Thursday

Deskripsi Fisik Orangutan Kalimantan Indonesia


Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan luar biasa melimpah, tak hanya dari sumber daya manusianya saja, namun sumber daya alam dan kekayaan flora faunanya pun begitu melimpah.

Sayangnya, karena perbuatan tangan yang tidak bertanggung jawab kekayaan flora dan fauna khususnya banyak yang terancam punah. Seperti halnya Orangutang Kalimantan asli Pulau Borneo. Spesies yang jumlahnya sudah sangat sedikit ini banyak diburu untuk kepentingan pribadi.

Sebagai warga yang baik, sudah semestinya anda menjaga kelestarian lingkungan dengan cara menjaga primata yang hidup di dalamnya. Dan sebelum itu, mengetahui apa saja primata yang perlu dilindungi serta bagaimana deskripsi primata tersebut pun menjadi satu hal yang sangat penting.

Nah berikut ini deskripsi fisik orangutan Kalimantan, Indonesia.

1.     Ciri pertama yang bisa anda lihat dari orangutan Kalimantan adalah rambutnya yang panjang dan kusut. Bahkan rambut panjang ini sudah muncul ketika baru saja dilahirkan (bukan karena tumbuh panjang). Warna rambutnya sendiri merah gelap kecoklatan, kemudian untuk warna rambut pada area wajah terlihat lebih merah mudah, merah hingga hitam.

2.     Kemudian untuk ukuran orangutan Kalimantan sendiri terbilang cukup besar, dimana untuk ukuran jantan dewasa mampu mencapai berat 90 kg dengan tinggi 1,25-1,5 meter. Sedangkan untuk betina sendiri dapat mencapai berat 30 – 50 kg dengan tinggi dapat mencapai 1 meter.

3.     Memiliki lengan yang panjang dan kuat. Hanya saja, lengan dari orangutan Kalimantan ini tidak digunakan untuk menjangkau makanan, melainkan untuk menjangau manakala orangutan sedang bergelantungan dari pohon ke pohon yang lain.

4.     Sedangkan untuk bagian kaki orangutan Kalimantan akan bermanfaat sebagai pegangan yang kuat (panjang tangan lebih pendek dibanding panjang tangan).

5.     Umumnya, orangutan Kalimantan memiliki pelipis yang menyerupai bantal. Sehingga membuat ukuran wajah primata ini seakan lebih besar. Hanya saja, orangutan yang memiliki pelipis bantal ini kebanyakan adalah orangutan jantan.

6.     Satu lagi ciri orangutan Kalimantan yang juga kelebihannya, yaitu jakun yang dapat digelembungkan. Sehingga suara yang dihasilkan bisa lebih kencang dan nyaring.

Itulah deskripsi fisik dari salah satu primata yang dilindungi oleh UUD. Dengan mengetahui deskripsi fisiknya, diharapkan anda bisa menindaklanjuti proses pengembalian jumlah orangutan dalam kondisi normal.

Yang salah satunya yaitu dengan memfasilitasi, dimana segala sesuatu yang ada di dunia ini nampaknya tak bisa didapatkan dengan begitu saja. Termasuk untuk orangutan Kalimantan Indonesia yang juga butuh fasilitas yang baik demi keberlangsungan hidup.

No comments:

Post a Comment