Saturday

The Pikas Penginapan Nyaman di Banjarnegara

Kali ini jalan-jalan pengen banget ke Banjarnegara yang unik karena bahasanya ngapak-ngapak hampir sama dengan purwokerto, banyumas, dll. Liburan bersama kali ini janjian dengan teman-teman Blogger dari Jakarta, Solo, Purwokerto, Banjarnegara dan Jogja saya. Wah pasti asyik banget nich kalau kumpul santai bersama teman-teman dengan latar belakang sama dunia blogging. Banjarnegara kami memilih menginap di The Pikas. Kok ke The Pikas? Karena saat searching suasananya homy banget dan view hijaunya bikin seger di mata plus seputaran kota Banjarnegara lho.

Perjalanan dari Purwokerto ke Banjarnegara membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Masuk Kota Banjarnegara saya langsung senang setelah lumayan lama perjalanan yang ditempuh. Memasuki gerbang The Pikas benar perkiraan saya suasananya nyaman banget serasa menikmati hunian di desa. Lapangan cukup besar menyambut kedatangan saya di The Pikas, masuk lebih dalam terpampang cottage-cottage yang siap menjadi tempat istirahat saya dan teman-teman.

The Pikas ini terletak di bantaran Sungai Serayu, Sungai Serayu merupakan sungai besar yang melintasi Kota Banjarnegara. Tepatmya The Pikas terletak di Kawasan Wisata Sungai Serayu, Desa Kutayasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah. Hulu Sungai Serayu dari Gunung Prau dan sumber mata air bernama Tuk Bima Lukar. The Pikas mengusung konsep green – art - adventure, sebuah hunian yang ramah lingkungan dengan nilai seni tinggi plus adventure dengan menjelajahi Sungai Serayu.

Hunian di The Pikas berupa cottage berupa rumah kayu, cottage ini berdisi satu-satu dengan halaman hamparan sawah yang masih hijau. Tapia da juga cottage yang berdisi bersebelahan seperti yang akan saya tempati kali ini bersama teman-teman. Saya menempati Cottage Lumbir 5 dengan kapasitas 6 orang, 6 orang ini semua wanita jadi bisa sambil ngobrol. Uniknya di The Pikas bentuk cottagenya miring-miring bahkan dianggap gak beratuan, unik yak. Setelah banyak Tanya baru tau konsepnya dibentuk gak beraturan karena disesuaikan dengan kebanyakan rumah di desa itu gak beraturan tapi nyaman.

Cottage dibuat rumah panggung dengan bagian bawah digunakan sebagai aliran irigasi ke sawah sekitar cottage. Selain itu banyak aneka tanaman dan pohon pisang  tumbuh disekitar The Pikas, suasana hujau pastinya akan selalu ditemui ketika membuka kamar maupun jendela cottage. Asli bikin saya betah banget tinggal di The Pikas


Harga dan Pilihan Cottage The Pikas
1. Cottage Lumbir 1 Rp 400.000 untuk 4 Orang
2. Cottage Lumbir 2 Rp 600.000 untuk 6 Orang
3. Cottage Lumbir 3 Rp 600.000 untuk 6 Orang
4. Cottage Lumbir 4 Rp 600.000 untuk 6 Orang
5. Cottage Lumbir 5 Rp 600.000 untuk 6 Orang
6. Cottage Sabin Timur Rp 750.000 untuk 7 Orang
7. Cottage Sabin Barat Rp 750.000 untuk 7 Orang
8. Jawa Mini / Glugu Rp 450.000 untuk 2 Orang
9. Cottage Jabar Rp 600.000 untuk 6 Orang
10. Cottage Jatim Rp 450.000 untuk 2 Orang
Jika menginginkan extra bed bisa menambah dengan harga @Rp 100.000. Fasilitas tiap kamar yaitu : Air Mineral, Kamar Mandi Dalam, Kasur Busa, Selimut dan Makan Pagi.

Selain penginapan yang sangat asyik ini The Pikas juga menyediakan aneka paket rafting yang sangat digemari pengunjung The Pikas. Eits jangan khawatir kalau gak nginep di The Pikas tetep boleh kok rafting di Banyu Woong. Banyu Woong ini menyediakan aneka paket rafting yang disesuaikan banget dengan kebutuhhan pengunjung. Menurut informasi jika ingin rafting sebaiknya book dulu, supaya pemandu sudah siap dan pastikan masih ada slot kosong untuk kita rafting.


Aneka Paket Rafting Banyu Woong
1. Paket Prigi | Jarak 7KM | Waktu Tempuh 1 Jam | Harga 150.000/Orang
2. Paket The Pikas| Jarak 10KM | Waktu Tempuh 2,5 Jam | Harga 205.000/Orang
3. Paket Boja | Jarak 14KM | Waktu Tempuh 3 Jam | Harga 220.000/Orang
4. Paket Randegan | Jarak 16KM | Waktu Tempuh 3,5 Jam | Harga 245.000/Orang
5. Paket Randegan Surya Yudha Park | Jarak 26KM | Waktu Tempuh 5,5 Jam | Harga 350.000/Orang
Fasilitas Rafting Banyu Woong yaitu : Makan 1x, Air Mineral, Kelapa Muda, Snack, Lokal Transport, Perlengkapan Arum Jeram, Guide, sertifikat dan Asuransi. Rafting di Sungai Serayu bener-bener asyik apalagi kemarin saya rafting pada saat debit air agak tinggi, gelombang air menantang untuk diajak bermain bersama. Asal mengikuti arahan Guidenya jaminan pasti kita aman dech.

Malam menjelang di The Pikas, dingin pun mulain datang. Wah ternyata di Banjarnegara itu dingin lho, seperti dingin di Kaliurang Jogja ya hehehe. Saya langsung menggunakan jaket, selimut dan kaos kaki saat di kamar. Meski belum tidur tetep ya harus menggunakan Jaket supaya gak kedinginan banget. Eh ya di The Pikas disediakan obat anti nyamuk jika suatu saat ada nyamuk, jadi ini udah include disediakan oleh pihak The Pikas. Malam di teras cottage melihat sekeliling rasanya seperti tinggal di desa dengan suasana yang nyaman banget. Suara aliran sungai serayu disambut dengan angin sepoi-sepoi dan suara kodok di sawah, nyaman banget serasa me time maksimal saya

Taman di Depan Cottage Lumbir 5
Pagi hari menjelang, saya mulai bebersih diri sebelum menuju ke tempat kami sarapan pagi. Semua sudah siap langsung cuzz untuk menikmati sarapan pagi. Sarapan menggunakan Nasi Goreng ala Pikasto, restoran milik The Pikas. Nasi gorengnya enak lho, bumbunya pas banget saya seperti sedang menikmati makanan dirumah. Bumbu nasi gorengnya ala ndeso dengan telur mata sapi plus lalapan timun dan tomat. Sarapan nya makin semangat karena manikmati di pinggir sungai serayu, ahhh asyik bangettttt.

Menginap di The Pikas ini cocok untuk siapa saja, personal, teman, keluarga bahkan pasangan. Kalau keluarga anak-anak pasti seneng banget karena halaman yang luas banget, ada saung untuk bermain dan kolam ikan. Suasana yang asyik ini sering digemari banyak orang. Owh ya letaknya juga gak jauh dari kota.

The Pikas
Alamat : Kawasan Wisata Sungai Serayu, Desa Kutayasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah
Telp : 0286-593000

55 comments:

  1. Lengkap dan terjangkau, ya? Cocok untuk berlibur sama teman. :)

    ReplyDelete
  2. Luar biasa tulisannya sangat informatif mbak anastasia. Saya jadi tertarik untuk berlibur ke Banjarnegara. Terus terang ke Jawa Tengah hanya ke beberapa kota saja, misalnya solo dan semarang, dan itu pun hanya sebntar. Saya harus banyak belajar nih untuk buat blog kuliner dan perjalanan seperti mbak. Thanks ya

    ReplyDelete
  3. Suka dengan penginapan atau hotel konsep alam gini. Segar dipandang dan pastinya juga nyaman ya

    ReplyDelete
  4. Weh...kalau kesini harus rame2 ni, pasti asyik bgt, bwt makrab reuni juga cocok kayaknya ya

    ReplyDelete
  5. Cocok ini buat seru-seruan bareng temen. Dan raftingnya itu loh, ada yang sampai 26km, kalau debit airnya lagi pas pasti seru banget itu. Harganya juga bersaing.

    ReplyDelete
  6. Wah, itu harus minimal 4 orangkah yang nginap dalam satu cottage? Kalo buat keluarga bisa murah lagi ga ya? Kita ga nyampe 4 orang soalnya hihihi.

    Seru banget nginap di The Pikas. Bangun pagi, sejuk banget deh pasti. Tapi itu foto pertama, rumputnya lumayan panjang, ya. Semoga dari Aceh bisa terbang ke sana untuk menikmati hunian The Pikas dan nyobain raftingnya. Ayo dong ada yang mau ngasih tiket penerbangan murah? Atau voucher menginap? #eh:D

    ReplyDelete
  7. Mantap ini buat liburan.
    Dan keterangan lengkap sekalii...keren mba.

    Saya sejujurnya baru tau kalau Banjarnegara itu sudah masuk Jawa Tengah. Saya kira masih Jawa Barat.

    Mungkin kalau jalur darat dari Bandung sekitar 6 jam yaa..

    Serru..seru.

    ReplyDelete
  8. Wuih, langsung mupeng sama raftingnyaaa 😍😆 aku terakhir rafting di Jogja *gadayangnanya :'D
    Terimakasih buat info wisatanya kak. Duh, Kapan yaaa bisa ke Banjarnegara :')

    ReplyDelete
  9. Wah jadi ngiler nih. Kayaknya cocok banget buat tempat berlibur bersama pasangan. Assekk.

    ReplyDelete
  10. Wiiih sejuk banget itu tempatnya. Penginapan begini sih bukan Mata doang yang dimanjain. Tapi hati dan pikiran juga ya mba

    ReplyDelete
  11. Tempatnya sejuk. Harganya juga lumayan sih kayaknya. Rafting buat pengennnn

    ReplyDelete
  12. Saya juga paling suka berlibur di tempat yang adem dan sejuk, seperti The Pikas. Suasananya alami banget, sampe ada sawah di depannya. Trus bentuk penginapannya mirip banget seperti rumah simbah saya. Begitu terasa alam pedesaannya ya..
    Main rafting di sana, kayaknya seruu.!

    ReplyDelete
  13. Blm pernah kesini. Jadi pengen liburan nih

    ReplyDelete
  14. wow ada tempat arung jeram di banjarnegara, seruuu yak dan harga penginapannya ga gitu mahal koq.

    ReplyDelete
  15. Pasti seru banget rafting di sungai yang menantan. Minggu lalu baru selesai kayaking juga. Tangan beneran pegel tapi selepas itu bisa istirahat dengan nyaman karena lokasinya juga seru

    ReplyDelete
  16. Ya ampun Bagus banget tempatnya, aku tertarik banget raftingny mba.
    Ini susananya kayak drumah sendiri, krna rumah ku dikampung.

    ReplyDelete
  17. Aaaa, penginapannya adem banget. Harus nih ngajak keluarga ke sini. Udah gitu ramah di kantong.

    ReplyDelete
  18. Aku terpana sama harganya. Wahhhhh lumayan banget itu. Penginapannya sejuk pula lagi. Boleh juga melipir ke The Pikas kalau kebetulan lagi lewat jalur selatan nih.

    ReplyDelete
  19. wah murah banget nih untuk melakukan traveling ke banjar negara ada paketan penginapannya juga lagi bisa patungan ama temen juga nih mantab bisa jadi rekomendasi liburan kuliah ini

    ReplyDelete
  20. Noted.... boleh ni buat penginapan kalau mauin ke banjarnegara. Btw, ini kalau malem serem gak sih mb?

    ReplyDelete
  21. wah! jadi nama lagi nih bucketlist hehe

    ReplyDelete
  22. Asyik sekali! Wah bisa jadi rujukan ini. Habis basah-basahan, langsung loncat ke puncak Dieng bakal lebih seru. Mau banget buka pintu depannya sawah, epic!

    ReplyDelete
  23. Waah... The pikarb ini coba ada deket rumahku yah.. pengen banget ngerasain raftingnya.. biaya sewa tempat nginepnyapun lumayan terjangkau ya..vcoba ya lain kali ajakin emak kesitu, biar emak lugu ini bahagia

    ReplyDelete
  24. Harga penginapannya enggak mahal ya mbak?
    ah seru bisa sambil rafting
    TFS :D

    ReplyDelete
  25. Resort nya adem bangeeettt! Murah pula. Aku pengen nyobain raftingnyaaaa! Hahahhah

    ReplyDelete
  26. waahh, terimakasih infonya mba :)
    Aku jadi mau nyoba raftingnyaa
    duhh, asri gituuu suasananyaa :3

    ReplyDelete
  27. Harganya terjangkau banget ya mba. Cocok nih buat hangput bareng teman. Apalago suasana pengipannya nature pakai cottage segala.

    Wihii.. ga sabar nungguin bintang dan zizi besar biar bisa ajak main2.. aniwei mba rian acara jalan2nya makin padat ya..

    ReplyDelete
  28. Asyik banget mba liburannya...
    Cottagenya nuansanya alami banget. Bisa rafting pula. Artikel penyegaran dan informatif sekali.

    ReplyDelete
  29. Adem banget pas liat foto2 seputaran cottagenya. Pasti nyaman banget disana ya mbak

    ReplyDelete
  30. Untuk ukuran tempat penginapan yang bisa digunakan banyak orang kayanya terhitung murah, ya. Dan fasilitas juga OK punya.

    ReplyDelete
  31. Itu kan cottagenya rumah kayu, nyaman nggak kak? Dulu pernah nginp cottagenya rumah kayu tapi masa banyak rayapnya

    ReplyDelete
  32. Eh, murah banget sih ini jatohnya. Suasananya bener-bener ngademin, bahkan sampai tanahnya pun dibiarkan tetep basah. Belepotan donk? atau disediakan jalur pejalan yang ga bertanah?

    *salah fokus*

    Tapi mereka pengertian banget ya, sampai anti nyamuk disedian juga : -)

    ReplyDelete
  33. Untuk emak emak yang jarang bepergian jauh. Baca baca review begini cukuplah. Menambah informasi sekaligus bikin mupeng tingkat dewa 19. Ya siapa tau suatu hari nanti diundang kondangan ke banjanegara dan perlu tempat menginap, the pikas bisa jadi referensi. Soalnya yg rafting saya ga berani hahahaha

    ReplyDelete
  34. Cocok banget sih tuk penginapan keluarga,,, saya sih kalo memilih penginapan yang penting deket tempat rekreasi

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Keliatan nya seru tempatnya.

    ada fasilitas cottage & resto nya yang desa banget . ditambah dengan adanya paket rafting cukup menarik untuk para pelancong dalam negri berwisata bersama keluarga atau rekan kerabat.

    overall, it is interesting.


    thanks

    best,
    KANDIDA

    ReplyDelete
  37. wah, rafting sampe 5,5 jam itu lama juga ya mbak?
    apa ada istirahatnya itu, ato nonstop?
    kalo nonstop, pasti capek sekali. mau makan cemilan pun sambil mendayung jadinya :D

    Jakup Ginting Sinusinga

    ReplyDelete
  38. liat gazebonya bawaanya jadi pengen nongkrong di situ sambil mainan air di bawahnya mba hehe, asik banget ya nginep disana bisa sekalian rafting juga pasti seru banget :D

    ReplyDelete
  39. Seru kayaknya untuk outbond kantor yaa..
    Tunjukin ke HRD ahh...
    Thanks infonya Riance.. :*

    ReplyDelete
  40. Wah sepertinya tempatnya menyenangkan..
    Rekomennya tak simpen ah, semoga nanti bisa ke sana

    ReplyDelete
  41. Konsep penginapannya alam banget ya mbak. Enak tuh bangun pagi udaranya masih segar :)

    ReplyDelete
  42. Most wanted saat dolan ke Banjarnegara.

    btw, untuk rafting harus rombongan atau sendiri udah bisa daftar?

    ReplyDelete
  43. Itu loh penginapannya terasa banget alami ditambah murah lagi kalo banyakan yang nginep.
    Note deh :)

    ReplyDelete
  44. Ini tempat yang kemaren barusan diinapi sama rombongan blogger #PesonaBanjarnegara
    The Pikas, tempatnya asyik banget mbak, suasananya sejuk dengan aroma pedesaan yang begitu kental, tapi sayangnya di tempat ini smartfren tidak ada kestabilan sinyal. :l

    The Pikas sangat rekomended banget buat mereka yg ingin berkemah dan berpetualang sekaligus berarum jeram :D

    ReplyDelete
  45. Aduh itu harga penginapan sama raftingnya murah banget. Ditambah suasana penginapannya juga nyenengin banget. Masukin list dulu ah, sapa tau ada kesempatan main ke Banjarnegara. :)

    ReplyDelete
  46. heheheh. aku udah pernah dong kesini. enak sih tempatnya :))
    tapi belum semahal sekarang... harganya turun dikitttttttttttttttttt...

    ReplyDelete
  47. Penginapannya berumput, kaya di hutan.... adem bgt, bs buat santai. Pengen coba permainan airnya

    ReplyDelete
  48. Noted.. saya jadikan referensi untuk acara keluarga. Suasananya alami pedesaan..lengkap pula.. mantap Mba..

    ReplyDelete
  49. dan untuk suasana yang nyaman, bisa rame-rame, kalo patungan seorang cuma kena 100 ribu doang, muraaah bingiits mbak. aaaah... coba di Medan ada yang beginian. abis seru-seruan rafting, tidur di cottage yg suasana nyaman banget gituh, ajib bener ya


    IG : perempuannovember

    ReplyDelete
  50. Poto cottage tampak samping sepertinya gak oke.. eh tnyt pas dari depan en view keseluruhan, baru keliatan bagusnya... murah lagi yaaa.. jadi pengen hehe

    ReplyDelete
  51. Untuk menikmati penginapan seperti The Pikas ini saya tidak perlu jauh2 ke Banjarnegara, di rumah sendiri bisa. Maklum punya rumah mewah (mepet sawah). Tapi kalau diajak kesana mau banget lah, pingin nyobain rafting :)

    ReplyDelete
  52. Kelihatannya tempat penginapannya sejuk ya mbak karena suasananya seperti di pedesaan. Dan fasilitasnya dan harganya sangat terjangkau. Saya jadi pengen liburan kesana :D hihihi

    ReplyDelete
  53. Kalau dihitung-hitung rate cottagenya bisa 100.000/orang ya mbak hihi terjangkau banget. Selalu suka dengan penginapan konsep nyaman kayak gitu :D

    ReplyDelete
  54. asik banget siiihhh *mupeng
    ke Banjarnegara nya naik apa?

    ReplyDelete