Wednesday

Jajanan Khas Yogyakarta yang Populer

Jalan-jalan ke kota Yogyakarta memang akan selalu menyenangkan. Mengunjungi berbagai objek wisata menarik di Yogyakarta, hingga dengan memuaskan lidah dan juga perut dalam wisata kuliner keliling Yogyakarta. Kini tiba saatnya untuk pulang, pastinya Anda juga tidak ingin kenangan mengenai Yogyakarta tersebut hilang begitu saja. Nah, salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk bisa tetap ingat dengan kota Yogyakarta ini adalah dengan membeli oleh-oleh atau jajanan khas kota Yogyakarta tersebut.

Ini jajanan khas Yogyakarta yang populer

Bakpia
Siapa sih yang tidak kenal bakpia? Camilan enak yang satu ini memang sudah melekat dan juga diidentikan dengan Yogyakarta. Bakpia adalah kue yang dibuat dari adonan tepung terigu yang berisikan kacang hijau dan dioleh dengan cara dipanggang. Selain itu, bakpia juga erat kaitannya dengan budaya Tionghoa, yang mana dulunya bakpia ini diisi oleh daging babi, tapi dikarenakan pengaruh ajaran agama Islam di Jawa, sehingga isian bakpia tersebut lalu digandi dengan kacang hijau yang dicincang dan diberikan rasa manis dari gula.

Yangko
Ini merupakan kue moco khas Yogyakarta. Ya, yangko tersebut memang mirip dengan kue moci, jajanan yang dibuat dari tepung beras ketan tersebut mempunyai tekstur yang lebih kenyal, berisi kacang cincang, dan juga rasanya yang manis legit mirip sekali dengan kue moci. Yangko ini mempunyai tampilan yang menarik, dengan bentuk kotak serta warna yang beragam. Untuk satu kota yangko ini biasanya berisi 30 buah dengan citra rasa yang bervariasi.

Geplak
Kota Yogyakarta memang cukup terkenal sekali dengan kulinernya yang bercitra rasa manis dan gurih, termasuk untuk camilannya. Salah satu yang harus Anda coba dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta ini adalah geplak. Geplak dibuat dari daging kelapa yang telah diiris tipis serta dimasak dengan campuran gula sebagai pemanisnya. Sekarag ini, geplak sudah dimodifikasi sehingga juga tersedia dalam berbagai varian rasa serta warna cerah yang sangat menggoda.

Gudeg kering
Suka gudeg akan tetap khawatir basi pada saat ingin membawa pulang makanan tersebut untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta? Jangan khawatir, sebab Anda bisa membawa gudeg kering sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta untuk keluarga di rumah. Gudeg kering ini tidak banyak berbeda dengan gudeh basah pada umumnya, hanya saja proses memasaknya yang butuh waktu lebih lama dan rasanya pun juga cenderung lebih manis daripada gudeg basah. Bahkan gudeg kering ini mampu bertahan hingga 3 hari, untuk penyimpanan terbaiknya silakan Anda letakkan di dalam lemari es.


Itulah informasi tentang jajanan khas Yogyakarta yang populer. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi para pembacanya.

3 comments:

  1. Yang paling saya suka itu bakpia. Apalagi sekarang ada banyak rasa.

    ReplyDelete
  2. Aku suka yangko...yang rasa original. Paling suka klo belinya di Kotagede...barat pasar, ke SelatanšŸ˜€

    ReplyDelete
  3. Meski pernah 6 tahun dijogja tp blm pernah nyobain Gideg kring. Padahal udah populer bnget jajanan yang satu itu

    ReplyDelete