menghemat biaya transportasi dan menghebat biaya tambahan karena banyak pilihan.

Selain itu banyak department store atau swalayan yang membuat promo istimewa dalam rangka bulan ramadhan. Kali ini di Alfamart juga menggelar Ramadhan Hemat Alfamartku. Jaga juga ya kalau ada promo banyak suka keblinger murah semua

5. Tidak terlalu sering makan di luar
Berbuka puasa bersama di luar sekali-kali bisa saja dilakukan. Namun, jika intensitasnya sering akan menambah biaya pengeluaran. Harga-harga yang naik tentu membuat aneka makanan di restoran pun lebih mahal dari biasanya.

6. Gunakan uang tunai, bukan kartu kredit
Berbelanja dengan kartu kredit biasanya membuat kita lupa kalau sudah banyak uang yang sudah kita keluarkan. Lebih baik pakai uang tunai, dengan begitu Anda akan tahu berapa banyak uang yang telah Anda keluarkan. Namun tetap diingat, jangan bawa uang terlalu banyak dan ditaruh sembarangan. Ini akan berpotensi timbulnya pencopetan. Ambil saja uang tunai sesuai kebutuhan. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Belanja Hemat Saat Ramadhan"

  1. Aku tiap hari makan di luar, kalo masak sendiri malah lebih boros karna pengen ini itu ngak jelas

    ReplyDelete