Kuliner Wisata

Progo Rafting jadi Pilihan Raftingku

Rafting kini menjadi ajang olah raga yang digemari oleh banyak orang, olah raga ini memang menguras banyak tenaga tetapi sangat menyenangkan. Bermain air sendiri merupakan hal yang menyenangkan bagi banyak orang. Kali ini saya berkesempatan bermain di Progo Rafting bersama teman-teman Blogger Magelang dan Blogger Jogja, kami bersamaan menikmati indahnya Sungai Progo. Sungai Progo merupakan salah satu sungai yang memiliki daya tarik tersendiri untuk rafting, tapi untuk pemula disarankan di Progo Atas.

Sungai Progo atas terletak di Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Jawa Tengah. Sungai Progo Atas memiliki jarak tempuh bila anda dari kota Jogjakarta adalah sekitar 50 menit. Jeram-jeram yang dimiliki oleh sungai progo atas adalah jeram-jeram yang mempunyai kelas III sampai dengan III+, Sungai progo atas mempunyai jarak 12 kilometer, dengan waktu untuk melakukan wisata arung jeram sekitar 2,5 jam sampai dengan 3 jam.

Langkah-Langkah Rafting :

1. Gunakan Baju yang Santai dan Nyaman
Untuk ibu-ibu dan remaja diharapkan menggunakan baju yang nyaman dan lentur agar memudahkan saat bermain air, jika kita menggunakan baju yang ribet ditakutkan mengganggu aktivitas kita sendiri.

2. Kacamata diberi Tali
Jika kita menggunakan kaca mata sebaiknya diberi tali atau minta tali kepada petugas, karena arus yang deras dapat membuat kacamata hanyut bila tidak ditali

3. Menggunakan Alat Rafting
Sebelum Rafting kita akan dibagi satu-persatu helm dan Pelampung, kegunaan helm agar saat kita jatuh ke air kepala kita tidak terantuk batu sedangkan pelampung untuk membantu kita saat berenang di air atau terbawa arus sehingga tidak tenggelam.

4. Briefing
Sebelum kita menikmati aliran ini, kita kumpul dulu untuk briefing apa yang perlu dilakukan. Briefing ini kami diberi arahan untuk aba2 dayung mau, dayung mundur, stop dan paling penting adalah cara memegang dayung, informasi ini sangat berguna saat disungai nanti.

Usai Briefing kami langsung menuju kapal masing-masing dan kali ini saya mendapat pemandu Mas Deni, kami dalam 1 kapal ber5 yaitu Pak Nuzulul, Ian, Saya, Aji dan Koko ditambah Mas Deni pendampingnya. Kelompok kami mulai melakukan perjalanan dan melewati banyak arum jeram, di Sungai Progo Atas ini jeram yang ada yaitu Jeram kelas 3, jeram yang biasa digunakan untuk wisatawan dan aman untuk anak-anak. Perjalanan sangat mengasyikkan dengan aba-aba dari Mas Deni, kadang saat di jeram kami di aba-aba stop tetapi jika terkena batu ada dayung maju maupun dayung mundur. Perjalanan dimulai kami mulai mendayung dengan dayung maju dan dayung mundur, kadang kapal kami terkena batu dan kami diberi aba-aba untuk mau atau mundur agar kapal kembali ke jalan.

Perjalanan menyenangkan dengan sesekali memberi cipratan air kepada teman-teman yang ada di kapal lain. Wah menyenangkan bermain bersama, mas Dani dengan sabar pun selalu menemani kami saat rafting ini. Separuh perjalanan kami berhenti sebentar untuk beristirahat, sambil menikmati istirahat kita ditawari oleh staff progo rafting untuk foto lompat sambil di foto. Bergantian kami semua satu-satunya lompat untuk menikmati sensansi dasyatnya sungai progo, bagian saya lompat sempat takut (emang aslinya takut ketinggian) saya akhirnya berhasil lompat sambil ketakutan tapi menyenangkan. Horeeee saya bahagia akhirnya berhasil lompat, horeeeeeee! Setelah lompat kami mulai kembali ke kapal untuk foto action membalikkan kapal, semua satu persatu kapal kami mendapat urutan ke 3. Tapi diluar dugaan untuk kapal kami sebelum membalikkan semua diminta pindah ke bagian kiri belum sampai pindah kapal sudah terbalik hahahaha. Semua tertawa akibat kebebanan body hahahahahaha. Tapi akhirnya diulang karena kepentingan dokumentasi, semua team tertawa termasuk Mas Dani karena belum ditarik eh kapal sudah berbalik.

Keceriaan Selama Rafting

Setelah semua berbalik kita melanjutkan perjalanan dan menikmati sensasi jeram yang ada di Sungai Progo, rafting ini berjalan cukup lama tetapi tak terasa karena asyiknya. Dibeberapa jeram kadang kami terkena batu kadang terhuyung maju menyenangkan dan mengasyikkan, sensasi jeram yang ada asyik banget sampai kami terbahak-bahak karena asyiknya. Setelah beberapa waktu akhirnya kita sampai finish jeram ini, kami diminta keatas berjalan sebentar. Wah bahagia seperti menemukan air dipadang gurung, diatas sudah disediakan 1 buah kelapa untuk masing-masing ditambah 1 paket snach berisi 3 makanan camilan wah lezaaaattt. Sambil dingin-dingin menikmati makanan kami sesekali ngobrol dan saling membully satu sama lain. Usai menikmani kelapa dan snack kami naik ke angkot untuk kembali  ke Hotel Puri Asri.

Sampai Hotel satu persatu kami mandi dan membereskan semua perlengkapan kami. Sebelum rangkaian selesai kami menikmati nasi yang telah di sediakan oleh pembuat acara, wah membuat kami semakin semangat. Usai makan kami pun bersiap untuk pulang.

Progo Rafting sangat menyenangkan dan pelayanan yang ramah membuat saya sangat terkesan bisa menikmati rafting bersama mereka. Tempat yang nyaman di Hotel Puri Asri membuat kesan tersendiri, karena suasana pedesaan yang sejuk dan segar. Jika membawa anak-anak kita bisa menikmati halaman yang luas dan menyenangkan, bahkan ada permainan catur yang sebesar anak-anak. Pokoknya asyik dan menyenangkan, anak-anak diatas 7tahun bisa ikut juga rafting.

ARUNG JERAM PROGO ATAS

IDR 175.K/orang
Usia 7 Thn +
Kelas Wisata Pemula
Grade III ( AWA Scale ) 9Km / 2Jam
Minimal 4 orang

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Progo Rafting jadi Pilihan Raftingku"

1. Seruuu
    Jd pingin rafting lagiii
    Zaman dulu kala pernah rafting di Citarik Sukabumi.
    Ini kok terhitung murah yaa

2. Wah seru banget ya gan :D
    ane seumur umur belum pernah sekalipun maen ky ginian. Pernah sih maennya di kali pakai batang pohon pisang. wkwkw

3. Aku baruuu aja nyoba rafting di elo, lumayan nagih juga. Rencana nanti mau rafting di progo juga. Nunggu bulan april aja, udah gak musim hujan ya

ReplyDelete
  4. arusnya keren ya mba. yang begini nih baru seru buat rafting... ihirr.. makasih mba infonya.. kapan2 semoga sampai ke sana

5. Rafting rame2 pastinya lebih seru.. Tapi cuma 9 km ya... Ngga kurang panjang tracknya mba...

6. jadi pengin ngguyur pake dayung lagii .. wahaha

7. Seru banget raftingan rame-rame. Duuuh jadi pingin rafting deh

8. Pastinya seru kalau rafting rame bareng temen2, semoga kedepannya bisa raftingan bareng.