Kulinerwisata

Supaya Keamanan Tetap Terjaga, Cara Menggunakan Sepatu Safety Yang Benar Harus Anda Perhatikan

Pekerjaan memang penting, agar pekerjaan berjalan dengan maksimal harus ada namanya pelindung diri. Salah satu alat pelindung diri ketika sedang bekerja adalah sepatu safety. Sepatu safety ini sangat penting untuk keamanan saat bekerja, terlebih lagi untuk anda yang bekerja dengan resiko yang besar.

Karena pentingnya keamanan ini, sangat penting mengetahui cara menggunakan sepatu safety yang benar dan tepat. Dengan begitu kegunaan sepatu safety bisa maksimal. Beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan sepatu safety saat bekerja adalah petugas listrik, kontraktor, dan yang lain sebagainya.

Dengan cara menggunakan sepatu safety yang benar anda akan aman jika kejatuhan bahan kimia, api atau panas, listrik maupun benda berat. Penggunaan sepatu safety bertujuan agar bisa menghindari terjadinya kecelakaan kerja, walaupun terjadi tidak akan mengakibatkan cedera yang serius.

Sepatu safety terbuat dari campuran kimia sintetik padat sehingga akan menjadi sepatu yang kuat dan keras, selain itu sepatu safety juga terbuat dari polyurethane yang akan membuat sepatu menjadi empuk dan ringan. Dalam melakukan cara menggunakan sepatu safety yang benar, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai cara menggunakan sepatu safety yang benar adalah sebagai berikut: 

-     Pilihlah sepatu safety dengan ukuran yang pas dengan ukuran kaki
Dalam cara menggunakan sepatu safety ukuran sepatu yang akan digunakan sangat penting. Jangan memilih sepatu dengan ukuran terlalu kecil karena akan membuat cedera kaki, selain itu juga jangan menggunakan sepatu safety yang terlalu besar karena tidak nyaman . Jika sepatu membuat tidak nyaman penggunanya maka akan berimbas pada pekerjaan tidak berjalan dengan baik.

-       Ikat tali sepatu safety dengan baik dan kuat
Jika anda menggunakan sepatu safety yang bertali, cara menggunakan sepatu safety harus lebih diperhatikan. Ikat tali dengan kencang dan kuat. Jangan sampai tali tidak terikat, karena bisa terinjak oleh pemakai atau terinjak oleh orang lain di sekitar kerjaan. Hal ini akan berdampak buruk, kita bisa jatuh karena tali yang tidak tepat penggunaannya.

-       Keringkan sepatu jika basah
Cara menggunakan sepatu safety yang harus diperhatikan selanjutnya adalah keadaan sepatu. Jika sepatu safety yang anda gunakan basah atau terkena air, keringkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Karena kadar air di dalam sepatu bisa membuat kaki menjadi cedera, bahkan bisa membuat sepatu menjadi bau busuk atau tidak enak. Selain alasan tersebut jika sepatu dalam keadaan basah, jika ada aliran listrik kita mudah kesetrum karena air mudah menghantarkan listrik.

Cara menggunakan sepatu safety satau biasa disebut safety shoes sangat diperlukan, karena akan mempengaruhi dari fungsi sepatu safety itu sendiri. Agar tetap aman dan nyaman, anda harus menggunakan sepatu safety dengan benar dan tepat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Supaya Keamanan Tetap Terjaga, Cara Menggunakan Sepatu Safety Yang Benar Harus Anda Perhatikan"

  1. utk pekerjaan2 tertentu, sepatu safety ini memang dibutuhkan utk keamanan diri saat bekerja

    ReplyDelete