Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

7 Aturan Keselamatan Saat Solo Traveling

Sumber: the-people.com
Hingga saat ini traveling masih menjadi salah satu kegiatan favorit manusia untuk lebih menikmati hidup dan melepaskan stres. Termasuk solo traveling atau melancong sendirian ketempat-tempat yang diinginkan.

Bagi sebagian orang solo traveling tampak aneh, kurang menyenangkan, dan membuat tidak nyaman. Apakah kamu salah satunya? Jika YA, sesekali cobalah solo traveling ke tempat-tempat terdekat dulu. Ada keunikan dan keseruan sendiri yang membuat solo traveling begitu menarik.

Mulai dari mempersiapkan rencana perjalanan sendiri, seperti booking penginapan dan membeli tiket kereta api. Menjelajah tempat-tempat wisata yang menarik minat hati, hingga lebih dekat mengenal daerah yang jadi tujuan wisata.

Kamu yang sudah terbiasa solo traveling pasti mengerti bagaimana rasanya dan tahu cara aman berwisata sendirian. Namun, untuk kamu yang pemula dan tertarik untuk mencoba traveling sendirian, coba simak dulu artikel ini. Ada 7 aturan keselamatan yang perlu kamu pahami, sebelum memulai solo traveling. Di antaranya :

Disiplin Soal Waktu


Aturan pertama yang perlu kamu ketahui ialah berdisiplin dengan waktu. Tidak ada teman seperjalanan yang akan mengingatkanmu soal waktu, jadi sangat dianjurkan kamu punya rencana perjalanan yang baik dan mematuhinya.

Contohnya soal jadwal berangkat dan pulang. Bila kamu reservasi tiket pt kai di Traveloka di jam 5 sore, maka usahakan sudah ada di stasiun sejam sebelumnya atau sekitar pukul 4 sore. Kamu juga bisa membuat list tempat wisata yang hendak dikunjungi dan menghitung estimasi waktu yang dibutuhkan.

Bawa Kartu Identitas Asli dan Fotocopy-an

Banyak hal yang tak terduga, yang mungkin saja terjadi saat kamu pergi solo traveling. Nah, untuk berjaga-jaga dari kemungkinan negatif, kamu perlu membawa sejumlah dokumen penting, baik yang asli maupun fotocopy/scan di gadget.
Di antaranya KTP, SIM, Kartu Asuransi, Paspor, dan kartu identitas penting lainnya. Kamu bisa membawanya di tas dan menyimpan hasil scan-nya di email. Jika ada kehilangan atau terjadi sesuatu, kartu-kartu identitas ini akan sangat membantu.

Simpan Uang di Berbagai Tempat

Hindari meletakkan semua uang yang kamu miliki di dompet atau di dalam tas. Pecah uang-uang tunai yang kamu miliki dan simpan sebagian di dompet, tas, saku pakaian, dan tempat-tempat lain yang memungkinkan untuk menyimpan uang.
Menyebar uang tunai di berbagai tempat ini sangat berguna bila terjadi kehilangan atau kecopetan. Di sisi lain kamu perlu meningkatkan kewaspadaan, khususnya di tempat-tempat yang rawan aksi kejahatan. Misalnya di transportasi umum seperti kereta api, di lokasi wisata yang ramai atau sepi, dan seterusnya.

Kantongi Informasi Seputar Kawasan Wisata yang Dikunjungi

Sebelum berangkat, alangkah baiknya kamu melakukan riset mengenai daerah tujuan wisata. Kenali budaya lokal, agar kamu bisa berbaur dan tidak mencolok nantinya. Misalnya pakaian yang tepat, waktu yang tepat, transportasi yang tepat, cara mendapatkan peta, dan seterusnya.
Semua informasi tersebut bukan hanya untuk melancarkan perjalanan wisata kamu. Namun juga memudahkanmu lebih mengenal tempat wisata yang dituju dan berbaur dengan lingkungan lokal.

Bawa Barang Seringan Mungkin

Tidak ada yang lebih menarik dari pelaku aksi kejahatan, daripada melihat orang asing yang membawa banyak barang bawaan. Nah, untuk menghindari mereka, kemaslah barangmu seringan dan se-simple mungkin. Kamu bisa hanya membawa satu atau dua tas saja. Bila ada rencana menginap, segera simpan barang bawaan di penginapan, sebelum mulai menjelajah daerah tujuan wisata. Untuk itu disarankan mencari penginapan dekat dengan stasiun kereta api, terminal, atau bandara.

Bersikap Layaknya Orang Lokal

Jangan menunjukkan kamu orang asing seperti sibuk memainkan handphone atau mendengarkan musik saat diperjalanan. Berjalanlah dengan yakin seolah kamu memiliki tujuan jelas dan jangan tunjukkan kamu sedang ber-solo traveling.
Bersikap layaknya orang lokal ini bukan hanya menghindarkanmu dari kejahatan, namun membuatmu lebih dekat dengan lingkungan sosial sekitar. Bisa saja kamu mendapat kenalan orang baik dan memetik pelajaran-pelajaran berharga dari lingkungan sekitar.

Beri Tahu Keberadaan Anda Pada Orang Terdekat

Hal penting terakhir yang perlu dilakukan sebelum solo traveling ialah menunjukkan tujuan dan di mana kamu berada pada orang terdekat. Beri tahu kapan kamu berangkat, kapan akan kembali, tempat wisata yang dituju, hingga penginapan pada keluarga, sahabat, atau orang terdekat lainnya.
Tujuan dari semua aturan di atas ialah untuk membuat solo traveling-mu tetap nyaman, aman, dan menyenangkan. Setelah memahami aturan tersebut, silakan rencanakan solo traveling-mu dan selamat berlibur!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Aturan Keselamatan Saat Solo Traveling"

Post a Comment