Kulinerwisata

Tips Gemuk saat Puasa

Saat puasa di bulan Ramadhan, biasanya orang banyak yang berat badannya turun. Tapi ada juga yang ingin berat badannya naik meski saat puasa. Setiap orang memiliki perkiraan kemungkinan besar karena puasa. Trus kalau pengen gemuk gimana ya? Cara menggemukkan badan meski berpuasa :

1. Jangan Makan Kenyang saat Buka
Setiap orang yang berpuasa rata-rata makan sehari 2 kali, ini menyebankan asupan makanan berkurang drastis. Jika ingin menggemukkan badan sebaiknya makan saat buka sedikit dengan harapan tengah malam bisa makan berat lagi, jika tidak minimal bisa makan snack.  Tetapi gak sekadar banyak makan, tapi makan makanan yang berkalori tinggi.

2. Makan Makanan Kalori Tinggi
Kita harus tahu terlebih dahulu, berapa angka kebutuhan kalori tubuh per hari. Supaya dari situ bisa mengatur, makan apa saja dan sebanyak apa agar berat badan bisa bertambah. Misal, kebutuhkan kalori per hari Anda adalah 2000 kkal. Maka pada hari-hari biasa selama 24 jam Anda ada memakan sejumlah makanan yang sejumlah 2000kkal. Pada saat puasa sebaiknya makanan juga disesuaikan agar asupan yang kita terima juga sejumlah itu. Jika perlu tambah jumlah kalorinya hingga 2500 kkal, jamin nambah

3. Dapatkan Protein Lebih
Bila makan banyak sudah, dan makan makanan yang kalorinya besar juga sudah, jangan lupa, pastikan pula bahwa kalori yang Anda dapatkan tersebut didapat dari protein. Kedua, kabohidrat. Lalu ketiga, lemak. Protein itu penting, soalnya dia berperan untuk membentuk otot tubuh.
Sekiranya karena puasa Anda hanya dapat segelintir protein dari makanan berat, Anda bisa mendapatkan protein lebih, dengan cara meminum susu. Terutama susu kambing, yang notabene proteinnya lebih banyak daripada susu sapi biasanya. Iya, bila Anda serius memang perlu menggemukkan badan, sangat disarankan Anda minum susu kambing.

4. Pastikan Metabolisme Tubuh Anda Baik
Metabolisme sangat beperengaruh terhadap tubuh kita, tubuh sehat dalam segala hal pasti lebih mudah menerima asupan makanan berntuk apapun. Ketika asupan diterima dengan mudah, semua nutrisi yang dimakan akan berubah menjadi tenaga dan lemak. Kalau lemak semakin banyak pasti tubuh kita akan meningkat.

5. Pastikan Nafsu Makan Anda Terjaga
Sudah bukan rahasia umum, ada kelakukan kurang baik yang biasa disebut “balas dendam” tatkala berbuka puasa. Salah satu dampak kurang baiknya adalah, bila melakukan “balas dendam” tersebut, tidak akan banyak makan lagi sampai malam harinya karena memang sudah sangat kekenyangan. Bahkan di lain kasus, hilang selera makan. Jika sampai selera makan hilang makan asupan makanan akan berkurang dari biasanya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Gemuk saat Puasa"

  1. Wah, ini sy banget Maakk. Pengen gemuk hihihi! Kalo puasa makan malam dua kali, habis magrb makan dikit. Pulang tarawih makan lagi hehehe! Tar sahur juga harus makan :D

    ReplyDelete