Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Keseruan Webinar FWD Bebas Berbagi : Press Play to Your Smart Fandom


Masih dalam perayaan Hari Perempuan Internasional, FWD Insurance mengadakan acara webinar yang dihadiri para perempuan hebat di Indonesia pada tanggal 9 Maret 2023 lalu. Dengan mengambil tema Press Play to Your Smart Fandom, acara yang diselenggarakan FWD Insurance untuk mendukung pengelolaan keuangan yang baik di era modern ini. Generasi millenial yang suka nonton konser atau anggota fandom tertentu, wajib banget mengetahui pentingnya pengelolaan keuangan yang sehat ditengah gempuran lifestyle modern.

Selama acara berlangsung, saya menikmati semua sesi yang dibawakan pembicara dengan apik. Pertama, ada Kak Riski Mentari, music enthusiast sekaligus owner dari @DearMicasa_Shop yang sukses membangun bisnis jastip. Kak Riski menceritakan sepak terjang ide bisnis jastip berupa merchandise K-Pop, merchandise konser dan fasilitas merchandise fandom lain berawal dari kepulangannya menonton konser BTS di Korea

Berawal dari coba-coba akhirnya Kak Riski berhasil mengembangkan bisnis jastip yang sangat menjanjikan. Tentu perjalanan bisnis jastip tidak mudah menurut Kak Riski, apalagi fenomena pandemi yang terjadi pada awal tahun 2020 membuat semua jadwal tur cancel. Kak Riski pun berpikir bagaimana cara bisnis jastip tetap jalan sehingga memutuskan untuk mengimpor produk merchandise yang disukai para fandom tanpa harus bolak-balik ke Korea. 

Untuk masalah pengelolaan keuangan sendiri, Kak Riski yang kuliah sembari mengelola bisnis jastip ini menerapkan sistem 30:20:50. Artinya 30 persen dari perencanaan keuangan untuk menonton konser, beli merchandise dan kebutuhan sekunder lain, sedangkan 20 persen untuk tabungan dan investasi serta 50 persen dari penghasilan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. 

Kak Riski juga membagikan ragam suka duka menjalani pekerjaan di bidang online shop atau bisnis jastip ini. Tentu Kak Riski harus menghadapi banyak pelanggan dengan berbagai macam karakter, wajib membalas pesan pelanggan lebih responsif dan siap bekerja kapan saja. Jenis pekerjaan yang fleksibel memberikan suka tersendiri, misalnya Kak Riski bisa mengatur waktu lebih baik. 

Bagi penggemar grup BigBang dan BTS asal Korsel ini, Kak Riski mengatakan suka menjalani bisnis jastip secara online karena bisa terus termotivasi melakukan peningkatan penjualan. Dari penghasilan ini, dia bisa mengelola keuangan lebih optimal untuk kebutuhan sebagai salah satu fans setia. Bila ada jadwal konser bulan depan, Kak Riski berupaya promosi dan pemasaran penjualan merchandise lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan beli tiket dan merchandise konser tersebut. 

FWD menawarkan program asuransi Bebas Aksi untuk pengguna yang ingin menyaksikan konser lebih aman. Seperti Kak Mentari yang menjadi pelanggan setia program FWD Insurance untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan selama melakukan perjalanan ke luar negeri demi menonton konser boyband kesayangan. 

Di sesi kedua, ada pembicara Indrawati Kawihardja selaku Head of Agency Training of FWD Insurance & Applied Neuroscience. Ternyata beliau merupakan anggota fandom Korea, salah satunya BTS, yang dipengaruhi oleh sang anak. Pembawaan beliau yang humoris membuat sesi kedua lebih hidup kali ini. 

Sebagai seorang fandom yang menyukai musik atau konser, tentu keuangan yang bagus sangat mendukung perencanaan menonton konser atau membeli merchandise dari idola tersebut. Bahkan presiden RI Joko Widodo menekankan masyarakat untuk perbanyak belanja, nonton konser dan bola demi mendongkrak perekonomian Indonesia pasca pandemi. Hal ini dikarenakan tabungan masyarakat Indonesia yang ditahan di perbankan selama pandemi lebih dari 600 triliun rupiah. 

Mbak Indrawati memberikan piramida pengelolaan keuangan yang terdiri dari wealth protection yang ada di tingkatan paling rendah berupa asuransi atau proteksi seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan lain-lain, kemudian naik tingkat wealth accumulation atau akumulasi kekayaan berupa tabungan, tabungan pendidikan, dana darurat, dan lain-lain, naik ke tingkat wealth acceleration atau kecepatan kekayaan yang berupa reksadana hingga saham yang berisiko, dan terakhir naik ke tingkat terakhir yaitu wealth distribution.

Bila semua perencanaan keuangan sudah baik mulai dari kepemilikan asuransi kesehatan, asuransi jiwa atau proteksi lain, punya tabungan dan membereskan hutang-hutang, kita bisa menikmati keuangan. Bahkan Mbak Indra mengatakan bahwa kita harus menikmati hasil atau jerih payah keuangan tersebut. Kalau dipikir-pikir memang betul, ya? Wah, kapan saya menikmati uang dalam bentuk press play atau malah terlalu fokus pada menabung alias menimbun kekayaan, nih. 

Memang benar kata Mbak Indra bahwa kemampuan menikmati adalah anugerah sebab tidak semua orang yang berhasil mengelola uang untuk tabungan dan semacamnya, bisa menikmati uang itu sendiri. Kemudian poin penting selanjutnya adalah kemampuan mengelola keuangan sendiri adalah komitmen yang wajib dipegang teguh. Kalau nggak komitmen sejak awal, jelas keuangan bakal kacau. 


Pemilihan gaya hidup sangat menentukan bagaimana mengelola uang dan hutang dengan baik. Mau hidup mewah atau sederhana bisa ditentukan dari pengelolaan yang baik. Tentu diri sendiri menentukan gaya hidup yang dipilih yang harus disesuaikan dengan pendapatan dan panggilan atau passion. 

Mbak Indra memiliki prinsip pengelolaan keuangan berupa 3S yaitu Saving, Sharing dan Spending. Selain itu, kita perlu mengelola hutang dengan baik. Hindari terlihat bergaya hidup keren, tetapi hutang konsumtif menumpuk. Apakah boleh berhutang baik atau hutang produktif? Tentu diperbolehkan selama bisa menghasilkan uang dan menutup hutang-hutang yang lain. Boleh memiliki kartu kredit, tetapi usahakan maksimal limit tiga kali dari nilai gaji bulanan saja. 

Dari sesi ini, saya juga belajar membuat pos-pos keuangan ala Mbak Indra mulai dari 10 persen untuk proteksi atau asuransi, 10 persen untuk tabungan, 10 persen untuk investasi, 10 persen untuk dana sosial, dan 60 persen untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan kepintaran memilah keuangan yang baik, kita bisa memiliki tabungan, investasi dan proteksi, tapi bisa tetap bergaya dan menikmati tujuan hidup. Mau menonton konser Blackpink yang tengah booming belakangan atau menonton konser band favorit kelak, kenapa tidak? 

FWB Bebas Berbagi, Press Play to Your Smart Fandom kali ini benar-benar seru dan bermanfaat. Miliki perlindungan keuangan kamu sekarang dengan ikut berpartisipasi memiliki proteksi asuransi lewat #FWDPressPlay, ya! Btw, sudah punya asuransi kesehatan, asuransi jiwa atau asuransi bebas aksi dari FWD Insurance belum? kalau belum bisa cek product FWD Insurance ya

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Keseruan Webinar FWD Bebas Berbagi : Press Play to Your Smart Fandom"

  1. Acara seperti ini seru banget pastinya apalagi membahas bisnis yang bisa ditekuni di era digital ini. Menarik juga cerita bisnis yang disampaikan, jadi ingin ikut acara webinar apalagi yang diadakan FWD, materi yang disampaikan mantep. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete

  2. "Attending the FWD Bebas Berbagi webinar was an exhilarating experience where I pressed play to a smart fandom journey! Engaging discussions and valuable insights shared by experts made it an enriching session, leaving me inspired and informed."||File for Divorce New York||File for Divorce in New York








    ReplyDelete
  3. "Experience the excitement of FWD's 'Bebas Berbagi' webinar: Press Play to Your Smart Fandom! Dive into engaging discussions, gain insights, and unleash your passion for fandom culture. Join us for an interactive journey where knowledge meets enthusiasm. Don't miss out on the fun – press play and elevate your fandom experience with FWD."
    motorcycle accident attorney virginia beach




    ReplyDelete
  4. Keseruan Webinar FWD Bebas Berbagi: Press Play to Your Smart Fandom" adalah tinjauan yang mengagumkan tentang acara webinar yang menarik, menawarkan wawasan tentang bagaimana menjadi penggemar yang cerdas. Artikel ini mencerminkan suasana acara tersebut dan menyajikan konten yang bermanfaat untuk para peserta. Dengan informasi yang detail dan gaya penulisan yang menghibur, tinjauan ini mengundang pembaca untuk merenungkan bagaimana mereka dapat lebih memanfaatkan pengalaman berbagi pengetahuan. contract dispute meaning

    ReplyDelete

Terkini