Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

7 Cara Mencegah Varises

Varises adalah penyakit yang terjadi pada bagian pembuluh darah vena yang mengalami masalah atau kerusakan. Varises dapat terjadi pada bagian tertentu dalam tubuh, antara lain kaki, betis, dan paha. Varises biasanya lebih sering terjadi pada wanita. Selain itu varises dapat muncul karena faktor usia.

Munculnya tonjolan pembuluh darah berwarna kebiruan di bagian kaki, betis, paha maupun anggota tubuh lainnya tidak hanya mengurangi keindahan penampilan, tetapi hal tersebut juga dapat mengganggu kesehatan.

Meskipun tidak ada cara yang pasti untuk mencegah varises agar tidak terjadi pada kaki, betis, dan paha, tetapi ada beberapa cara untuk memperkecil kemungkinan terjadi varises dengan melakukan beberapa hal, antara lain :

1.     Olahraga Secara Teratur
Olahraga yang cocok untuk mencegah varises yaitu jogging dan berjalan kaki, karena hal tersebut dapat meningkatkan sirkulasi pada kaki. Tetapi olahraga secara keseluruhan juga bisa memperkuat seluruh sistem peredaran darah.

2.     Menjaga Berat Badan
Memiliki berat badan yang berlebih akan membuat akan tekanan yang berlebih pula terhadap kaki, sehingga sistem peredaran darah menjadi terganggu. Menjaga berat badan agar tetap stabil juga akan mengurangi resiko varises.

3.     Jangan Berdiri Terlalu Lama
Berdiri terlalu lama akan meningkatkan tekanan pada pembuluh vena di kaki, dan pada akhirnya tekanan tersebut melemahkan dinding pembuuh darah. Sehingga membuat resiko terkena varises menjadi tinggi. Tapi jika terpaksa harus banyak berdiri karena suatu alasan, maka topanglah badan secara bergantian dari satu kaki dengan kaki yang lainnya.

4.     Kurangi Menggunakan Sepatu Hak Tinggi
Bagi wanita sebaiknya mengurangi penngunaan sepatu hak tinggi, karena hal tersebut membuat sistem kerja otot betis menjadi tidak maksimal. Tetapi jika ini tuntutan profesi, maka seringlah beristirahat sekitar 15 menit.

5.     Duduk dengan Benar
Jangan terlalu sering duduk dengan menyilangkan kaki. Karena hal tersebut dapat membatasi aliran darah menuju dan dari kaki. Sehingga postur duduk yang baik akan meningkatkan sirkulasi darah.

6.     Menggunakan Celana yang Longgar
Memakai pakaian yang terlalu ketat dapat menekan pembuluh vena pada daerah pinggang, paha, dan tungkai. Hal tersebut dapat menghambat aliran balik darah dari pembuluh vena.

7.     Meluangkan Sedikit Waktu untuk Memanjakan Kaki
Merendam kaki dalam air hangat adalah salah satu cara sederhana untuk memanjakan kaki. Karena hal tersebut dapat membuat aliran darah menjadi lancar.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "7 Cara Mencegah Varises"

  1. Khusus nomor 2 menjaga berat badan ini susah juga ya Saya pernah diet ketat 1 bulan "cuma" bisa turun 2 kilo. Waaa repot juga hiheiheihiee.

    ReplyDelete