Kulinerwisata

Kuliner : Bakmi Kadin Jogja


Bakmi yang satu ini sudah cukup terkenal di Jogja, namanya Bakmi Kadin. Bakmi Kadin berlokasi di Jl. Bintaran Kulon No, 3 & 6 (sebelah wartel Kadin). Bakmi Kadin ini juga dikenal sebagai "Bakmi Kadin Mbah HJ. Karto/Pak Rochadi". Pendiri Bakmi Kadin adalah Mbah HJ. Karto pada tahun 1947, sedangkan penerusnya adalah Bapak Rochadi.
Dan dari zaman Presiden Soeharto, Bakmi Kadin salah satu tempat makan favorit kalau beliau sedang ke Yogyakarta. Nah di Bakmie Kadin menu makanan khas atau yang terkenalnya adalah bakmi godok (rebus) atau bakmi goreng. Yuuk kita cobain.
Di sini tersedia juga bakmi Kadin Special, bakmie menu bisa yang isinya ditambah dengan hati/ampela/sayap/kepala ayam. Bahan-bahan yang digunakan adalah mie, bawang goreng, ayam, kol, telor, tomat, daun bawang dan kekian. Enak lho...khas jawa banget hehe. Masaknya juga masih tradisional banget di Bakmi Kadin, yaitu masih menggunakan arang. Karena menurut penjualnya, menggunakan arang panas apinya pas banget.
Oh iya Terdapat juga minuman khas Bakmi Kadin, yaitu "Bajigur", bahan utama Bajigur adalah kopi, gula aren dan santan, jarang lho bajigur di jual di tempat makan. Malah saya belum pernah nemu penjual makanan dengan menu minuman bajigur.

Bakmi Kadin buka mulai jam 10 pagi, tutup sampai dengan kira-kira jam 12 malam, dalam 1 hari penjualan Bakmi Kadin bisa mencapai 500 porsi, wow cukup banyak bukan? Sedangkan pelanggan dari Bakmi kading juga banyak yang dari luar kota, antara lain; Jakarta, Surabaya, Semarang, Solo dan lain-lain. Bakmi Kadin kini telah membuka cabangnya di Jakarta  lho, tepatnya di daerah Kelapa Gading. 


Sumber : http://travel.kompas.com/read/2011/04/08/08470887/Bakmi.Kadin.Yogyakarta

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kuliner : Bakmi Kadin Jogja"

Post a Comment