Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Yuk Intip Cara Membersihkan Peralatan Dapur Yang Benar


Sebagai ibu rumah tangga tentu tidak jauh dari yang namanya peralatan dapur. Hampir setiap hari menggunakan peralatan tersebut guna menyajikan santapan lezat untuk keluarga. Nah, jika tidak bisa merawatnya dengan baik, maka dalam sekejab saja peralatan tersebut sudah tidak layak pakai lagi.

Hal yang paling penting dalam merawat peralatan dapur adalah mengerti cara membersihkannya yang benar. Jika Anda belum mahir dalam membersihkan peralatan dapur tersebut, yuk simak informasi mengenai cara membersihkan peralatan dapur berikut ini.

1.     Panci
Pada umumnya, cara membersihkan peralatan dapur yang satu ini memang mudah. Setelah Anda menggunakannya tinggal langsung dicuci saja sampai bersih. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan panci agar tidak sulit saat membersihkannya yaitu gunakanlah api yang sedang agar tidak menimbulkan kerak dan tidak membuat panci menjadi gosong.
Namun jika pancinya sudah terlanjur gosong ataupun berkerak, cobalah untuk membersihkannya menggunakan baking soda dan air. Caranya yaitu dengan menyiapkan baking soda beserta air secukupnya, lalu campur kedua bahan tersebut dan oleskan secara merata pada panci yang gosong atau berkerak tersebut. Jika sudah, diamkan sejenak dan bersihkan sampai kinclong.

2.     Wajan
Jika Anda baru saja membeli wajan, alangkah baiknya untuk mengoleskan sabun colek ataupun minyak goreng di bagian bawahnya agar tidak mudah berkerak dan warna aslinya tetap terlindungi.
Saat Anda selesai memasak, sebaiknya langsung cuci wajan tersebut sampai bersih. Untuk cara membersihkan peralatan dapur yang terdapat sisa bumbu pekat ataupun bumbu yang amis silahkan siram menggunakan air bersih terlebih dahulu barulah cuci menggunakan sabun dan bilas sampai bersih.

3.     Kompor gas
Kompor gas juga tidak boleh lepas dari pengawasan Anda. Setelah digunakan hendaknya langsung dibersihkan. Terlebih lagi jika terdapat sisa minyak yang menempel dan juga sisa makanan yang masuk ke dalam lubang apinya.
Nah, untuk membersihkan cipratan minyaknya bisa menggunakan tepung dengan cara ditaburkan pada cipratan minyak tersebut, lalu bersihkan dengan lap kering sampai benar-benar kinclong.

4.     Pisau
Jika Anda ingin pisau tetap awet dan tajam, sebaiknya segera cuci pisau tersebut setelah digunakan dan jangan lupa untuk mengelapnya sampai kering. Mengelapnya pun bisa menggunakan handuk, tissue kering, ataupun yang lainnya. Jika sudah, letakkan pisau tersebut ke tempat penyimpananya seperti semula.

Dengan mempraktekan cara membersihkan peralatan dapur tersebut dijamin Anda tidak akan sering-sering membeli peralatan dapur yang baru lagi karena semuanya tetap terjaga dengan baik.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Yuk Intip Cara Membersihkan Peralatan Dapur Yang Benar "

  1. Yang kompor itu mba..yang sering bikin lama acara bersih2 nya. Apalagi klo habis goreng ikan. Baru tahu klo bisa pake tepung.. Biasanya aku pke tisu dapur itu. Maksih tips nya😁

    ReplyDelete