Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Pahami Cara Menghitung Keuntungan Obligasi Pemerintah atau SBN

Investasi banyak dipilih sebagai salah satu cara untuk menumbuhkan uang yang dimiliki. Obligasi Pemerintah ialah rekomendasi instrumen investasi dengan imbal balik keuntungan yang menarik yang dapat Anda pilih. 

Bagi Anda yang sedang berencana menginvestasikan uang dengan berpartisipasi dalam pembelian Obligasi Pemerintah, berikut penjelasan dan cara menghitung keuntungannya. 

Pengertian, Jenis dan Keuntungan Obligasi Pemerintah

Banyak dipilih oleh investor, lalu apa sebenarnya pengertian dari Obligasi? Jadi, Obligasi Pemerintah ialah surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah dengan tujuan agar memperoleh pendanaan. 

Tentu selain menghasilkan keuntungan, dengan membeli Obligasi Pemerintah Anda pun berpartisipasi dalam menyelamatkan keuangan negara. Akibat pandemi COVID-19 yang terjadi dalam kurun waktu cukup lama tentu mempengaruhi kondisi finansial Indonesia. 

Jenis-jenis Surat Berharga Negara (SBN) yaitu:

  • Obligasi konvensional menggunakan mata uang IDR, yaitu FR dan PBS. 
  • Obligasi ritel memakai mata uang IDR, yaitu SR dan ORI. 
  • Obligasi menggunakan mata uang USD, yaitu INDON dan INDOIS. 
  • Obligasi memakai mata uang EUR yaitu INDONEUR. 

Selain yang telah disebutkan di atas, berikut keuntungan lain yang akan didapat saat Anda berpartisipasi dalam pembelian Obligasi Pemerintah, antara lain:

  • Memberikan Keuntungan Reguler


Obligasi memungkinkan Anda memperoleh pendapatan reguler melalui pembayaran kupon yang akan dilakukan oleh penerbit Obligasi secara berkala selama periode investasi berlaku. Sebagai investor, Anda bisa melihat jumlah kupon yang akan didapat di awal pembeli Obligasi.

Dengan hasil yang dapat diprediksi, hal ini bisa Anda jadikan sumber pendapatan atau kupon bisa Anda gunakan lagi untuk membeli instrumen investasi agar keuntungan yang didapat bisa semakin besar 

  • Memberikan Potensi Capital Gain

Obligasi Pemerintah yang Anda miliki dapat dijual kapan saja sebelum jatuh tempo dan akan memberikan keuntungan saat terjadi kenaikan harga Obligasi. 

  • Kupon Kompetitif, Relatif Lebih Besar Dibanding Deposito

Surat Berharga Negara atau Obligasi akan memberikan potensi tingkat kupon yang bersifat kompetitif bahkan tidak jarang relatif lebih besar jika dibandingkan dengan bunga deposito. 

  • Tidak Terdapat Biaya Tambahan

Dalam investasi Obligasi tidak disertakan biaya tambahan, namun hanya berlaku selisih antara harga jual dan harga beli. 

  • Sebagai Diversifikasi Portofolio Investasi

Salah satu nasihat saat melakukan investasi ialah dengan tidak meletakkan uang yang dimiliki ke dalam satu jenis instrumen investasi. Nah, kehadiran Obligasi atau Surat Berharga Negara dapat Anda jadikan pilihan sebagai diversifikasi portofolio. Terlebih jika Anda juga memiliki investasi dalam bentuk saham dengan keuntungan besar namun risiko yang juga cenderung tinggi. Obligasi bisa Anda pilih karena dapat memberikan keuntungan yang lebih stabil melalui pembagian kupon. 


Cara Menghitung Keuntungan Obligasi Pemerintah


Nominal Yield ialah cara menghitung tingkat suku bunga yang memperlihatkan besarnya return yang akan didapat investor, bisa didapat dengan rumus NY = (Coupon/Nominal) x 100%

Sedangkan metode lain yaitu current yield diperoleh dengan rumus penghasilan bunga tahunan dibagi harga pasar obligasi. Current yield dihitung berdasar jumlah kupon yang diperoleh dalam kurun waktu satu tahun dari harga surat utang.

Adapun rumus yang kerap dipakai untuk menghitung keuntungan obligasi adalah Yield to Maturity (YTM) = (C+((F-P) /n)) : ((F+P) /2). Yield to Maturity digunakan untuk menghitung besarnya imbal hasil yang diperoleh investor karena tidak menjual surat utang yang dimiliki hingga masa jatuh tempo.

Rumus terakhir banyak disukai karena bisa menggambarkan imbal hasil yang diperoleh secara menyeluruh.

Keterangan:

C : coupon/kupon, pembayaran bunga obligasi setiap bulan.

F : face value atau nilai nominal obligasi.

P : price, harga yang dibayarkan untuk membeli obligasi.

n : jumlah berapa kali bunga dibayar selama jatuh tempo obligasi.

Lebih Mudah Investasi Obligasi Pemerintah di DBS Treasures

Anda bisa memperoleh beragam produk Obligasi Pemerintah di perbankan prioritas DBS Treasures melalui Aplikasi digibank by DBS dengan beragam keunggulan yang dimiliki, yaitu:

  • Semua produk Obligasi Pemerintah yang ada di DBS Treasures diterbitkan oleh pemerintah dan terjamin dalam undang-undang. 
  • DBS Treasures menyediakan beragam pilihan jenis Obligasi Pemerintah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jangka waktu yang tersedia sesuai dengan preferensi mata uang baik IDR dan USD. 
  • Pembagian kupon dilakukan secara reguler, dibayar oleh penerbit Obligasi selama dalam periode investasi, bisa tiga bulan atau enam bulan sekali. Kupon ialah sebutan bagi suku bunga atau keuntungan yang akan didapat. Hal ini bisa menjadi income tambahan atau keuntungan yang didapat diinvestasikan kembali. 
  • Menghadirkan potensi capital gain sehingga Anda bisa menjual kapan saja selama belum jatuh tempo dan memperoleh potensi keuntungan dari kenaikan harga Obligasi. 
  • Kupon kompetitif, relatif di atas rata-rata bunga tabungan dan bunga deposito. 
  • Tanpa biaya tambahan dan transaksi bisa dilakukan dalam 24/7. Artinya Anda bisa melakukan pembelian bahkan saat hari libur. Anda hanya perlu mengunduh Aplikasi digibank by DBS dan membuat Single Investor Identification (SID) bagi yang belum memiliki. Berikutnya pilih Obligasi pasar perdana (selama masih ada di dalam masa penawaran) atau Obligasi pasar sekunder. Tentukan denominasi investasi dan terakhir pilih produk sesuai dengan profil risiko, imbal hasil yang diinginkan dan jatuh temponya. 

Surat Berharga Negara atau Obligasi menjadi salah satu rekomendasi instrumen investasi yang memiliki beragam keunggulan, mulai dari aman karena dijamin pemerintah hingga bisa digunakan sebagai diversifikasi investasi. Berhubung Obligasi merupakan surat hutang, maka jika terjadi hal yang tidak diinginkan, tentu pembayaran kepada kreditur lebih diutamakan. 

Itulah cara menghitung keuntungan Obligasi Pemerintah yang bisa Anda lakukan sebagai pertimbangan sebelum menentukan jumlah pembelian. Anda bisa memperoleh berbagai jenis Obligasi dengan DBS Treasures di Aplikasi digibank by DBS agar yakin meraih beragam keuntungan yang bisa didapat. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pahami Cara Menghitung Keuntungan Obligasi Pemerintah atau SBN"

Post a Comment

Terkini