Kulinerwisata

Melihat Keindahan Sri Gethuk Gunung Kidul


Jogja kini menjadi salah satu kota yang menjadi tujuan daya tarik wisatawan untuk berlibur. Aneka tempat wisata yang ada sungguh memanjakan wisatan untuk menikmatinya. Banyak Paket Wisata Jogja juga disediakan bagi wisatawan yang membutuhkan. Tempat wisata Alam, Air, Laut, Hutan, Sejarah, dll ada di Jogja, salah satunya kini ada Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul.

Air terjun ini berada di daerah padukuhan Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul sekitar 10 km dari Kota Wonosari. Perjalanan dari kota Yogyakarta memakan waktu kurang lebih 1,5 jam. Dalam perjalanan Anda dapat menikmati pemandangan kota Jogja dari atas bukit dengan jalan berliku dan menanjak. Setelah sampai di wilayah Hutan Tahura (Hutan kayu putih milik perhutani) Anda akan di manjakan sejuknya udara di bawah rimbunan pohon-pohon besar dan rindang.

Air terjun ini berada di padukuhan Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul sekitar 10 km dari Kota Wonosari. Perjalanan dari kota Yogyakarta kurang lebih 1,5 jam. Dalam perjalanan Anda dapat menikmati pemandangan kota Jogja dari atas bukit dengan jalan berliku dan menanjak. Setelah sampai di wilayah Hutan Tahura (Hutan kayu putih milik perhutani) Anda akan di manjakan sejuknya udara di bawah rimbunan pohon-pohon besar dan rindang.

Sesampainya di area pemancingan, Anda dapat memilih 2 alternatif jalan yang dapat ditempuh menuju Air Terjun Sri Gethuk. Alternatif pertama, Anda dapat menyusuri jalan setapak dengan pemandangan persawahan nan hijau berhiaskan pohon kelapa. Jalan alternatif kedua melawan arus Sungai Oya menggunakan sebuah perahu kecil. Anda akan melihat uang koin di dasar Sungai Oya yang memang sengaja di buang oleh warga setempat maupun wisatawan karena satu kepercayaan akan membawa berkah. Di sepanjang perjalanan menggunakan perahu Anda akan merasakan mengarungi Grand Canyon karena aliran sungai menuju Sri Gethuk diampit oleh tebing-tebing bukit karst yang sangat tinggi mencapai 50 meter.

Tiket masuk objek wisata Air Terjun Sri Gethuk, harga tiketnya Rp3.000,- sedangkan tarif sewa perahu tradisional/gethek Rp5.000,- per orang. Apabila ingin bermain air di sungai, anda dapat sewa ban untuk berenang dengan tarif Rp2.000,-.


Aliran air dengan tinggi sekitar 25 meter meluncur deras dari atas dengan suara gemercik di tengah-tengah pepohonan yang rindang akan membuat Anda segar. Anda juga dapat berfoto-foto di bawah air  terjun untuk mengabadikan keindahan alam atau juga bisa hanya sekedar bermain air. dan khusus untuk anda yang  yang suka berenang Anda dapat menyewa pelampung di sekitar air terjun dijamin segala kepenatan Anda akan hilang ikut terbawa arus air. Teman-teman yang ke Jogja tetapi bingung ingin ke Sri Gethuk, bisa menggunakan Jasa Tour Guide dari Joglo Wisata. Joglo Wisata menyediakan aneka paket wisata yang dibutuhkan oleh wisatawan.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Melihat Keindahan Sri Gethuk Gunung Kidul"

  1. Keren banget air terjunnya...kaya di film kartun aja

    ReplyDelete