Kulinerwisata

Museum Affandi di Lippo Mall Jogja




Saya saat membaca buku yang berisi karya Affandi

Siapa tidak kenal Pelukis Maestro dari Indonesia Affandi?? Namanya sudah tersohor di berbagai belahan dunia sebagai seniman dan pelukis handal dengan karya khas nya lukisan abstrak. 
Affandi Koesoema (Cirebon, Jawa Barat, 1907 - 23 Mei 1990) adalah seorang pelukis yang dikenal sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia, mungkin pelukis Indonesia yang paling terkenal di dunia internasional, berkat gaya ekspresionisnya dan romantisme yang khas. Pada tahun 1950-an ia banyak mengadakan pameran tunggal di India, Inggris, Eropa, dan Amerika Serikat. Pelukis yang produktif, Affandi telah melukis lebih dari dua ribu lukisan. Info Wikipedia

Salah satu karya Affandi
Affandi memiliki istri yaitu Maryati Affandi yang juga ber profesi menjadi seniman, saat affandi mendapat beasiswa untuk sekolah kembali di India, Inggris, Eropa dan Amerika Serikat Maryati Affandi mengisi waktu luangnya dengan selalu mengasah diri untuk membuat lukisan. Lukisan Maryati Affandi uniknya tak hanya terbuat dari cat lukis tetapi juga terbuat dari benang nylon dengan aneka warna yang dapat dibuat menjadi sebuah gambar yang indah.

Karya Maryati Affandi menggunakan Benang

Saat ini Affandi memiliki Museum Affandi yang terletak di Jalan Solo Yogyakarta, tak hanya itu kini Museum Affandi bekerjasama dengan Management Lippo Mall Yogyakarta membuka museum di dalam Mall. Sebuah gebrakan baru membuka Museum maestro di dalam Mall, Museum ini terletak di Lantai Upper Ground di bagian tengah sehingga mudah dicari.

Karya Maryati Affandi dengan Cat

Museum Affandi ini memamerkan 50 Lukisan di dalamnya, 27 lukisan karya afandi sendiri dan 23 lukisan lainnya karya istrinya yaitu Maryati Affandi. Museum Affandi di Lippo Mall ini seluas 650 meter persegi dan terbagi menjadi 2 bagian yaitu ruang waiting roong dan ruangan dan gallery. Tujuan utama management Lippo Mall membuat museum di dalam mall yaitu ingin membawa kesempatan dan pengalaman kesenian baru di dalam mall, tidak hanya nelanja tetapi juga dapat menikmati sajian kesenian kebudayaan dan sejarah di dalamnya.

Salah satu sudut ruangan Museum
Museum ini memberikan ruang yang sangat luas sehingga pengnjung dapat menikmai dengan leluasa, bagian depan atau waiting room disediakan banyak kursi dengan bentuk yang unik sehingga kita nyaman menunggu saat masuk maupun menungu teman-teman atau kerabat yang masih melihat lukisan di dalam. Di ruang waiting room juga disediakan buku-buku berisi gambar lukisan affandi beserta detail keterangannya.Tak hanya di ruang waiting room, di dalam juga disediakan kusi-kursi cantik dengan gaya yang unik. Kursi-kursi dan gaya museum dibuat uik sehingga orang betah lama menikmati suasana yang ada. 

Awal pembukaan Lippo Mall Jogja ini pihak management belum memberikan tarif untuk masuk, tetapi ada rencana ke depan akan ada biaya masuk untuk menikmati lukisan-lukisan karya sang maestro. Untuk yang memiiki anak usia SD silahkan diajak untuk menikmati karya seni yang indah

History dari Affandi dan Maryati yang dituangkan dalam tulisan 







Bloger tetep alay ya, sampai satpam aja senyum-seyum lihat tingkah kita








Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Museum Affandi di Lippo Mall Jogja"

  1. ini mall baru ya mbak?
    waahhh, jogja skarang penuh mall...jadi kangen jogja :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan Mall baru tapi menggantikan Shapire Square namanya ganti Lippo Mall

      Delete
  2. mall mall dan mall sisanya warung angkring...

    ReplyDelete
  3. Wih mall baru ya mba, ini didaerah yogya yg mana? Htm nya gratis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini di Jalan solo sebelah Hotel Saphir dulu namanya Shapire Square tapi ganti management

      Delete
  4. ih aku baru tau lho, istrinya Affandi pelukis juga. keren banget yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia saya juga, setau saya anaknya kartika. Eh ibunya juga ternyata.hehe

      Delete
  5. Keren, skrg museum bisa ad di mall. Jaman kuliah dulu ada 3 kali sy berkunjung ke museum Afandi buat tugas kuliah. Konsep museumnya unik ya, kaya daun pisang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya seniman pasti unk, ada aja kreatifitasnya. Saya kadang Gumun.hehehee

      Delete