Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Tahapan Tekstur Makanan MPASI Buah Hati Berdasarkan Usia




Mengenalkan makanan pada bayi pada saat usia 6 bulan itu tidak bisa sembarangan, mengingat sistem pencernaan anak yang belum begitu sempurna layaknya orang dewasa. Satu yang paling penting untuk diperhatikan adalah tekstur dari makanan MPASI pertama untuk bayi yang tepat. Anda bisa memulai pertama kalinya dari jenis makanan dengan tekstur cair atau lembut, kemudian meningkat lagi lebih padat dan semakin padat sesuai dengan perkembangan usia. Jika hal sederhana ini tidak dipahami para ibu dengan baik pasti akan mengalami banyak masalah pada pencernaan.

Umur bayi memang menjadi patokan yang penting untuk memberikan MPASI tetapi Anda juga perlu mengenali beberapa tanda secara nyata. Misalnya saja perubahan pola seperti kepala lebih tegak, badan lebih seimbang, lidah sudah mulai kehilangan reflexs dan masih banyak lagi lainnya. Nah, setelah siap berikut ini tahapan tekstur makanan yang perlu Anda ketahui setiap usianya yaitu:

  1. Usia 6-9 bulan.
Untuk usia ini Anda sudah bisa memberikan jenis makanan yang dilumatkan secara baik seperti buah, sayur ataupun daging-dagingan. Bisa dihaluskan tetapi mengutamakan tekstur yang lebih meningkat. Untuk frekuensi pemberian makanan sampai pada tahap 2-3 kali makan, tetapi tetap perlu diperhatikan.

  1. Usia 9-12 bulan.
Sebelum ulang tahun pertama seorang anak sudah bisa mengkonsumsi layaknya orang dewasa, tetapi tetap perlu untuk dipotong kecil. Bagian rahang yang telah stabil bisa mengunyah makanan kasar dan siap untuk diajak makan bersama keluarga.

Nah, diatas merupakan hal yang penting sekali untuk diperhatikan ketika membuat menu MPASI pertama bayi secara bertahap. Yang paling utama tetap perhatikan kandungan pada makanan yang akan dikonsumsi oleh bayi. Misalnya dari karbohidrat, protein nabati, protein hewani dan masih banyak jenis nutrisi lainnya. Pastikan semuanya sesuai dengan apa yang telah dibutuhkan oleh tubuh bayi dan tidak terlepas dari patokan usia. Hindari segala hal yang berlebihan dan cukup membahayakan bagi buah hati seperti kandungan gula ataupun yang manis-manis. Sekian, semoga dapat memberikan manfaat atas sedikit ulasan tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahapan Tekstur Makanan MPASI Buah Hati Berdasarkan Usia"

Post a Comment