Kulinerwisata

Resep Kue Lapis Beras Tradisional Tampilan Menarik Namun Rasa Klasik

Salah satu kue yang digolongkan sebagai kue yang mudah dimasak dan hanya menghabiskan waktu 1 jam pembuatan adalah kue lapis. Kue lapis yang terkenal di Surabaya lebih mirip dengan roti Mandarin tetapi kali ini menggunakan warna kuning dan coklat karena dinamakan kue lapis.

Tentu Kue ini berlapis-lapis di Surabaya kau ini bisa disebut dengan spiku dibandingkan dengan membuat kue lapis legit, kue lapis ini lebih mudah untuk dibuat. Satu dari sekian banyak kue tradisional kue ini sangat familiar sekali, semua kalangan anak-anak maupun orang tua menyukai kue basah satu ini kue ini adalah kue lapis beras. Kue lapis beras sudah umum di kalangan masyarakat dan juga banyak dijual di pasar, kue ini memiliki keunikan tersendiri sesuai dengan namanya yang berlapis-lapis dan memiliki tampilan warna yang menarik serta unik.

Apabila anda ingin membangkitkan kenangan masa kecil anda dengan belajar membuat kue lapis dari bahan tepung beras ini. Kami akan membahas resepnya rasa kue yang manis dan kenyal menjadikan kue lapis ini selalu digemari setiap orang dan selalu ada disetiap suguhan keluarga dalam setiap acara keluarga, seperti syukuran, atau hari raya bagi. Kue lapis merupakan salah satu resep makanan Indonesia dalam banya kegiatan di daerah. Anda yang ingin belajar membuat kue lapis beras ini tidak perlu risau, karena kini anda sudah bisa membuat dan mempraktekkannya serta membuat suguhan makanan yang menarik dan menggugah selera dengan menggunakan resep lapis tepung beras dengan rasa yang klasik yang akan kami ulas pada artikel berikut

Bahan-bahan untuk membuat kue lapis beras :
-       Yang perlu Anda siapkan yang antara lain yaitu 350 gram gula putih
-       Pewarna makanan sesuai dengan keinginan anda
-       800 mili santan kental
-       1 sendok teh garam beryodium
-       300 gram tepung beras
-       150 gram tepung kanji
-       3 lembar daun pandan segar

Langkah untuk membuat kue lapis tepung beras dengan cara sebagai berikut :
1.     Santan dan daun pandan yang telah ditaburi garam diaduk dan direbus sampai mendidih, angkat dan saring.
2.     Tambahkan gula margarin rebus kembali sambil diaduk-aduk sampai mendidih baru angkat dan sisihkan.
3.     Siapkan wadah baru, tuang tepung beras dan tepung kanji dalam wadah lalu rebus santan tadi ke dalam campuran tepung, aduk hingga menjadi adonan kue lapis bagi adonan menjadi 3 dan tuangkan pewarna ke dalam masing-masing adonan sesuai keinginan anda.
4.     Ambil loyang  dengan ukuran 20 (20x20x5cm) setelah itu  olesi bagian dalamnya dengan minyak goreng. Tuangkan adonan dengan  warna pertama kurang lebih 50 ml. Lalu dikukus kurang lebih sekitar 5 menit hingga lapisannya mengeras.
5.     Ulangi adonan kedua seperti adonan pertama mengeras. Siapkan loyang yang telah diolesi minyak goreng atau margarin tuangkan adonan secara tipis lalu kukus itu kira-kira sekitar 10 menit, kemudian tuangkan lagi dengan pewarna yang lain ke dalam Loyang dan kukus dalam waktu menit.
6.     Ulangi sampai adonan habis dan kue menjadi berwarna-warni serta berlapis-lapis Setelah matang, anda angkat dan keluarkan dari loyang.
7.     Tunggu kue lapis dalam keadaan dingin baru anda potong-potong sesuai selera. 

Selain itu waktu yang dibutuhkan ada 20 menit persiapan 20 menit pemanggangan, 20 menit pendinginan dan penggabungan. Alat yang perlu disiapkan antara lain 3 buah Loyang, kuas, mixer, piring saji, saringan, kukusan untuk mengukus adonan kue lapis.


Demikian ulasan dari kami semoga bermanfaat untuk Anda Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Resep Kue Lapis Beras Tradisional Tampilan Menarik Namun Rasa Klasik"

  1. Kue lapis.. kue kesukaanku Mba.. makannya gak ngebosenin.. legit dan enak di lidah..

    ReplyDelete
  2. nggak suka masaknya, ribettt... tapi suka icip kalau ada yang jual atau beliin.. hihihihihi

    ReplyDelete