Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Pentingnya Cara Mengatur Manajemen Keuangan Saat Pandemi


Sampai jelang akhir 2021 ini, situasi pandemi di Indonesia masih berlangsung meskipun dalam tahap terkendali. Pandemi yang berlangsung selama dua tahun terakhir memberikan pembelajaran kepada semua orang untuk lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan. Segala risiko ekonomi bisa terjadi kapan saja sehingga Anda harus mengatur manajemen keuangan dengan baik, salah satunya memiliki asuransi Prudential Indonesia.

5 Kiat Mengatur Keuangan agar Punya Masa Depan Cerah

Supaya Anda bisa memiliki masa depan lebih cerah meskipun pandemi menghantam pemasukan dan pengeluaran bertambah besar, maka simak 5 kiat mengatur keuangan lebih baik berikut :

1. Mencatat pendapatan tetap dan tidak tetap

Pastikan Anda selalu mencatat pendapatan tetap bila status Anda sebagai karyawan tetap atau ASN. Jika Anda bekerja sebagai freelancer atau pekerjaan tidak tetap lain, maka buat rata-rata pemasukan bulanan yang rutin. Bila penghasilan tetap tidak mampu mengkover seluruh pengeluaran bulanan, ada baiknya Anda mempertimbangkan bisnis atau melakukan pekerjaan sampingan yang bisa memberikan pemasukan tambahan.

2. Membagi pos pengeluaran lebih baik

Bagi pos pengeluaran bulanan Anda ke dalam tiga hal yaitu pengeluaran primer, sekunder dan tersier. Sebaiknya Anda memilah mana pengeluaran yang masuk ke dalam pos primer, alih-alih pengeluaran sebatas memenuhi keinginan Anda pada barang yang tidak begitu dibutuhkan pada masa pandemi ini, misalnya barang mewah atau produk branded lain. 

3. Memotong pos pengeluaran yang kurang penting

Pos pengeluaran yang tidak begitu vital bisa Anda potong anggaran guna menekan pengeluaran bulanan yang lebih besar. Misalnya Anda punya pos pengeluaran untuk piknik dan hiburan yang bisa dialihkan pada kebutuhan pokok yang meningkat selama pembatasan aktivitas di luar ruangan kali ini. Pengeluaran yang tidak begitu penting selama pandemi bisa Anda gunakan untuk membeli produk kesehatan seperti masker, hand sanitizer, produk desinfektan, obat-obatan, suplemen, dan lain-lain.

4. Membayar tagihan-tagihan lebih dulu

Jangan lupa untuk selalu mengutamakan pembayaran tagihan-tagihan lebih dulu setiap Anda menerima gaji bulanan. Anda harus memastikan tagihan besar hingga tagihan kecil lunas, misalnya biaya sewa rumah, biaya listrik dan air, biaya pembayaran WiFi, kartu kredit, dan lain-lain. Bila tagihan tidak segera Anda bayar tepat waktu, maka risiko Anda membayar lebih besar untuk denda keterlambatan bisa membuat pengeluaran semakin besar.

5. Membuat prosentase tetap untuk tabungan dan investasi

Setiap Anda membuat rincian pengeluaran bulanan, ada baiknya membuat prosentase dana untuk tabungan dan investasi lebih dulu. Jangan menunggu ada sisa uang untuk menabung, tapi sisihkan sejak awal menerima gaji bulanan. Hal ini penting sekali dalam mengatur finansial Anda agar tidak terjebak kebutuhan-kebutuhan era millenial semata. Jangan sampai Anda tergiur belanja atau kebutuhan lain yang tidak penting tanpa mengalokasikan dana untuk dana darurat hingga tabungan pensiun. 

Pastikan Anda membuat prosentase 10-20 persen dari nilai gaji yang dialokasikan untuk tabungan, investasi hingga asuransi. Penting sekali memiliki asuransi yang bisa mengkover risiko tidak terduga selama pandemi berlangsung, misalnya asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Bila Anda memiliki asuransi Prudential Indonesia sejak awal, maka hidup bisa lebih tenang dan damai yang berdampak pada peningkatan produktivitas harian Anda. 



Daftarkan Diri Anda pada FIN EXPO BIK 2021, Yuk!

Anda bisa segera mendaftarkan diri Anda pada FIN EXPO BIK 2021 yang dilangsungkan secara virtual pada tahun ini. Peserta yang sudah memverifikasi pendaftaran lewat website resmi BIK 2021 akan mendapatkan kesempatan edukasi tentang keuangan, misalnya informasi mengenai produk keuangan dari berbagai layanan keuangan yang kredibel di Indonesia, kemudahan pengajuan kredit atau pembiayaan dan masih banyak informasi keuangan menarik lain.

Salah satu layanan keuangan yang wajib Anda pelajari dan miliki sekarang adalah asuransi. Pasalnya, asuransi memiliki manfaat dalam melindungi keuangan Anda, termasuk risiko kebangkrutan dari penjualan aset untuk kebutuhan keuangan tidak terduga. Anda yang tidak punya asuransi kesehatan hingga asuransi jiwa harus mempelajari keuntungan yang ditawarkan layanan asuransi ini. 

Salah satu booth asuransi yang bisa Anda kunjungi selama pameran virtual BIK EXPO 2021 mulai tanggal 18 Oktober-2 November 2021 adalah Prudential Indonesia. Prudential telah terdaftar sebagai anggota AAJI atau Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia yang menawarkan ragam kegiatan menarik selama Bulan Inklusi Keuangan (BIK) ini. Berikut beberapa penawaran menarik yang harus Anda kunjungi di booth Prudential di pameran virtual FIN EXPO BIK 2021 yaitu :

- Promo penjualan produk

Merupakan penawaran menarik yang harus Anda manfaatkan sebab ada banyak promo atau program asuransi yang bisa Anda miliki. Misalnya Anda bisa memilih Asuransi Jiwa Syariah PRUCinta atau Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah. Anda yang kesulitan mengatur finansial bulanan untuk pembayaran tagihan premi per bulan, bisa memilih PRUCinta yang terjangkau dengan penawaran premi mulai 100 ribu rupiah per bulan. Keren, bukan?

- Webinar Edukasi Keuangan 

Merupakan ulasan menarik seputar tips dan trik keuangan yang diberikan oleh Merry Riana sebagai tambahan wawasan Anda. Mau memiliki polis asuransi jiwa yang tepat, maka Anda bisa mendapatkan edukasi kiat memilih polis asuransi terpercaya lewat webinar ini.

- Pameran Jasa Keuangan

Pameran jasa keuangan yang bisa dipertimbangkan generasi millenial untuk aktif memiliki asuransi sekaligus investasi yang menguntungkan masa depan. 

- Doorprize

Doorprize berupa hadiah hingga cashback bebas biaya premi atau kontribusi selama dua bulan pertama, kenapa tidak? Anda yang belum punya polis asuransi di Prudential, maka bisa mendapatkan kesempatan cashback menarik untuk polis baru sampai tanggal 31 Oktober 2021 ini. 

Berdasarkan informasi menarik tentang asuransi di FIN EXPO BIK 2021, maka segera daftarkan diri Anda sebagai peserta yang bisa mengakses booth virtual Prudential Indonesia secara gratis. Informasi dan edukasi keuangan bisa membantu Anda merencanakan finansial lebih mapan kelak. Yuk, segera kunjungi FIN EXPO BIK 2021 dan dapatkan informasi registrasi peserta Prudential lewat link https://www.finexpo-bik2021.id/virtual-expo-show/4IpfUPUE9w7MWbTsqRjS8A%253D%253D berikut ! 



Subscribe to receive free email updates:

29 Responses to "Pentingnya Cara Mengatur Manajemen Keuangan Saat Pandemi"

  1. Dengan adanya virtual bazaar - jadi ngerti beberapa pesan penting dalam dunia ekonomi ini : which is : invest - grow fast and protection!

    ReplyDelete
  2. mantap ini, virtual bazar bikin lebih mudah. Gak pakai ribet kalau harus pengen tau lebih banyak mengenai booth nya

    ReplyDelete
  3. Acaranya pasti seru nih, selain edukatif, ternyata ada doorprizenya juga ya mba, lumayan sih utk happy2 😁

    ReplyDelete
  4. 5 tipsnya bagus nih, asal konsisten diterapkan pengaturan keuangan pribadi akan lbh gampang...

    ReplyDelete
  5. Cocok nih tips2nya, membayar tagihan dan kewajiban sesuai yg kuterapkan di keuangan keluarga yg kukelola.

    ReplyDelete
  6. Mantap nih 5 tips tadi, bermanfaat banget. Memang butuh konsistensi dan pengendalian diri yang kuat untuk menerapkan tips2nya, ya.
    Btw info mengenai virtual expo cukup menarik, nih. Jadi tidak perlu capek berkeliling jika ingin cari informasi.
    Makasih infonya, menarik dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. Kyaaa udah berakhir ya tapi makasih tips dan sharingnya mba rian. Meski ga ikutan tapi hepi tetep dapet informasinya.

    ReplyDelete
  8. Tipsnya mantap nih, managemen keuangan jadi selfcontrol ya.
    Syaratnya, disiplin pada diri sendiri untuk konsisten.

    ReplyDelete
  9. Iya nih, Mbak. Pandemi masih terus berlangsung. Harga meroket semua, padahal saya freelance hehehe.
    Tapi tetap terus semangat, karena selama berusaha, akan selalu ada rezeki. Makanya, saya pun selalu mencatat setiap pemasukan saya. Terus per bulan saya total berapa. Itulah yang akan dibagi dan digunakan untuk bulan depan. Pastinya sekaarang lebih mengutamakan kebutuhan,bukan keinginan.

    ReplyDelete
  10. Pandemi emang dahsyat ya pengaruhnya, terutama perekonomian. Meskipun suamiku nggak kena pemutusan kerja, tapi ngalamin selama 3 bulan ga gajian itu pusing juga puter uangnya. Poin-poin yang disebutin di atas soal menejemen keuangan bener semua, sekarang aku mulai melek investasi lewat nabung emas.

    ReplyDelete
  11. Bener banget mbak, semenjak pandemi yaampun keuangan sempat acakadul. Beryukur akhir-akhir ini mulai membaik, tapi bukan berarti bisa bersantai ya mbak. Manajemen keuangan sangat penting meskipun pandemi sudah berakhir.

    ReplyDelete
  12. Emang dah akh klo bisa atur keuangan ya pun sikon kayak gini ya tetap lah ya aman. Dalam arti pos pos tetap terjaga. Alhamdulillah dicukupkan juga rejeki. Noted mba buat tipsnya ��

    ReplyDelete
  13. Memang ya di masa-masa sulit kudu pinter-pinter buat mengelola keuangan ya mbak. Apalagi makin sadar juga pentingnya tabungan buat jaga-jaga gitu. Aku juga selalu mengutamakan membayar tagihan-tagihan dulu. Kayak kalo yg utamanya udah terpenuhi berasa lebih tenang aja.
    Terus juga investasi juga gak kalah penting. Aku masih nyari-nyari mana yang terbaik nih, mbak.

    ReplyDelete
  14. Jadi 10-20 persen gaji, ya. Kayaknya suamiku sudah menerapkan ini. Semoga kita semua makin sehat finansialnya, ya

    ReplyDelete
  15. memotong pengeluaran buat hal yg nggak penting ini masih PR banget nih buatku. memang pandemi gini makin banyak orang melek literasi ya, dengan iknlusi ini semoga makin banyak yg terdukasi ya mbak

    ReplyDelete
  16. Keren sih inii ada virtualexpo soal finance jadi pengin ikutan juga nihh mbaa. huhu masih bisa diakses ngga sih hehe

    ReplyDelete
  17. Tipsnya manfaat banget Berb, kayaknyakudu kucoba. Selama ini managemen keuanganku masih amburadul nih. Makasih sharingnya yaa

    ReplyDelete
  18. Tips yang harus diterapkan banget dalam mengelola keuangan ini. Agar hidup lebih tenang dan punya persiapan alias jaga2 juga utk kondisi yg kurang diinginkan. Banyak ilmunya ikut Fin Expo BIK ya.

    ReplyDelete
  19. Mengelola keuangan ilmunya sudah seharusnya dikuasai par istri selalu menteri keuangan rumah tangga ya. Ikut acara pameran virtualnya seru ya. Di rumah saja tapi bisa nambah ilmu

    ReplyDelete
  20. wah iya, emang saat pandemi harus lebih bisa bijak atur keuangan ya mbak
    ikutan FIN EXPO BIK ini bisa menambah pengetahuan kita dalam mengatur keuangan

    ReplyDelete
  21. Literasi keuangan dengan FINExpo ini sangat membantu biar pengetahuan tentang finansial makin mantap lagi buat kita, apalagi dalam cerdas berasuransi ya

    ReplyDelete
  22. Virtual Expo memudahkan acara berkunjung dan belajar tentang literasi keuangan. Biasanya saya paling malas datang ke expo karena suka gak fokus kalau sudah lihat ada banyak booth. Tapi dengan event virtual begini saya malah jadi lebih nyaman karena bisa fokus menyerap informasi pada booth yang ingin saya kunjungi seperti booth Prudential

    ReplyDelete
  23. Wah keren ya ada pameran jasa keuangan. Jadi makin melek finansial dong ya mb. Apalagi ada doorprize nya makin mupeng pingin ikutan hihi

    ReplyDelete
  24. saya ikutan virtual exponya ekamrin, wah seru sih banyak ilmu yang didapat apalagi saya masih baru belajar tentang finasial

    ReplyDelete
  25. relate banget :')
    aku lagi mulai konsisten ngelakuin yang nomor satu. ternyata setelah dicatet, pengeluaran kecil kecil pum bikin terkejut kejut. ampe pusing 😂

    ReplyDelete
  26. Masa pandemi menjadi masa yang berat untuk kita semua yang menjalaninya yaa...
    Tapi dengan ilmu literasi keuangan yang baik dan praktek yang sungguh-sungguh, semoga pandemi ini bisa kita lewati bersama dengan baik.

    ReplyDelete
  27. perlu juga sebuah asuransi karena juga merupakan invest juga
    nahh saat pandemi kayak gini kudu pinter-pinternya mengatur keuangan, setuju banget kalau habis gajian kudu bikin pos pos gitu

    ReplyDelete
  28. nice! I just would like to give a huge thumbs up for the great info you have here on this post. 토토

    ReplyDelete

Terkini