Kulinerwisata

Sate Cak Amat Kotabaru


Sate merupakan salah satu dari beberapa makanan favorit masyarakat di indonesia, sate memiliki anka macam bahan dasar tetapi biasanya sate ayam, sate sapi maupun sate kambing.

Menurut wikipedia Sate Ayam adalah makanan khas Indonesia. Sate Ayam dibuat dari daging ayam. Pada umumnya sate ayam dimasak dengan cara dipanggang dengan menggunakan arang dan disajikan dengan pilihan bumbu kacang atau bumbu kecap.Sate ini biasanya disajikan bersama dengan lontong atau nasi.

Sate kambing adalah sejenis makanan sate terbuat dari daging kambing. Daging kambing tersebut disate (ditusuk dengan bambu yang dibentuk seperti lidi yang agak besar) dan dibumbui dengan rempah-rempah dan bumbu dapur, kemudian dibakar. Penyajiannya disajikan bersama lalapan kubis, tomat, dan bawang merah yang diiris tipis kemudian diberi kecap dan ditambahkan taburan merica.

Sate atau satai adalah makanan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil yang ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu. Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Daging yang dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, domba, sapi, babi, kelinci, kuda, dan lain-lain.

Sate diketahui berasal dari Jawa, Indonesia, dan dapat ditemukan di mana saja di Indonesia dan telah dianggap sebagai salah satu masakan nasional Indonesia. Sate juga populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Sate juga populer di Belanda yang dipengaruhi masakan Indonesia yang dulu merupakan koloninya.


Sate adalah hidangan yang sangat populer di Indonesia; dengan berbagai suku bangsa dan tradisi seni memasak (lihat Masakan Indonesia) telah menghasilkan berbagai jenis sate. Di Indonesia, sate dapat diperoleh dari pedagang sate keliling, pedagang kaki lima di warung tepi jalan, hingga di restoran kelas atas, serta kerap disajikan dalam pesta dan kenduri. Resep dan cara pembuatan sate beraneka ragam bergantung variasi dan resep masing-masing daerah. Hampir segala jenis daging dapat dibuat sate. Sebagai negara asal mula sate, Indonesia memiliki variasi resep sate yang kaya.

Biasanya sate diberi saus. Saus ini bisa berupa bumbu kecap, bumbu kacang, atau yang lainnya, biasanya disertai acar dari irisan bawang merah, mentimun, dan cabai rawit. Sate dimakan dengan nasi hangat atau, kalau di beberapa daerah disajikan dengan lontong atau ketupat.

Kali ini saya mencicipi sate Pak Amad di Kotabaru, sate ini tepatnya terletak di utara Kantor Kompas Jalan Suroto. Sate Pak Amad buka mulai pukul 17.00 dan tutup sampai habis. Sate Pak Amad memiliki beberapa varian sate yaitu Sate Ayam, Sate Kambing, Sate Telor, Sate Ati Ayam, Sate Broetoe. Tak hanya itu kita juga bisa memilih aneka sate campur, yaitu Sate Sampur (Ayam + Kambing ; Ayam + Telor; Ayam + Ati; Ayam + Broetoe), tak hanya sate campur saja tetapi juga ada sate campur spesial (kambing + telur; ati + broetoe; Telur + ati; Broetoe = Kambing; Kambing + ati; Telor + Broetoe)

Selain aneka sate di Warung sate Cak Amad juga menyediakan Soto Sulung, Gulai Kambing, tak hanya itu kini juga menyediakan sate sapi. Untuk pasangan sate wi warung sate cak amad memberikan beberapa pilihan yaitu Nasi atau Lontong sesuai kita pembeli.


Saat ini saya memesan untuk dibawa pulang, saya memesan dan menunggu tidak terlalu lama sate sudah siap kami bawa pulang. Sampai kami di kantor Kompas langsung menikmati hidangan sate ini dengan lahapnya, setelah menikmati sate ini saya menyimpulkan bahwa daging nya lembut empuk dan sangat nikmat dinikmati untuk segala usia, tak hanya itu bumbu sate yang dibuat pun sangat nikmat sehingga sangat menggoda selera siapapun yang menikmati.


Sate Pak Amad ini memang cukup mahal karena sate campur saya (ayam+ati) diberi harga Rp 25.000 , meski mahal bagi saya sesuai karena rasanya yang nikmat dan tidak perlu diragukan lagi.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Sate Cak Amat Kotabaru"

  1. ini tetanggaku maakkk.... kalau lebaran kami suka pesen lontong di Bu Amat, hehehehe..

    ReplyDelete
  2. Saya kadang makan malam pesan sate yang lewat depan rumah... enak

    ReplyDelete