Kulinerwisata

Soto Fenomenal Jogja, Soto Kadipiro 3


Aneka soto di Jogja sangat banyak, salah satunya adalah Soto Kadipiro, Soto Kadipiro termasuk soto yang sudah lama berdiri di Kota Jogja. Sang Pemilik Bapak Widadi Tahir Karto Wijoyo memulai awal usahanya dengan berkeliling dari kampung-kampung untuk menjajakan sotonya, karena sotonya yang enak.

Karena keuletan Pak Widadi Tahir Karto Wijoyo dalam memasarkan sotonya, Soto Kadipiro akhinya membuka warung makan. Warung Makan Soto Kadipiro awalnya buka di Jalan Wates, tetapi kini Soto Kadipiro buka cabang dan saya sekarang berkesempatan menikmati di Soto Kadipiro 3.

Soto Kadipiro 3 terletak di Jalan Solo KM.12, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571. Warung Soto Kadipiro 3 ini di desaign dengan nuansa khan warung tempo dulu, terlihat dari Lukisan yang diletakan di dinding, sangkar burung perkutut yang sengaja digantung pada langit-langit serta kalender yang dipasang di dinding.

Lukisan dan Kalender di Dinding

Soto Kadipiro merupakan soto yang diolah dengan bumbu warisan turun temurun,  kenapa disebut turun temurun? Karena kini pengelola Soto Kadipiro adalah keturunan dari Pak Widadi Tahir Karto Wijoyo. Meski sudah di kelola oleh keturunannya, rasa dari Soto Kadipiro dari dulu hingga kini tettap sama. Soto Kadipiro awalnya hanya khusus soto ayam, karena permintaan bertambah kini juga disediakan soto daging sapi. Soto Kadipiro dikatakan intimewa dan Fenomel karena soto kadipiro kuah yang disajikan terbuat dari kaldu ayam kampung asli, sehingga sangat gurih dan enak. 

Soto Ayam

Dalam penyajiannya Soto Kadipiro lain daripada soto lainnya karena didalam mangkok hanya ada Nasi, Suwiran Ayam Kampung, Kecambah ,Kubis, taburan daun bawang dan perkedel, dikatakan lain karena soto pada umumnya menggunakan mie putih tetapi disini tidak. Untuk nasi kita dapat minta untuk dipisah. Untuk lauk tambahan Soto Kadipiro menyediakan sate telur puyuh, potongan ayam, ati ampela, tahu, tempe dan aneka krupuk.

Soto dan aneka lauk tambahan

Soto Kadipiro dimakan saat kuah hangat sangat segar, kuah yang terbuat dari kaldu ayam membuat soto ini memiliki citarasa lain. Uniknya lagi tanpa kita menambah lauk pun soto kadipiro sudah sangat nikmat, oleh sebab itu tak jarang Soto Kadipiro selalu penuh dengan pembeli. Apalagi saya mempir ke Soto Kadipiro 3, soto yang terletak di Jalan Solo ini sangat pas bila dinikmati setelah kita berwisata ke candi-candi. Rasa segar setelah sebelumnya saya ke Candi Prambanan, menikmati Soto Kadipiro membuat saya semakin lahap menikmatinya. Soto Kadipiro Buka pukul 07.00-21.00 untuk kalian yang tidak bisa menimati siang hari boleh mampir pada malam hari karena Soto Kadipiro buka sampai malam.

Aneka Krupuk untuk hidangan tambahan

Soto Kadipiro 3
Alamat : Jalan Solo KM.12, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
Telp : (0274) 497153
Buka : 07.00-21.00

Alamat Soto Kadipiro :
Soto Kadipiro Pusat :Jalan Wates No. 33, Yogyakarta, Indonesia (0274) 618 722
Soto Kadipiro 2 : Jl. Wates No.50, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182 (0274) 383022
Soto Kadipiro Baru : Address: Jalan Wates KM.1 No.46, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182 Phone: (0274) 373975


Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Soto Fenomenal Jogja, Soto Kadipiro 3"

  1. ehem, mampir ke blog mbak. saya kemarin pas mau ke Solo, juga merasakan soto ini mbak. Rasanya mantap, pas ke sini saya pesan yang soto sapinya

    ReplyDelete