Kulinerwisata

Embung TambakBoyo


Embung Tambakboyo

Embung atau cekungan penampung (retention basin) adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait (sungai, danau).Embung digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, estetika, hingga pengairan. Embung menampung air hujan di musim hujan dan lalu digunakan petani untuk mengairi lahan di musim kemarau. *Sumber Wikipedia

Di Indonesia memiliki banyak embung yang digunakan sebagai tempat penampungan air agar daerah di sekitar embung tidak terjadi kekurangan air pasa saat-saat tertentu terutama pada museim kemarau. Di Yogyakarta ternyata dibangun salah satu embung di area dekat pusat kota, embung ini disebut Embung Tambakboyo. Eambung Tambakboyo terletak di Jalan Tambak Boyo, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta.

Embung Tambakboyo Sore Hari

Embung Tambakboyo ini terletak diantara tiga desa Condong Catur, Maguwo dan Wedomartani, waduk ini terletak di tanak seluas 7,8 hektar dengan volume tampung 400.000 meter kubik. Pembangunan Embung Tambakboyo ini sudah dilakukan sejak tahn 2003 sampai 2005, oleh sebab itu kini embung sudah dapat digunakan 100% oleh warga. Fungsi utama dari waduk ini adalah cadangan dan resapan air tanah untuk warga di daerah Bantul, Sleman, Yogyakarta, sebagai sarana pengairan, dan cadangan air untuk PDAM dimasa mendatang. Namun kini dalam pengembangan waduk ini sering digunakan sebagai sarana rekreasi seperti memancing, berolahraga, bahkan piknik.

Kini Waduk Tambakboyo dijadikan tempat berolah raga untuk masyarakat umu, siapa saja boleh kesana dengan membayar 2.000 rupiah kepada pemuda warga saat akan masuk Embung Tambakboyo. Tempat yang biasa digunakan untuk santai masyarakat adalah jalan berkonblok yang memiliki jarak yang cukup jauh. Hal yang menarik adalah pemandangan sekitar yang cukup indah. Selain itu terdapat juga penginapan disekitar Embung yang dapat digunakan untuk menginap apabila anda berasal dari luar kota.

Wilayah sekitar waduk ini telah didesain khusus dengan rapi sehingga memiliki pemandangan yang indah. Jika anda ingin berkunjung, waduk ini memiliki lokasi yang cukup mudah untuk dilalui. Letak pastinya adalah sekitar 1 km kearah utara dari Ringroad utara depan kampus Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta. Transportasi juga mudah jika anda menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sore Hari di Embung Tambakboyo

Saat sore hari masyakarat yang datang cukup banyak ada yang berolahraga lari bersama teman, pasangan maupun keluarga. Ada pula yang berjalan santai dengan hewan peliharaannya, ada pula yang hanya untuk duduk santai bersama pasangan di pinggir waduk. Di saat sore hari kita tidak perlu bingung bila ingin mencari makanan, karena banyak penjual makanan kecil, siomay, batagor, pop ice dan disediakan piring plastik untuk makan. Bila ingin membawa tempat makan yang bisa lebih fleksibel bisa membawa tempat makan sendiri sehingga untuk anak kecil lebih nyaman.

Suasana sore hari dan langit yang indah kadang dijadikan juga untuk objek foto untuk beberapa orang. Biasanya Embung Tambakboyo mulai ramai puku 15.00 sampai nanti mulai agak sepi saat sudah menjelang gelap. Asyik buat santai besama keluarga, jalan-jalan sore menyenangkan sambil melihat aneka hewan peliharaan disana.

Membuat foto saat Malam menjelang
di Embung Tambakboyo

Subscribe to receive free email updates:

33 Responses to "Embung TambakBoyo "

  1. Kenapa nggak ada kapal bebek-bebekan di sini yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wijna, apa kabar? Masih lanjut blog gowesnya gak?

      Delete
    2. #wijna : kayaknya gak soalnya malah bisa bikin sampah di emungnya. Tapi belum tau pengembangan ke depannya

      #manda : asyek mau ikut gowes nich

      Delete
  2. waktu aku masih di Jogja belum ada apa yaaa..pas sore itu loh romantis abis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin belum ada atau masih taraf pembangunan heheheehe. Romantis banget kalau sore

      Delete
  3. Wah blm pernah ni kl malam hari,, btw alat dapur boleh juga ni,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget mak. Nanti manda masak aku bagian makan ya..hehehe

      Delete
  4. Replies
    1. ayoooo mak ubek-ubek concat. Tapi tempatnya nylempit di dalem pemukiman

      Delete
  5. Wah... aku kelewat tempat ini. Padahal dulu sering main di Concat. Salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
  6. Wah... aku kelewat tempat ini. Padahal dulu sering main di Concat. Salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
  7. Wah... aku kelewat tempat ini. Padahal dulu sering main di Concat. Salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo mbak ke jogja lagi. Salam Kenal Mbak

      Delete
  8. Replies
    1. Makasih mak, iseng mencoba kesaktian dengan dslr

      Delete
  9. Embung? Wah, baru pertama kali dengar nama ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia Mak, di Jogja kebanyakan di sebut embung untuk tempat seperti waduk. EMbung Nglanggeran

      Delete
  10. asik kayaknya kumpul-kumpul di sini :)

    ReplyDelete
  11. Wawawa, kok ga mampir rumah saya mbak, deket lho sama embung ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe lha ra ngerti je mas. Besok lah kapan-kapan.hehehe

      Delete
  12. indahnya, jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  13. Wow .... tempatnya indahhhh Pingin ke sana. :D

    ReplyDelete
  14. senu nih kayanya kalau kesana bareng keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget Mak, liburan murah di tengah kota :)

      Delete
  15. lumayan luas ya embungny, kapan ya bisa ke sana, tempatnya indah

    ReplyDelete
  16. makasih gan infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  17. terimakasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete