Kulinerwisata

Angkringan Nganggo Suwe

Harga di Angkringan Nganggo Suwe
Angkringan adalah warung makan tenda awalnya dengan menu khas nya Nasi Kucing (Nasi dengan sayur kecil di dalamnya), angkringan tidak hanya menjajakan nasi kucing tapi juga sering menjajakan dengan lauk pauk seperti tempe, tahu, dll.

Angkringan kini sudah merambah di kota manapun dengan beberapa sebutna khas menurut kota nya. Dijogja di sebut angkringan tapi di kota lain seperti Solo biasa disebut Hik dibeberapa kalangan menyebut Hik karena alasan sering banyak orang bersendawa Haek makanya disebut warung hik, di Kota Semarang disebut Gelo-gelo.

Angkringan (berasal dari bahasa Jawa ' Angkring ' yang berarti duduk santai) adalah sebuah gerobag dorong yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang biasa terdapat di setiap pinggir ruas jalan di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Di Solo dikenal sebagai warung hik ("hidangan istimewa ala kampung") atau wedangan. Gerobag angkringan biasa ditutupi dengan kain terpal plastik dan bisa memuat sekitar 8 orang pembeli. Beroperasi mulai sore hari, ia mengandalkan penerangan tradisional yaitu senthir, dan juga dibantu oleh terangnya lampu jalan.
Makanan yang dijual meliputi nasi kucing, gorengan, sate usus (ayam), sate telur puyuh, keripik dan lain-lain. Minuman yang dijualpun beraneka macam seperti teh, jeruk, kopi, tape, wedang jahe dan susu. Semua dijual dengan harga yang sangat terjangkau.
(Sumber : Wikipedia)

Membahas Angkringan gak jauh dengan membahas makanan sederhana murah dan pasti enak lho, kenapa disebut Istimewa karena dengan makanan yang sederhana dan harga terjangkau kita bisa makan kenyang.


Peta dari Google Maps


Salah satu angkringan yang legedaris di Jogja adalah Angkringan Nganggo Suwe yang terletak di Jalan Pramuka no 106 Yogyakarta. Angkringan Nganggo Suwe ini sudah jualan cukup lama sekitar tahun 1990 aa, angkirngan nganggo suwe menjajakan menu makanan mulai harga 1.500 dan minuman muai dari 2.000. Angkringan Nganggo Suwe ini memiliki Makanan Khas yaitu Nasi Bakar (Nasi Guri yang dibakar dengan daun pisang) tak hanya makanan minuman pun memiliki minuman yang khas dan tidak perlu di ragukan lagi yaitu Wedang Jahe maupun Wedang Susu Jahe. Wedang Jahe disini lain daripada yang lain yaitu Jahe kualitas terbaik dipadukan dengan gula jawa yang baik pula menghasilkan rasa minuman jahe yang jahuuuddd pokoknya :)

Angkringan Nganggo Suwe ini buka mulai pukul 18.00 sampai pukul 05.00, jadi buat teman-teman yang dijogja kelaparan tengan malam silahkan langsung kesana. Angkringan Nganggo Suwe ini juga khas dengan Nasinya yang selalu Fresh karena saat habis bagian dapur langsung memasaknya.

Angkringan Nganggo Suwe ini jadi salah satu tempat makan khas untuk Keluarga saya, selain makanan yang murah dan selera makan tempo doloe jugu bisa kita temukan disini. Makanan yang sangat menggugah yaitu Nasi Bakar, Lentuk dengan warna merah muda. Selain alasan makanan yang nikmat tetapi juga tempat yang nyaman untuk semua kalangan dari orang tua, anak muda sampai anak-anak.



Angkringan Nganggo Suwe

Jalan Pramuka no 106 Yogyakarta
Buka 18.00-05.00

Menu di Angkringan Nganggo Suwe

Menu di Angkringan Nganggo Suwe

Saya dan Bapak 


Subscribe to receive free email updates:

18 Responses to "Angkringan Nganggo Suwe "

  1. Cedak karo omahku mak. Kapan2 pengen nyobo ah

    ReplyDelete
  2. murah meriah ya mbak.. sambil disantap dengan santai bersama orang dekat, pasti lebih enak lagi ya... duh, saya nggak kuat maen ke blog makanan begini.. bikin ngileeer! *mana ini tengah malam pulak, hahaha* :D

    salam kenal ya mbak Atanasia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas mbak enak bangeeettt dech murah meriahhh...kalau lapar silahkan menahan lho.hihihi

      Salam Kenal Mbak Delyanet :)

      Delete
  3. Tempat yang paling enak buat santai dan ngopi, angkringan tempatnya. Wah kenapa namanya Angkringan Ngganggo Suwe?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau dari dlu namanya memang angkringan nganggo suwe.hihihi

      Delete
  4. Mbak Rian, tulisane kok gedhe cilik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoh ki mas tiba-tiba tulisane berubah sentimen.hahahaha

      Delete
  5. wah penasarann.. sayang jauhhh, hahahhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan-kapan diagendakan mak..Asyik lhooo

      Delete
  6. Replies
    1. Ia enak banget, apalagi Jahenya juooossss

      Delete
  7. Kalau di Semarang juga disebut Sego Kucing. Makannya bareng2 sama kucing ya? Hehehehe. Kapan-kapan tunjukin tempat nya ya mbak.

    Darto - www.dunia-digital.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia Mas itu dulu, Boleh mas mari ke Jogja

      Delete
  8. ketoke ra nganggo suwi Bu? Gari comot ngono lo..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Judule angkringan mak ben wow kayane.hihihi

      Delete
  9. Jaman ngekos di Karangmalang, angkringan jadi solusi pas kiriman udah menipis xixixi! Tapi blm pernah ke angkringan Nganggo Suwe ini. Ga tau jg Jalan Pramuka yg mana hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selatan XT Square mbak atau sebelum terminal giwangan

      Delete