Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

3 Tempat Wisata Favorit di Puncak Bogor

sumber travelingyuk.com
Pesona Bogor terlebih lagi Puncak tidak pernah ada habisnya. Puncak Bogor selalu dijadikan tempat peristirahatan dan liburan khususnya oleh warga Jakarta. Puncak Bogor berada di kaki dan lereng pegunungan Gede Pangrango sehingga udaranya sejuk. Objek wisata di Bogor pun banyak jenisnya mulai dari wisata alam, permainan, perbelanjaan hingga kuliner.

Berencana menikmati Puncak Bogor di akhir pekan, berikut ini tiga wisata di Puncak Bogor yang memikat, di antaranya:

1.     Pura Parahyangan Agung Jagatkartta
Harap perhatikan apa yang kamu kenakan dan lakukan saat berkunjung ke Pura Parahyangan Agung Jagatkartta. Hingga kini, Pura Parahyangan Agung Jagatkartta yang merupakan Pura terbesar ke-2 setelah Pura Besakih di Bali masih digunakan untuk tempat beribadah umat Hindu. Keindahan dari Pura Parahyangan Agung Jagatkartta pastinya menggoda wisatawan untuk datang ketempat ini meskipun hanya untuk mengabadikan lewat foto dan video. Pihak pengurus pun memperbolehkan pemeluk agama lain untuk datang hanya saja ada beberapa peraturan yang harus ditaati di antaranya : perempuan yang sedang haid dilarang masuk. Pun begitu bagi orang yang berduka. Diperjalanan menuju Pura Parahyangan Agung Jagatkartta, kamu sudah bisa merasakan udara yang sejuk, lingkungan yang bersih, dan pemandangan yang serba hijau dari perbukitan Gunung Salak. Terdapat tiga gerbang besar yang memisahkan pura utama. Pintu utama disebut dengan Kori Agung yang berbentuk paduraksa.

Ukiran-ukiran dinding pada dinding dan pintu menggunakan batu khas Bali dan dua arca. Masuk kebagian dalam terdapat area Jaba Jero, area ini berlantai rumput hijau dan dipenuhi bale-bale. Jaba Jero cocok untuk bermeditasi karena didukung dengan suasananya yang sejuk dan tenang. Masih berada di area Jaba Jero, terdapat bangunan Mandala Utama yang hanya boleh dimasuki bagian dalamnya oleh orang yang sedang sembah yang saja. Area ini merupakan paling sakral. Jika tidak ada kepentingan kamu hanya diperbolehkan untuk berada di luar area Mandala Utama. Tertarik untuk melihat ketenangan dan kemegahan dari Pura Parahyangan Agung Jagatkartta, silakan datang ke Desa Warung Loa, Kecamatan Taman Sari.

sumber dakatour
2.   Taman Sakura

Tak usah jauh-jauh datang ke Jepang jika hanya untuk menyaksikan dan berfoto di pohon Sakura yang sedang bermekaran. Cukup datang saja ke Kebun Raya Cibodas yang masih berada di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango.  Jika di Jepang bunga Sakura hanya bisa mekar satu tahun sekali di Cibodas bisa tumbuh dua kali dalam setahun. Mungkin ini karena iklim dan kontur tanah yang cocok untuk Sakura karena Gunung Cibodas berada di atas ketinggian 1.425 meter di atas permukaan laut. Jadi, jika kamu ingin melihat bunga Sakura yang sedang mekar datanglah pada Januari hingga Februari atau pada periode Juli sampai Agustus. Hanya dua minggu, bunga-bunga ini bermekaran, lebih dari itu akan kering dan layu. Tujuh jenis bunga Sakura di antaranya Prunus Cerasoides, Prunus Yamasakura, Prunus Lannesiana, Prunus Yedoensis, dan Prunus Sp bermekaran di atas lahan seluas 6.000 meter persegi. Saat bunga Sakura bermekaran, kebun dipenuhi dedaunan berwarna pink, begitu cantik dan membawa keceriaan bagi pengunjung.
sumber dongenganakindonesia1
3.   Telaga Warna
Telagawarna yang berada di Desa Tugu, Cisarua, Kabupaten Bogor menyimpan sebuah misteri dimana warna air telaga dapat berubah-ubah sebanyak tujuh kali. Namun, tidak ada yang tahu kapan warna tersebut bisa berubah menjadi warna yang indah. Masyarakat setempat meyakini, jika warna berubah merupakan suatu pertanda yang besar akan terjadi. Jika tidak berubah warna, air telaga warna berwarna hijau lumut. Memberikan ketenangan bersama dengan udaranya yang sejuk dikelilingi hutan dan latar belakang Gunung Hambalang dan Gunung Mega Mendung.

Mitos cerita Telaga Warna tak hanya warnanya saja lho! Ada sepasang ikan yang dinamakan Tihul dan Larung yang berwarna hitam serta kuning. Dua ekor ini sering berpindah tempat dan padi ketahui dengan cara dan bagaimana. Dari Sumber Air Carongge yang ada di Cianjur kemudian di mata air Ciburial Bogor.

Jika kamu rindu dengan udara yang sejuk dan suasana hutan yang aman silakan coba sambangi Telaga Warna. Apalagi lokasinya tidak jauh dari Puncak Bogor. Jika kamu berada di luar Pulau Jawa bisa terlebih dulu menggunakan pesawat ke Bandara Soekarno Hatta. Kamu dapat mencari tiket murah promo di reservasi.com dengan memasukkan kode promo. Kemudian dilanjutkan dengan Bus Damri dari Bandaramenuju Kota Bogor dan minta saja untuk berhenti di Jalan menuju Telaga Warna. Patokan menuju Telaga Warna adalah Masjid Atta’awunjikadari Bogor. Sedangkan dari Cianjur yakni restoran Rindu Alam.

Untuk akomodasi,  kamu dapat dengan mudah menemukan hotel murah di Bogor Puncak dengan fasilitas yang cukup memadai. 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "3 Tempat Wisata Favorit di Puncak Bogor "

  1. kalau ke jakarta kudu diajak jalan sama berbie :p

    ReplyDelete
  2. Baru tahu kalau ada Taman Sakura di Bogor, kalau ke Bogor kudu mampir nih biar berasa kayak di Jepang, hehehe.

    ReplyDelete