Tuesday

Sirup Kunci & Ketam Isi Buah Tangan Wajib Belitung


Belitung merupakan daerah surganya pantai banget. Selama ini kenal belitung dari film laskar pelaslngi, siapa sich yang gak kenal film iti, pasti tau donk. Film yang sangat fenomenal banget ini mah

Berkesempayan ke Belitung bersama teman-teman Blogger langsung bikin semangat donk, ajakan ini langsung aku iakan saja. Apalagi kali ini bisa ngajak suami ikut serta travelling bersama, wah pasti seru banget

Sampai di belitung kami langsung explore tempat yang sangat cantik yaitu Pulau Leebong, masuk ke pulau langsung disuguhi pemandangan yang apik banget. Emang pulau ini cantik banget, dengan hamparan pasir putih membuat saya pengen langsung menikmati pantainya.

Setelah puas mengelilingi pulau Leebong besok kita akan explore lagi banyak spot di Belitung. Hmm kalau ngomongin travelling aku biasanya harus mikir juga, buah tangan apa yang akan dibawa waktu pulang nanti

Namanya juga emak-emak ya buah tangan ini wajib banget di bawa pulang. Tau gak sich ternyata aku nemu oleh-oleh yang wow banget disini


1. Sirup Picniq
Sirup Picniq Adalah sirup asli dari jeruk kunci yang rasanya enak banget. Kok tau? Ia jadi aku khan gak doyan teh jadilah pesen jeruk dan dikasi jeruk picniq ini oleh restaurant ini. Saat di Sinar Laut Ayung BB manggar aku menemukan sirup ini ada dimeja, awalnya gak tau kalau itu sirupnya. Setelah bertanya pada penjualnya akhirnya tau kalau jeruk yang diminum tadi adalah Jeruk Kunci

Sirup Jeruk Kunci ini terbuat dari jeruk pilihan yang berkualitas sehingga menghasilkan rasa yang manis dan menyegarkan. Kandungan jeruk yang terdapat dalam sirup ini bagus untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamnin dan mineral. Sirup ini sangat baik untuk kesehatan dan asupan gizi untuk tubuh kita


Sirup Jeruk kunci ini memiliki 2 varian rasa yaitu sirup Kunci Original dan Sirup Kunci Hamoi. Karena sudah nyobain waktu di Sinar Laut Ayung BB, aku langsung memesan 3 botol untuk di bawa pulang ke Jakarta. Khan asyik bisa diminum di Jakarta, sebagai obat rindu sama belitung eaaaa

Tapi setelah sampai Jakarta ternyata saya kurang juga padahal udah pesen 3. Sampai Jakarta masih pesen lagi sampai 6 untuk keluarga di Jogja, pasti mereka sukak. Untuk menikmati Jeruk Kunci Picniq ini aku biasanya menikmati dengan air hangat, untuk tenggorokan sakit pas banget. Bikin legaaa seketika

Kalau lagi di Belitung banyak di Jual di Toko Oleh-oleh kok atau restaurant di Belitung. Nah kalau pengen nyobain nikmatnya langsung saja pesen. Kita bisa pesen ke nomor 08174888859 (Kwan Monica), kalau di Jakarta bisa dikirim kok. Khan asyik tuch

2. Ketam & Capit Isi
Ketam Isi
Nah kalau ini adalah seafood. Tau gak sich belitung itu kaya banget masalah kuliner lautnya. Seafood itu hobbyku banget, suka sama udang, kepiting dan aneka ikan lautnya. Kalau kalian suka seafood apa?

Buat aku paling suka itu kepiting, kalau ke Jogja aku sering meluangkan waktu buat ke Pantai Depok. Pantai depok memiliki Tempat Pelelangan Ikan (TPI), nah di TPI ini aku biasa pesan kepiting bareng suami. Kalau sama suami kita sama-sama hobby kepiting, sampai habis 2 kg berdua, pokoknya enak banget ini mah surga banget

Capit Isi
Nah kali ini di Belitung aku nemu Ketam Isi, ini adalah olahan dari kepiting asli. Daging di kepiting semua di keluarkan dipisahkan dengan cangkangnya, lalu canggang kepala kepiting dipisah nanti digunakan untuk tempat meletakkan daging kepitingnya.

Daging kepiting yang sudah siap diletakkan di cangkang, diberi balutan telur supaya melekat antara daging kepitingnya. Digoreng dan di sajikan selagi panas enak banget. Nah ini dibuat oleh Wijaya Crab.

Pempek Cumi
Selain ada ketam isi ini juga ada capit isi dan pempek cumi. Capit isi ini isinya juga daging kepiting tetapi dicampur aneka seafood lainnya. Gak kalah enak dengan ketam, capit isi ini juga enak banget hanya kepitingnya tidak terlalu banyak. Supaya buat yang gak terlalu suka dengan kepiting tetap bisa menikmatinya

Nah lain lagi ada pempek cumi, selama ini khan taunya kita pempek ikan yang banyak di kenal di Sumatra apalagi Palembang. Nah kali ini kita mengenal pempek cumi ala Wijaya Crab, rasanya enak banget meski dari cumi. Cocolan sambelnya bikin aku meleleh banget.

Dimsum
Nah kalian penasaran gak sama harganya? Untuk satu bungkus ketam isi 90.000 ukuran L (large) harganya Rp 80.ooo/10 biji, sedangkan ukuran M (medium) harganya Rp 70.000/10 biji. Sementara capit isi harganya Rp 90.000/10 biji, pempek cumi harganya Rp 90.000/10 biji, dan dimsum kepiting harganya Rp 80.000/10 biji.

Tertarik buat mencicipi produk dari Wijaya Crab? Kamu bisa pesan dan hubungi langsung Ko Hirun (Ahao) di nomer hape 081379688988 atau hubungi via instagram @wijayacrab.belitung. Kalau luar kota belum banyak yang bisa kecuali Jakarta, Kalau di Jakarta kalian bisa pesen minimal 3kg ya. Ongkirnya murah banget kok per kg nya cuma 15.000 aja udah dianter sampau depan rumah.

Nah ini semua adalah oleh-oleh yang kemarin aku bawa ke Jakarta. Asli ini adalah oleh-oleh wajib yang ada di Belitung, harus nyobain supaya gak kebayang mimpi. AKu aja sampai sekarang pengen lagi, kalau sirup masih ada stock tapi ketamnya haduhhh pengen pesen. Kalau udah ada waktu pass mau pesen ah. Di jamin nagihh
Kami saat Menikmati Ketam Isi by Dewi
Top of Form
Bottom of Form
Top of FormBottom of Form

18 comments:

  1. Duuhhh meleleh liur liat foto2nya. Jadi pengen pesen semua deh, secara semuanya aq suka #lap_iler

    ReplyDelete
  2. Uwaaaaaaa aku pengen ketamnyaaaaa... Pengen nyobaaa
    Duh laaaah, mahal2 ya mbak, tapi sebanding sih sama yang disajikan. Jadi pengen euy. Pengen ke Belitung dan nyobain juga


    Aku juga pengen dimsumnya
    Duh laaah

    ReplyDelete
  3. Glek! Bacanya bikin mulut berair, Mbak ... hihihi
    Rasanya semua ingin dicobain, terutama ketam isinya. Kebayang aja, olahan daging kepiting di dalamnya pasti enaaak...

    ReplyDelete
  4. Duh! Ketam ini bikin aku ngiler. Pasti sambelnya pedes pedes manis gurih nyoi! Sirup jeruk kunci juga ada di Pontianak pasti pas banget tuh ama yang gurih gurih. Perlu nasi panas ngga?

    ReplyDelete
  5. netes ini netes

    ngiler

    aku mau ketamnya, kok dalam bayanganku itu ketam yummy banget deh, crispy-crispy gitu

    ReplyDelete
  6. Itu olahan seafoodnya enak banget ya ampun 😫 liat fotonya aja sudah ngiler... Duh dicemil-cemil saat malam itu pas banget ih...
    Sirup jeruknya enak juga ya mbak? Tidak begitu maniskan? Aihhhh kapan ya bisa jalan-jalan ke Belitung.

    ReplyDelete
  7. aku penasaran dengan syrup kunci, soalnya aku suka banget dengan rasa asam-asam jeruk gitu, say. kalau ketam aku alergi seafood, walhasil enggak mau penasaran karena enggak bisa makan, hehehe

    ReplyDelete
  8. Hahhahaha kak, lengkap yaaa, kalo bw ke blog ini pasti bahasnya belitung. Setiap perjalanannya selalu ada cerita ya kak.

    ReplyDelete
  9. Bentar, itu cangkang ketamnya bs dimakan dong?! Kebayang krispinya deh!

    Naksir juga sama Picniq. Aku suka banget sama berbagai jenis jeruk

    ReplyDelete
  10. Pengen nyobsin ketamnya dong mba Rian, kayaknya enak bgt. makan-makan sambil jalan2, ya allah enak bgt ya. haha

    ReplyDelete
  11. Duh, seafoodnya bikin ngiler banget, Mbak. Kepiting itu emang nikmat banget sih, dagingnya empuk plus ngisep2 cangkangnya yg berbalut bumbu. Slurp... hemm.. eh tapi ini dibikin beda ya cara masaknya. Kayaknya ya enak bangetsss :)

    ReplyDelete
  12. Saya ga terlalu suka sea food mbak, jadi untuk kali ini makanannya gak bikin jd lapar mata kecuali sirup picniq nya kayaknya enak.

    Saya pernah ke sea food diajak temen, waktu pesen, liat makanannya suka ingin tuan krab hehegeheheg

    ReplyDelete
  13. Hari ini Bw, nemu tulisan ttg kepiting dua kali. Makin ngilerrrrrr. 😭😭😭

    Wohhhh, kepiting 2 kg dihabisin berdua sm mas Thomi? Itu doyan apa rakus sih? 😂😂😂😂😂

    ReplyDelete
  14. Kayaknya enak yaaa kak, syeger2. Aku pengiiinnn sampe ngilerrrrrr

    ReplyDelete
  15. Ohh iya baru ingat di serial kartun malaysia, kepiting juga di sebut ketam. Ternyata di sumatra juga ketam ya. Mba.. Kayanya di paragraf awal ada beberapa typo ya. Hehe

    ReplyDelete
  16. Senangnya bisa se-hobi dengan suami...
    Tapi memang suami-istri pasti ada 1 hal yang bikin "klik" banget yaa..

    Kalau aku sama suamiku, sama-sama hobi nonton.
    Bedanya, aku picky.
    kalo suami, semua dijabanin.

    Termasuk kuliner.
    Btw, namanya picnic persis kaya merk dodol kesukaan Ibuku.
    Ngliatnya aja uda pingin neggak...seggeerr ba=iyanget pasti yaa, mba Barbie?

    ReplyDelete
  17. y allah enak banget kayaknya, apalagi kalo dicocol kuah aoa atau saos apa gitu ya. Sayang Jogja belum bisa nih

    ReplyDelete
  18. Belitung ya tempat pantai yang bagus. Mau kesana tetapi gak tau kapan karena belum ada uangnya hehe. :D

    Btw, bisa minta oleh-olehnya gak? Kayaknya enak, tuh. :D

    ReplyDelete