Kulinerwisata

Siomay Kang Cepot


Siomay merupakan makanan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan usia, dari anak SD, SMP, SMA, Kulia, Pegawai hingga Orang Tua. SIomay memiliki aneka macam olahan tepapi pada dasarnya siomay adalah tepung dengam campuran daging ditambah sayur kobing, kentang, telur, dll serta diberi bumbu kacang.

Menurut Wikipedia : Siomai atau siomay adalah salah satu jenis dim sum. Dalam bahasa Mandarin, makanan ini disebut shaomai, sementara dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Dalam dialek Beijing, makanan ini juga ditulis sebagai 燒麥, dan juga dibaca shaomai. Kulit siomai adalah serupa dengan kulit pangsit. Makanan ini konon berasal dari Mongolia Dalam.

Siomay di Indonesia di jual dengan berbagai cara dengan sepeda kayuh ( biasa terdapat di Sekolah-sekolah), Dengan Gerobak keliling, Warung makan, sampai di Rumah Makan.

Di Jogja ada Warung Makan yang khusus menjajakan Siomay yaitu Siomay Kang Cepot, Siomay Kang Cepot ini terletak di Jl. Kaliurang KM. 8, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582. Untung mencari Siomay ini sangat mudah dikarenakan terletak di jalan utama dan dipinggir jalan.



Siomay Kang Cepot ini berbeda dengan yang lain karena siomaynya ada berbagai pilihan yaitu Siomay Tengiri Super, Siomay Tengiri Sedang, Siomay Tengiri no 3, Siomay Daging Sapi dan Siomay Ayam. Kenapa diberi aneka macam pilihan? Karena banyak request dari pembeli akhirnya di beri aneka amacm pilihan, dan bisa memilih sesuai selera.

Saat masuk kita langsung diberi piring dan diberi penjepit, lalu disuruh memilih sendiri makanan yang kita inginkan sesuai selera. Setelah kita puas memilih sesuai kebutuhan dan selera, piring tadi diserahkan kepada petugas untuk di potong, bila ingin digoreng kita bilang agar digoreng. Setelah di goreng atau di potong, kita juga request untuk kuah pedas atau tidak pedas.

Setelah itu kita masuk smbil memesan minuman, maupun mengambil minuman yang ada di kulkas. Buat yang yang mau minuman macam-macam dan cume pingin white water alias air putih, disediakan gratis lho di meja. Jadi di meja disediakan gelas, air putih dengan teko dan botol kecap.


Gak lupa saya menunggu menu pun siap, ternyata di hidangkan tidak dengan bumbu di siramkan tetapi bumbu masih dipisah di mangkok lain. Jadi buat yang gak suka bumbu banyak bisa sesuai selera dech, ow ya ternyata disediakan kecap karena bumbunya belum di beri kecap.

Kebetulan saya ambil siaomay ayam dan kentang goreng, paduan siomay dengan dagging yang lembut dan digoreng membuat siomay ini semakin enak dinikmati selagi hangat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siomay Kang Cepot"

Post a Comment