Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Jajan Pasar Nikmat dan Murah

sumber creativedirectorjob.com
Kekayaan kuliner di Indonesia memang seakan tidak ada habisnya. Bukan hanya makanan berat yang tersedia, namun kue-kue yang unik dan enak juga tersedia di negara ini. beberapa mampu bertahan, beberapa lainnya harus rela tergeser dengan kue-kue modern yang datang karena efek globalisasi. Di perkotaan biasanya kue-kue tradisional ini banyak ditemukan di pasar -pasar dalam bentuk jajanan dengan harga yang sangat terjangkau.

Meski berstatus kue tradisonal bukan berarti rasa dari kue-kue ini tidak enak, beberapa bahkan diakui sebagai kue yang lebih enak dari kue-kue modern yang ada saat ini. Beberapa pembuat kue bahkan membuat inovasi dari kue-kue tradisonal tersebut agar tetap bisa bersaing di era globalisasi ini. kue-kue tradisional juga terbilang cukup mudah dibuat, bagi kalian yang tertarik berikut beberapa rekomendasi jajanan pasar yang mudah dibuat sendiri di rumah:

sumber suara.com
1. Klepon 
Kue satu ini terbuat dari bahan dasar tepung beras. Kue hijau bulat dengan taburan parutan kelapa ini lumayan mudah untuk dibuat. Bahan dasarnya pun relatif mudah didapatkan seperti tepung beras, gula merah, dan kelapa parut yang banyak terdapat di pasar dengan harga yang cukup murah. Kalian juga bisa berinovasi dengan menambahkan campuran ubi ungu atau bahan lainnya yang sesuai.

sumber selerasa.com
2. Kue cubit
Kue cubit merupakan salah satu kue peninggalan jepang yang masih eksis keberadaannya hingga saat ini. cara membuat kue cubit relatif hampir sama dengan cara membuta kue pukis, hanya denga cetakan dan beberapa campuran yang berbeda. Resep kue cubit dapat kalian temukan dengan mudah di internet, cara membuat kue ini tidak terlalu sulit. Kalian juga bisa membuat berbagai inovasi dengan resep kue cubit ini dengan memberikan campuran berbagai toping atau warna agar lebih menarik. Selain mudah dibuat, bahan kue cubit juga relatif mudah untuk didapatkan.

sumber dapur kobe
3. Nagasari
Kue yang terbuat dari tepung beras ini juga cukup simple untuk dibuat. Kue Nagasari merupakan kue yang terbuat dari tepung beras putih, dengan isian potongan pisang. Kue nagasari biasanya dibungkus dengan daun pisang yang sudah tua untuk menambah cita rasa unik dari kue ini. bahan dasar untuk membuat kue ini tidak terlalu sulit untuk didapatkan. Kalian hanya perlu menyediakan tepung beras, pisang yang dikukus serta daun pisang untuk membungkus kue.

sumber selerasa.com
4. Kue pukis
Kue pukis sekilas memiliki bentuk seperti kue pancong. Hanya saja kue pukis memiliki toping yang lebih beraneka ragam dengan bahan yang juga sedikit berbeda dengan kue pancong. Untuk membuat kue tradisional ini kalian hanya membutuhkan tepung dan ragi sebagai bahan utama. Sementara toping kue pukis bisa kalian sesuaikan menurut selera masing-masing.

sumber selerasa.com
5. Kue lumpur
Yang terakhir di daftar ini adalah kue lumpur. Meski namanya cukup menjijikkan, namun rasa dari kue ii lumayan bisa bersaing dengan kue tradisional lain nya. selain cukup enak, kue satu ini juga mengenyangkan karena menggunakan kentang sebagai bahan dasar nya. untuk membuat kue ini, kalian membutuhkan kentang yang sudah di kukus dan dihaluskan sebagai bahan dasar ditambah beberapa bahan kue pada umumnya, kalian juga bisa menambahkan kismis atau cokelat sebagai toping pada makanan ini

Demikian beberapa rekomendasi jajanan pasar yang mudah dibuat di rumah masing-masing. Untuk resep detail dari kue-kue di atas, kalian tinggal mencari nya di internet atau bertanya ke orang yang sudah biasa membuat kue ini.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Jajan Pasar Nikmat dan Murah"

  1. jadi ngiler liat foto foto kulinernya

    tapi yang buat penasaran kue lumpur itu, apakah mirip kue bika yaa
    kelihatannya teksturnya lembut

    ReplyDelete