Kulinerwisata

Taman Wisata Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah Candi Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan ini terletak di Jalan Raya Jogja - Solo Km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta 55571, Indonesia. Candi Prambanan di miliki oleh 2 Propinsi di Indonesia yaitu DI Yogyakarta dan Jawa Tengah, karena Candi Prambanan terletak di perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah.
Loket Masuk

Menurut Wikipedia :
Candi Prambanan atau Candi Loro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Berdasarkan prasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa Sanskerta yang bermakna 'Rumah Siwa'), dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.
Pengambilan Sarung

Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, 50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya sangat unik, Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

Penampang Candi Prambanan

Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.

Menurut prasasti Siwagrha, candi ini mulai dibangun pada sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan, dan terus dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu, di masa kerajaan Medang Mataram.

Sebelum saya bercerita lebih dalam mengenai pengalaman selama masuk di Taman Wisata, sebaiknya bagi anda yang belum pernah untuk membawa Payung, Topi maupun kacamata hitam agar selama disana tidak terlalu terasa panas sekali, bila perlu boleh menggunakan sunblock.
Candi Prambanan

Memasuki Area Candi Prambanan kita disuguhi pemandangan canti Prambanan yang bangat bagus dan megah. Setelah masu kita diberi kain oleh pengelola Taman Wisata untuk dipakai selama di dalam area candi prambanan. Masuk ke area candi kita diperbolehkan masuk ke dalam candi yang masing-masing didalamnya berisi arca yang berbeda-beda. Setelah puas mengelilingi area candi yang berada di pusat. Saatnya kita untuk melakukan perjalanan lagi

Relief Candi Prambanan

Setelah Candi Prambanan kita keluar melewati hamparan rumput hijau yang biasa digunakan untuk perkemahan, setelah itu ada taman bermain untuk anak. Untuk mengelilingi candi yang sangat luas dan bagian belakang masih ada Candi Bubrah, Candi Lumbung dan Candi Sewu kita bisa menaiki Kereta dengan membayar Rp 7.500 per orang.

Karcis Kereta
Setelah membayar kami menunggu beberapa saat sekitar 10 menit sambil istirahat. Ow ya di area tunggu ini juga disediakan galon dan gelas plastik untuk minum air putih, air minum ini gratis bagi siapa saja pengunjung Candi Prambanan, jadi jangan khawatir kehausan ya.

Taman Bermain

Setelah kereta datang kami naik satu persatu untuk mencari tempat yang paling nyaman, setelah semua naik akhirnya kereta yang kami naiki pun berjalan. Udara yang sejuk selama perjalanan membuat saya mulai mengantuk. Selama Perjalanan kami melewati Candi Lumbung dan Candi Bubrah, kedua candi kami tidak berhenti hanya sekedar lewat saja untuk melihat dari kejauhan dikarenakan candi ini masih dalam proses pemugaran total.

Candi Sewu

Pada akhirnya kami sampai di Candi Sewu, di candi ini kami diberi kesempatan untuk masuk dan berfoto kurang lebih 5 menit. Jadi seluruh penumpang berbondong-bondong untuk turun mengabadikan foto mereka masing-masing. Setelah 5 menit kami kembali melanjutkan perjalanan untuk pulang dan kereta kami berhenti di Pintu Keluar.

Kereta

Untuk teman-teman yang ingin membeli oleh-oleh khas Candi Prambanan, setelah pintu keluar ada pasar yang menjajakan aneka oleh-oleh yang dapat dibeli sebagai buah tangan

Candi prambanan
Alamat : Kec. Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp : (0274) 496401

<span data-sociabuzz-verification="55c8dd47" style="display: none;"></span>

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Taman Wisata Candi Prambanan"

Post a Comment