Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Wisata Sumedang Bukan Sekedar Tahu

Sumedang merupakan sebuah kota kecil yang dihimpit oleh dua kota besar, yakni Cirebon serta Bandung, Sumedang sudah terkenal sejak dulu karena tahunya yang khas yakni tahu Sumedang, selain tahunnya yang terkenal, Sumedang juga memiliki kawasan wisata yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan, kali ini kami akan memberikan beberapa referensi destinasi wisata yang harus anda kunjungi ketika anda singgah di Kota Sumedang.

1.     Kampung Toga
Toga yang dimaksud didalam kawasan wisata ini yakni singkatan dari tanaman obat keluarga, mengapa disebut Toga? Karena kampung ini merupakan tempat yang banyak ditumbuhi tanaman yang berhasiat dan juga bermanfaat sebagai obat, tempat wisata yang satu ini ada di Sumedang dan berada pada ketinggian 650 mdpl, jadi udara yang ada di sekitar tempat wisata ini sangat sejuk, ketika Anda ingin datang ke tempat wisata Toga ini anda harus berjalan sejauh 2 km dari pusat Kota Sumedang, Anda bisa menggunakan sepeda motor ataupun mobil pribadi, konsep yang diusung oleh Kampung Toga ini yakni one stop Adventure yang mana Anda bisa melakukan dan menggunakan beragam aktivitas untuk berpetualang, beragam fasilitasnya yaitu outbound, kolam renang dan juga beberapa fasilitas permainan yang lainnya, seperti paralayang, Paintball, tracking, hiking serta memancing di sebuah danau buatan yang ada serta masih banyak lagi fasilitas yang lainnya, selain itu Anda juga menikmati pemandangan yang indah.

2.     Gunung Tampomas
Obyek wisata yang satu ini merupakan sebuah gunung yang ada di Kota Sumedang yakni Gunung Tampomas, Gunung ini ada di bagian Utara Kabupaten Sumedang, Gunung ini juga menyimpan berbagai macam fauna dan flora yang begitu indah dan juga pemandangan alam yang masih alami dan asri serta hijau, puncak dari gunung ini yakni 1684 mdpl, jadi ketika anda mengunjungi Gunung Tampomas ini anda harus membawa perlengkapan seperti jaket dan juga pakaian hangat ketika anda mendaki ke atas, selain itu Anda juga bisa menjumpai beberapa lubang kawah dan juga bebatuan yang cukup besar yang berwarna hitam, apabila Anda ingin melakukan hiking ke Gunung Tampomas ini sudah ada beberapa jalur untuk mendaki yang disediakan.

3.     Gunung kunci
Selain gunung Tampomas terdapat gunung lain yang juga merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi yakni gunung kunci, gunung ini menjadi daya tarik tersendiri karena keindahan alam yang begitu memikat para pengunjung, Anda bisa menempuh jarak kurang lebih 200 meter saja dari alun-alun Sumedang apabila Anda ingin mencapai gunung kunci ini, selain itu ada banyak sekali daya tarik yang lain seperti adanya gua peninggalan kolonial Belanda pada jaman dahulu, Gua ini dimanfaatkan oleh orang Belanda sebagai benteng untuk berlindung atau benteng bertahan bagi rakyat Belanda ketika mengepung penduduk Sumedang.

4.     Curug Sindulang
Selain itu Anda juga bisa melihat dan mengunjungi destinasi wisata yang lain yang ada di Sumedang yaitu curug sindulang, curug berarti air terjun. air terjun ini berada tepat di desa sindulang, jadi nama ini sangat pas dengan tempat ia berada, curug ini biasanya oleh warga sekitar dijuluki dengan Curug Kembar, dikarenakan memiliki dua buah air terjun yang mengalir bersamaan pada ketinggian kurang lebih 50 meter, di bawahnya terdapat sebuah kolam yang terdapat air yang sangat jernih, jadi para pengunjung bisa menikmati kesegaran dan kesejukan air dari Curug sindulang ini, selain itu di pinggiran curug juga terdapat banyak sekali pepohonan yang rindang, jadi membuat tempat ini semakin sejuk.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Wisata Sumedang Bukan Sekedar Tahu"

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda. Saya juga mempunyai tulisan serupa yang anda bisa lihat di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete