Kulinerwisata

Menghemat Waktu Untuk Berlibur

Pergi berlibur dan bersenang-senang bersama keluarga dengan jarak perjalanan yang jauh adalah hal yang tidak bisa dengan mudah dilakukan tanpa perencanaan oleh keluarga bekerja. Pilihan yang ada adalah liburan di akhir pekan, di mana harus memulai perjalanan di hari Jumat agar liburan tidak terlalu ketat mepet. Atau, mengambil cuti yang digabungkan dengan libur akhir pekan dan bisa juga hari-hari besar atau perayaan tertentu yang biasanya memiliki acara libur bersama dengan waktu yang cukup panjang.

Anda dan keluarga mungkin sudah memiliki destinasi yang diidam-idamkan selama ini yang bisa menghabiskan dua hingga tiga hari di tempat yang jauh untuk berlibur. Asal ada transportasi udara, perjalanan tak lagi banyak memakan waktu dan Anda bisa memaksimalkan hari libur yang ada.

sumber : puredestinations.co.uk

Beberapa keluarga mungkin lebih memercayakan liburan mereka menggunakan jasa tour yang menawarkan berbagai macam paket wisata namun ada juga yang lebih menyukai melakukan perjalanan wisata secara mandiri. Jaman sekarang, melakukan wisata mandiri bukanlah perkara yang sulit. Tinggal duduk di internet semua orang bisa berselancar menemukan destinasi-destinasi yang menarik serta tempat-tempat yang asyik untuk dikunjungi berikut sudut-sudutnya. Ada banyak review, ada banyak cerita, ada banyak saran yang diberikan oleh pihak penyelenggara perjalanan wisata dan bahkan para traveller itu sendiri sebagai bagian dari netizen.

Setelah Anda menemukan tujuan berlibur yang menyenangkan, Anda tentu akan melakukan perencanaan detail seperti berapa biaya yang harus dikeluarkan jika Anda sudah merencanakan sebuah rute wisata di suatu tempat, bagaimana akomodasinya, apa yang harus dibawa terutama jika Anda bepergian dengan anak-anak, dan lain-lainnya. Hal ini harus dilakukan sebaik-baiknya agak liburan Anda menyenangkan dan tidak over budget.

sumber : centuryrealtime.com

Soal makan barangkali adalah soal yang paling mudah dipikirkan apalagi jika Anda adalah jenis pemakan segala dan Anda memiliki dana yang cukup untuk melakukan berbagai macam petualangan kuliner. Namun soal hotel dan pemesanan tiket pesawat ini yang mungkin membutuhkan pertimbangan yang masak.

Khusus untuk pemesanan hotel, perusahaan yang menyediakan layanan akomodasi secara onlinebagi wisatawan yang ingin berlibur memang cukup banyak seperti Traveloka, PegiPegi, Nusatrip, Booking, Agoda, dan lain sebagainya. Namun yang perlu jeli untuk Anda perhatikan adalah pemilihan hotel dan harga yang sangat banyak dan bervariasi bisa saja malah membingungkan. Belum lagi kadang ada keluhan mengenai ketidaksesuaian antara foto yang dilihat dengan realitasnya.

Untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut, selain mencari referensi dan meminta pendapat teman-teman yang barangkali sudah pernah mengunjungi destinasi yang Anda maksud, Anda bisa mencoba untuk melihat review pengunjung yang banyak bertebaran di internet. Memang review mereka sifatnya subyektif dan sangat relatif namun jika ada tiga atau lebih review dengan nada yang sama, artinya ada konsistensi bahwa realitas hotel yang dimaksud adalah memang demikian. Baik atau buruknya review justru bisa menjadi pengetahuan yang baik. Dengan melihat kecocokan harga yang ditawarkan, Anda bisa memilih konsekuensi kelebihan dan kekurangannya. Hal ini baik dilakukan agar Anda tidak terlalu memiliki high expectation ataupun sebaliknya bahkan sebelum memutuskan untuk melakukan pemesanan.

Setelah urusan pemesanan hotel secara onlineselesai, Anda bisa melanjutkannya dengan memesan tiket sesuai dengan tujuan dan jadwal keberangkatan maupun kepulangan Anda. Masih dengan online travel agent tempat Anda memesan  hotel atau pun berbeda, Anda memiliki kemudahan untuk menentukan pilihan. Kadangkala memang masing-masing online travel agencies memiliki kebijakan, harga, dan bahkan penawaran diskon yang berbeda-beda. Yang perlu Anda perhatikan adalah harga yang tertera saat Anda melakukan pemesanan itu jenis all include atau tidak terutama soal pajak.

sumber : skift.com

Khusus hotel, ada beberapa harga yang tidak menyertakan paket sarapan pagi. Beberapa rate juga mungkin ada yang masih harus menambah biaya jika ingin menikmati fasilitas kolam renang. Pikirkan pula bagaimana jika Anda membutuhkan tempat tidur ekstra. Biasanya website online travel agent akan memberikan informasi yang cukup detail mengenai aturan-aturan tersebut. Anda hanya harus jeli membacanya atau Anda bisa melakukan komunikasi secara langsung dengan petugas mereka.

Memercayakan pemesanan akomodasi kepada online travel agent tentu adalah pilihan yang baik untuk efektifitas waktu dan tenaga. Dengan banyaknya penawaran detail yang diberikan, Anda tinggal duduk dan memilih di sela-sela kesibukan kerja. Tentu akan merepotkan jika Anda harus menelepon agen perjalanan satu persatu untuk mendapatkan penawaran terbaik, bukan? Anda juga tidak harus repot-repot mendatangi agen tersebut untuk mendapatkan bentuk fisik tiketnya maupun bukti pembayaran hotel karena e-ticket akan langsung dikirim ke email.


Kelemahan bagi pemesanan tiket dan booking hotel secara online seperti ini tentu adalah jika Anda tidak terbiasa menggunakan transaksi menggunakan smartphone atau koneksi internet di  media lainnya. Membayangkannya saja terkesan ribet. Namun jika Anda memutuskan untuk berani mencoba, Anda akan menemukan pengalaman yang berbeda dengan sebelumnya. Sayangi waktu yang Anda miliki.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Menghemat Waktu Untuk Berlibur"

  1. Booking hotel selalu pakai aplikasi online lah, ribet kalo mesti ke travel atau langsung booking harganya lebih mahal.

    ReplyDelete