Kulinerwisata

Belajar Foto Macro dengan Kamera Handphone

Malam semua, kali ini saya ingin shared lain dengan biasanya yang putar kuliner dan wisata. Kali ini saya punya pasangan baru yaitu Handphone Xiaomi MI4I, awal kenapa saya kepingin sekali punya handphone keren ini karena Kameranya. Sebelumnya saya memiliki Handphone dari Xiaomi yaitu Redmi Note 3G, handphone ini bagi saya cukup mumpuni tetapi saya tergiur oleh hasil foto yang lebih baik hasil dari MI4I.

Lensa Universal Handphone

Ada salah satu teman Blogger saya dari Madura yaitu Mas Slamet yang kebetulan memiliki Handphone sama dengan saya yang sekarang yaitu XIaomi MI4I. Handphone ini bisa menghasilkan foto-foto yang baik dan menarik, yang paling membuat saya tertarik adalah foto aneka hewan yang kecil, kecil seperti semut, lalat, dll

Bunga Dondong
Serangga
Saya ingin mencoba belajar mengenai Foto Macro dan akhirnya saya temukan bahwa kita bisa memnganbil foto barang kecil dengan tambahan lensa macro untuk hp merek apapun, wah harus beri ini pikir saya. Setelah beberapa hari saya baru ingat kalau Tomi memiliki Universal Lensa di rumah dan tidak digunakan, akhirnya saya menghubungi dan berniat untuk meminta (gak perlu minjemlah :)). Setelah sudah diperbolehkan yang empunya saya langsung kerumahnya untuk mengambil.

Bunga Kemuning

Dijelaskan di awal bahwa universal lensa biasanya terdiri dari 3 buah lensa kecil yaitu : lensa paling kecil lensa macro, lensa kedua lensa wide dan lensa paling besar adalah lensa fish eye. Tak hanya itu say ajuga diberi informasi tambahan bahwa lensa wide penggunaanya dijadikan satu dengan lensa macro.

Lalat di Pohon Donong

Saya memberanikan diri untuk memasangkan lensa macro ke kamera saya, saya jepitkan langsung ke kamera Xiaomi MI4I. Saya mencoba memfoto agak jauh dari objek, tapi ternyata malah blur tidak seperti yang saya harapkan. Akhrinya saya dekatkan sedikit demi sedikit dan bisa semakin terlihat jelas foto yang dihasilkan, setelah beberapa fokus saya dapatkan ternyata tak semudah kelihatannya karena setiap sudah fokus saya jepret hasilnya jadi blur lagi. Berkali-kali saya coba sampai satu objek bisa 15 kali jepret saya baru menghasilkan hasil yang agak baik.

Bunga Belimbing Sayur

Ternyata sangat sulit mengambil foto dengan lensa macro karena saat kita goyang sedikit saja fokus akan berubah. Setelah berkali-kali saya coba akhirnya saya menemukan cara dengan mengambil foto harus tenang tidak boleh kemrungsung atau tergesa-gesa, pengambilan gambar tangan harus diletakkan pada suatu hal yang keras agar dapat bertumpu stabil, saat pengambil gambar saya biasanya menahan gerakan saya agar tidak goyang sedikit saj agoyang dapat menghasilkan tidak fokus pada gambar.

Bunga Dondong

Ini pengalaman saya dengan lensa macro, semoga kita sama-sama belajar dan bisa menghasilkan karya indah. Saya tunjukkan beberapa hasil jepretan saya menggnakan kamera Handphone

Serangga





Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Belajar Foto Macro dengan Kamera Handphone"

  1. jadi cantik gitu fotonya yaa, kayak pake dslr :)

    ReplyDelete
  2. Keren hasilnya, bisa nih beli lensa universal juga buat menunjang jeprat jepret saya

    ReplyDelete
  3. Wah.. Keren, Mba.

    Sekarang cukup dengan kamera handphone sudah bisa jadi tukang foto handal, ya.

    ReplyDelete
  4. Numpang nanya ni mba.
    Ane punya xiaomi mi4i, tapi kameranya koq gabisa fokus jarak dekat ya.
    Di seting ke macro masih tetep gabisa ?

    ReplyDelete
  5. Numpang nanya ni mba.
    Ane punya xiaomi mi4i, tapi kameranya koq gabisa fokus jarak dekat ya.
    Di seting ke macro masih tetep gabisa ?

    ReplyDelete