Kulinerwisata

Cara Membuat Nasi Goreng Kampung

Nasi goreng menjadi makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Itu karena rasanya yang memang enak, serta pembuatannya yang bisa dibilang mudah. Ada berbagai macam variasi nasi goreng yang bisa dibuat, misalnya nasi goreng kampung. Nasi goreng kampung juga menjadi menu alternatif untuk sarapan, sebab proses pembuatan yang cepat dan tidak perlu banyak bahan yang dibutuhkan. Cara membuat nasi goreng kampung juga cukup mudah, sederhana, dan juga bahan-bahannya yang mudah didapat.

Berikut cara membuat nasi goreng kampung yang enak dan sederhana, yaitu :

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
600 gram nasi yang sudah dingin
2 butir telur ayam, kocok lepas
Daging ayam yang sudah disuwir-suwir, ini bisa juga diganti dengan baso sapi atau sosis yang dipotong
1 sendok makan kecap manis
5 buah cabai merah keriting
3 buah cabai rawit atau sesuai selera
6 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 buah tomat buah sayur, iris tipis
2 sendok makan margarine
1 bungkus penyedap rasa, pilihlah penyedap yang rasa sapi
½ sendok the terasi atau sesuai selera
½ sendok the garam
1 buah mentimun diiris dan gunakan sebagai pelengkap
Bawang merah goreng, sebagai pelengkap

Cara membuat nasi goreng:
1.     Langkah pertama dalam membuat nasi goreng kampung yaitu, dengan membuat bumbu halusnya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bumbu halus seperti bawang putih, bawang merah, terasi, cabai merah keriting, cabai rawit, dan garam. Ulek semua bahan tersebut sampai benar-benar halus, dan sisihkan.
2.     Siapkan wajan dan beri margarine. Lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, dan tumis sampai matang dan tercium bau harum.
3.     Langkah selanjutnya untuk cara membuat nasi goreng ialah, masukkan bahan-bahan lain seperti daging ayam suwir atau sosis potong, irisan tomat, dan juga telur yang sudah dikocok lepas. Aduk semua bahan sampai tercampur rata, dan hingga telur menjadi berbulir atau seperti orak-arik telur masak hingga beberapa saat.
4.     Kemudian setelah semua bahan tercampur masukkan nasi putih, aduk hingga tercampur dengan bahan yang sudah dimasak sebelumnya. Masukkan penyedap rasa sapi dan kecap manis, aduk sampai mencampur dengan nasi. Masak hingga bumbu meresap dengan nasi, jangan lupa untuk selalu mengaduk nasi. Ini tentu saja agar nasi tidak gosong dan cepat matang.
5.     Setelah matang angkat dan sajikan dengan bahan pelengkap seperti bawang goreng dan juga mentimun.

Itulah cara membuat nasi goreng kampung, dan selamat mencoba.                           

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Membuat Nasi Goreng Kampung"